IMPLEMENTASI SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Penulis

  • Muhammad Mushfi El Iq Bali Universitas Nurul Jadid
  • Siti Aisyah Universitas Nurul Jadid

Kata Kunci:

Implementasi, Sugestopedia, Quantum learning

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan mutlak dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, manusia bisa hidup maju dan berkembang. Salah satu proses yang terjadi dalam pendidikan adalah proses pembelajaran dan dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan suatu model dan metode agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan suggestopedia dalam pembelajaran quantum learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research yang dalam penelitian ini akan cenderung fokus pada konsep teori yang akan dibahas melalui kajian buku, jurnal atau literatur lainnya yang sesuai dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan suggestopedia dapat dikatakan efektif untuk dilaksanakan di lembaga pendidikan. Namun, ada beberapa kekurangan dalam metode ini sehingga pelaksanaan di Indonesia kurang sesuai. Terlepas dari hal tersebut, penerapan ini dapat dilaksanakan jika guru atau pendidik mampu mengatur selama proses pembelajaran berlangsung

Referensi

Afriani, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 01(01), 12.

Agung, N. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN DEBAT BAHASA ARAB MAHASISWA MELALUI METODE SUGGESTOPEDIA. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.288

Anggraeni, S., & Alpian, Y. (2018). APPLICATION OF SUGESTOPEDIA METHODS TO IMPROVE THE WRITING POETRY ABILITY OF VOCATIONAL SCHOOL OF ELEMENTARY SCHOOL. Ditaktika Tauhid: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(17), 106–122.

Annisa, I. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING. 6.

Annisa, I., & Gr, S. P. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING.

Bali, M. M. E. I., & Arifah, S. (2022). ESKALSI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI METODE SUGESTOPEDIA DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS BELAJAR. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(19), 109–127.

Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). HYPNOTEACHING : SOLUSI SISWA LEARNING DISORDER. At-Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(15), 89–103.

Fakturmen, F. (2020). METODE SUGGESTOPEDIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KETERAMPILAN MENGARANG (INSYĀ’). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(01), 1–30. https://doi.org/10.32699/liar.v4i1.1037

Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(12), 40–51.

Kurniawan, U. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE SUGESTOPEDIA DAN KREATIFITAS GURU TERHADAP PRESTASI SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN TASIKMALAYA. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 4, 602–605.

Lestari, E. (2021). Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar IPS Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 19–27.

Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2004

Oktasari, C., & Saputri, V. (2021). THE IMPORTANCE OF MOTIVATING STUDENTS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. At- Ta ’ Dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(7), 21–27.

Prasetya, D., & Safitri, K. (2020). METODE SUGGESTOPEDIA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 6(8), 866–873.

Putri, W. S., & A’yun, A. (2019). IMPLEMENTASI QUANTUM LEARNIG DALAM MATA PELAJARAN AL- QURAN HADIS. 3(1), 13.

Sakti, M., & Yulianeta. (2018). PERBANDINGAN IMPLEMENTASI METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DAN CERPEN. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(11), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(6), 139–144. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Syamsiyah, N. (n.d.). METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS-KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. 10.

Syauki, A. Y., Muhtaji, & Iroh Napiroh. (2021). MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 10(2), 85–91. https://doi.org/10.54438/tulip.v10i2.233

Ubaidillah, Adhis. (2020). KREATIVITAS GURU UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN. Al Ibtida’, 8(20), 15–34.

Wibowo, B. S. (2022). METODE SUGGESTOPEDIA: ALTERNATIF METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI. 10.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-23

Cara Mengutip

Muhammad Mushfi El Iq Bali, & Siti Aisyah. (2023). IMPLEMENTASI SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 184–195. Diambil dari https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1053