PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TAHUN 2021 DI SDN TEPOS KECAMATAN BANYUGLUGUR KABUPATEN SITUBONDO

Penulis

  • Mukfiyah Fuaydah Universitas Nurul Jadid

Kata Kunci:

Kampus Mengajar kemendikbud, Literasi Numerasi SD

Abstrak

Program Kampus Mengajar Kemendikbud Angkatan 1 Tahun 2021 merupakan program lanjutan dari program Kampus Mengajar Perintis yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai bukti dedikasi kampus melalui mahasiswa untuk bergerak menyukseskan pemerataan pendidikan nasional dalam kondisi pandemi Covid-19. Khususnya jenjang SD untuk memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi covid-19. Dan memberdayakan mahasiswa sebagai bagian dari melanjutkan penguatan literasi dan numerasi, terutama untuk SDN Tepos yang berada di daerah 3T. Pelaksanaan program dilaksanakan selama 12 minggu atau 3 bulan, yang dimulai dari tanggal 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021. Beberapa program dan kegiatan telah dilaksanan di SDN Tepos oleh mahasiswa, dengan menghasilkan kegiatan sekolah lebih baik, diantaranya adalah: Membantu kegiatan pembelajaran dengan melaksanakan program stop covid-19 serta menyiapkan strategi dan model pembelajaran, membantu dalam kelengkapan administrasi sekolah, adaptasi Teknologi serta penguatan literasi numerasi dengan melaksanakan program Gerakan Literasi Siswa

Referensi

Kemdikbud. (2021). Buku Saku Penunjang sebagai Referensi & Inspirasi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajar-angkatan-1 tahun-2021-upaya-kemendikbud-libatkan-mahasiswa-dalam-penguatan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi/ (Diakses pada 06 Juli 2021)

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kampus-mengajar-perintis (Diakses pada 06 Juli 2021)

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/ribuan-mahasiswa-diterjunkan- membantu-guru-dan-kepala-sekolah-sd (Diakses pada 06 Juli 2021)

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-23

Cara Mengutip

Mukfiyah Fuaydah. (2023). PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TAHUN 2021 DI SDN TEPOS KECAMATAN BANYUGLUGUR KABUPATEN SITUBONDO. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 174–183. Diambil dari https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1052