Analisis Etika Bisnis Islam dalam Strategi Marketing Mix Produk Air Mineral “Afiyah” di CV. Telaga Semeru Lumajang

Authors

  • Istiqomariyah Fresh Graduate of the Sharia Economics Law Study Program, Miftahul Ulum College of Islamic Sciences, Lumajang, East Java, Indonesia

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Air Mineral

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan suatu norma yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits yang dijadikan pedoman untuk bertindak, bersikap, bertingkah laku serta membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk dalam melakukan aktivitas bisnis dan juga merupakan sejumlah perilaku etis bisnis (Akhlaq al-Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syari’ah yang mengedepankan halal dan haram. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana strategi pemasaran Air Mineral Produk Afiyah serta bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Air Mineral Produk Afiyah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dengan teknik kualitatif dengan editing, classifing, verifying, analyzing, dan concluding. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang digunakan CV. Telaga Semeru adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang berupa strategi produk, strategi harga, strategi lokasi (distribusi), dan strategi promosi, strategi pemasaran di CV. Telaga Semeru menggunakan strategi direct selling atau penjualan langsung, yakni penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen, caranya dilakukan dengan door-to-door atau menemui konsumen secara langsung. Strategi pemasaran yang dilakukan CV. Telaga Semeru sesuai dengan etika bisnis Islam karena dalam pemasarannya menerapkan prinsip seperti: Shiddiq sifat kejujuran (kebenaran), Amanah dapat dipercaya (bertanggung jawab), Fathonah kecerdasan (kebijaksanaan), dan Tabligh komunikatif (argumentatif).

Published

2021-12-21