Pemberdayaan Warga Tunagrahita Melalui Pengembangan Usaha Batik Ciprat di Desa Karangpatihan Kec. Balong Kab. Ponorogo

Authors

  • Isna Aviani Nafisa Fresh Graduate Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Ponorogo Jawa Timur Indonesia

Keywords:

Pemberdayaan, Tunagrahita, Pengembangan Usaha, Batik Ciprat

Abstract

Dalam pengembangan usaha diperlukan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman, namun dalam hal ini pengembangan usaha batik ciprat Karangpatihan pada warga tungrahita masih kurang konsisten, yaitu ditunjukkan pada produksi yang tidak bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak dikarenakan keterbatasan tenaga kerja yang dimiliki. Sehingga munculnya permasalahan kurang efektifnya strategi pengembangan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan usaha batik ciprat yang telah diterapkan pada warga tunagrahita Karangpatihan, serta strategi pengembangan usaha batik ciprat menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan mencari data langsung di lapangan. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan, menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha batik ciprat dilakukan dengan tiga langkah yaitu mengembangkan pasar dari sisi produknya, mengembangkan pasar dari sistem penjualannya dan mengembangkan pasar dengan sinergisme antara keduanya. Sedangkan strategi pengembangan usaha batik ciprat menggunakan analisis SWOT di antaranya kekuatan (pilihan produk batik dan motif yang beragam, menyediakan pesanan batik sesuai dengan request pelanggan), kelemahan (lokasi sulit dijangkau, tenaga kerja kurang konsisten, tidak mampu menerima pesanan dalam jumlah banyak), peluang (pangsa pasar yang luas, pemasaran yang menarik) dan ancaman (pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, konsumen beralih ke perusahaan lain).

References

Anwar, Moch Choiril & Utami, Meinarini Catur. Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar (Studi Kasus : Toko Pojok Madura). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi. 5 (1). 2012.

Blocher, Edward J. et.al. Manajemen Biaya, Jakarta: Salemba Empat. 2007.

Borshalina, Tita. Marketing Strategy and the Development of Batik Trusmi in the Regency of Cirebon which Used Natural Coloring Matters. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 169. 2015.

Gatut, Budiono & Aryanto, Vincent. Batik Industry of Indonesia: The Rise, Fall and Prospects. Studies in Business & Economics. 5 (3). 2010.

Istiqomah & Andriyanto, Irsad. Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Jurnal BISNIS. 5 (2). Desember 2017.

Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Rajagrofindo Persada. 2011.

Kristiningrum, Ellia et.al. Quantifying the Economic Benefit of Standard on Auto-electric Stove for Batik Small Medium Enterprises in Indonesia. Heylion. 7. 2021.

Labola, Yostan A. Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan dalam Organisasi. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 7 (1). 2019.

Mallick, Suraj Kumar et.al. Sustainable Ecotourism Development Using SWOT and QSPM Approach: A Study on Rameswaram, Tamil Nadu. International Journal of Geoheritage and Parks. 8. 2020.

Marimin. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo. 2004.

Mayang, Anissa & Ratnawati, Shinta. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen. 17 (2). 2020.

Mayangsari, Lidia et.al. Batik Solo Industrial Cluster Analysis as Entrepreneurial System: A Viable Co-Creation Model Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 169 2015.

Munandar, Jauhar N. et.al. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Bisnis Kopi Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Black Cup Coffee and Roastery Manado). Jurnal EMBA. 8 (4). Oktober 2020.

Phadermroda, Boonyarat et.al. Importance-Performance Analysis based SWOT Analysis. International Journal of Information Management. 15. 2016.

Rachmat. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia. 2014.

Rangkuti, Frenddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum. 1999.

Rangkuti, Freddy. Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values dan Analisis Kasus. Jakarta: Pustaka Utama. 2002.

Salim, Emil. et.al. Strategi Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kinerja dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Café Tirtasari Kota Padang. Jurnal Masyarakat Mandiri. 4 (1). 2020.

Sari, Dewita. Analisis Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Penjualan Roti. PRAGMATIS Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1 (1). Maret 2020.

Setyorini, Retno Murti. Buku Saku Prakarya (Kerajinan) Untuk SMA Kelas X. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. 2019.

Shakerian, Hamed et.al. The implementation of the hybrid model SWOT-TOPSIS by fuzzy approach to evaluate and rank the human resources and business strategies in organizations (case study: road and urban development organization in Yazd). Procedia-Social and Behavioral Sciences. 230. 2016.

Siagian, Sondang P. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Steelyana, Evi. Batik, a Beautiful Cultural Heritage That Preserve Culture and Support Economic Development in Indonesia. Binus Business Review. 3 (1). 2012.

Subaktilah, Yani et.al. Analisis SWOT: Faktor Internal dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi. 12 (2). 2018.

Suyanto, M. Strategic Management Global Most Admired Companies. Yogyakarta: CV.Andi Offset. 2007.

Tarigan, Azhari Akmal. et.al. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Medan: La-Tansa Press. 2011.

Trixie, Alicia Amaris. Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio. 1 (1). Februari 2020.

Ulum, Ihyaul. Batik dan Kontribusinya Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Bestari. 4 (2). 2016.

Van Der Merwe, A.P. Project Management and Business Development: Integrating Strategy, Structure, Processes, and Project. International Journal of Project Management. 20. 2020.

Widiyahseno, Bambang et.al. PKM Batik: Pengembangan Potensi Batik Ponorogo. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5 (1). 2020.

Published

2021-12-21