Analisis Penerapan Strategi Bisnis Model Canvas (BMC) dan Nilai-Nilai Islami di Kopi Kinant
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i1.917Keywords:
Bisnis Model Canvas, Nilai Islami, Kopi KinantAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan strategi bisnis Kopi Kinant melalui analisis business model canvas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kopi Kinant belum mengadaptasi model bisnis tertentu, 2) business model canvas Kopi Kinant digambarkan melalui 9 blok, yaitu customer segment untuk kalangan menengah ke bawah, value proposition Kopi Kinant adalah price dan convenience, channels menggunakan penjualan offline, pemasaran di media sosial dan promo, customer relationship yang diterapkan yaitu pendekatan personal dengan customer, revenue streams terdapat pada penjualan, key resource yang digunakan yaitu sumber daya manusia dan kualitas produk yang ditawarkan, key activities adalah pengontrolan kualitas kopi, penjaminan kualitas bahan baku, dan pelayanan barista, key partnership yang digunakan adalah supplier, agen/mitra, cost structure pada Kopi Kinant yaitu biaya variabel dan biaya tetap. Berdasarkan hasil analisis BMC, Kopi Kinant perlu memperluas segmentasi customer, meningkatkan kualitas produk dan pegawai, juga menjaga hubungan yang baik dengan mitranya. 3) Dalam usahanya, Kopi Kinant juga menerapkan beberapa nilai islami, yaitu bersedekah dari hasil pendapatan, berbagi kopi di hari Jum’at, serta menyediakan tempat ibadah bagi umat muslim.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.
Dewobroto, W. S. (2012). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis Dan Kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri, 2(3), 215–230. https://doi.org/10.25105/jti.v2i3.7032
Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 207–210.
Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Gema Insani.
Jamira, A., Febriani, Y., & Amali, M. (2021). Business Model Canvas (BMC): Sebuah Pendekatan Dalam Mendorong Mindset Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 2021 Universitas Muhammadiyah Jember, 205–214. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5169
Kurniawan, W. A. (2018). Budaya Tertib Siswa di Sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=GZF8DwAAQBAJ
Muhammad. (1999). Pengantar Akuntansi Syariah. PT Gramedia Pustaka.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2014a). Business Model Generation: Pedoman bagi Para Visioner, Penggerak Perubahan dan Pendobrak. PT Elex Media Komputindo.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2014b). Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo.
Permana, D. J. (2015). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Faktor Exacta, 6(4), 309–319. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/242
Priska, L., & Harjanti, D. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris dengan Pendekatan Business Model Canvas. AGORA, 3(2), 292–301.
R.P.H, R. D., Parquinda, L., Purwanti, L., Farida, M., Mardiana, N., & Hidayat, T. (2018). Pengembangan Key Resources Dan Key Partnership dalam Aktivitas Bisnis Industri Kreatif UKM Garuda Jaya Malang. Cakrawala, 12(1). https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i1.268
Saeputra, M. Y., & Hidayatullah, D. S. (2016). Analisis Model Bisnis pada Kafe Fruitea Holic dengan Pendekatan Business Model Canvas. E-Proceeding of Management, 3(3), 2756–2764.
Setijawibawa, M. (2015). Evaluasi Model Bisnis Pada Perusahaan X Menggunakan Business Model Canvas. AGORA, 3(1), 88–100.
Siahaan, T., & Sisilia, K. (2017). Analisis Model Bisnis dari Galeripos.com dengan Menggunakan Business Model Canvas. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(1). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. GORA, 3(1), 8–16.
Wibowo, K., & Pradopo, L. R. (2021). Penerapan Model Bisnis pada Waskita Beton Precast Tbk. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 32–46. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.428
Yuliani, N., & Yunianto, A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Toko Online Mart . lo . Gue. Ikrath-Ekonomika, 3(4), 181–192.