VIDEO BRANDING DESA : KONSEP PENGEMBANGAN WISATA INOVASI DI DESA WATUREJO

Authors

  • Dewi Puspita Sari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dwi Nadya Cahyani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Febria Agustianingsih Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Huzaimatuz Zahra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Desa Wisata, Video Branding, Pengembangan

Abstract

Desa Waturejo terletak di Kecamatan Ngantang,
Kabupaten Malang. Desa Waturejo sering disebut dengan
desa wisata yang secara geografis Desa Waturejo berada di
bagian Utara Kabupaten Malang dan berada di daerah
pegunungan dan memiliki ketinggian kurang/lebih 617 M
dari permukaan laut. Penelitian ini bertujuan untuk
melakukan pengembangan wisata inovasi yang ada di desa
Waturejo melalui video branding. Metode penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data
dilakukan melalui dokumentasi, baik berupa gambar
maupun video dan wawancara lapangan. Teknik yang
dilakukan dalam pembuatan video branding desa yaitu
dengan cara mengambil gambar atau video, melakukan
pengeditan kemudian mempublikasikan nya di media
sosial. Adapun upaya dalam pengambilan video yaitu
melalui analisis SWOT, Strength (kekuatan atau potensi)
yang dimiliki desa yang bisa dijadikan faktor pendukung
adanya dan untuk kesuksesan sebuah program, Weakness
(kelemahan) yang bisa jadi faktor penghambat program,
Opportunity (peluang) atau kesempatan yang bisa
dimanfaatkan dan Threats (ancaman) yang mengancam
gagalnya program. Analisis ini digunakan untuk
mempermudah dalam melakukan promosi dan inovasi
terhadap Wisata Desa Waturejo.

References

Hanindharputri, M. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2022). Konten Visual

Instagram Sebagai Upaya Branding Desa Wisata Saat Pandemi Covid-19. Jurnal

Bahasa Rupa, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1079

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap

Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117.

Pattaray, A., & Efendi, M. (2020). Urban Tourism Development: Constraints and

Expected Changes of Kota Lama Tourism Area (KLTA) in Surabaya, Indonesia.

Journal of Tourism and Hospitality Management, 8.

https://doi.org/10.15640/jthm.v8n1a14

Pattary, A. (2021). WISATA PETUALANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

SEBAGAI DAYA TARIK DESA WISATA DI KABUPATEN SUMBAWA. Jurnal

Inovasi Penelitian, 1.

Pitana, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi pariwisata : kajian sosiologis, terhadap

struktur, sistem, dan dampak-dampak pariwisata. Andi.

Rachmat, S. N., Haes, P. E., Ayu, M., Puspitadewi, A., Ayu, G., Wirasanti, P., &

Abubakrin, K. P. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perancangan Video

Branding. Jurnal Selaparan:Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 235–239.

Riantoro, D., & Aninam, J. (2021). Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan

Obyek Wisata Hutan Bakau Kormun Wasidori Arfai di Manokwari. Lensa

Ekonomi, 15(1), 151–172.

Subiyantoro, D. (2018). GEBYAR UPACARA TRADISIONAL Sedekah Bumi Desa

Waturejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yuliati, E., & Suwandono, D. (2016). Arahan Konsep dan Strategi Pengembangan

Kawasan Desa Wisata Nongkosawit Sebagai Destinasi Wisata Kota Semarang Concept

and Strategy Guidelines of Development Nongkosawit Village Tourism As Tourism

Destination Semarang City. 2(4), 263–272

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Dewi Puspita Sari, Dwi Nadya Cahyani, Febria Agustianingsih, & Huzaimatuz Zahra. (2023). VIDEO BRANDING DESA : KONSEP PENGEMBANGAN WISATA INOVASI DI DESA WATUREJO. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 161–173. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1033