PENDAMPINGAN KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN MADRASAH MELALUI KEGIATAN “KELAS TERHEBAT”

Authors

  • Warda Maghfiroh Husein Universitas Nurul Jadid
  • Umatuz Sholihah Universitas Nurul Jadid
  • Nadiya Rosmila Universitas Nurul Jadid
  • Fadilatul Hasanah Universitas Nurul Jadid
  • Sayyidatul Arifah Universitas Nurul Jadid
  • Siti Aisyah Universitas Nurul Jadid

Keywords:

Pendampingan, Peduli Lingkungan, Kegiatan Kelas Terhebat

Abstract

Peduli lingkungan merupakan suatu sikap untuk menjaga lingkungan dari kerusakan. Peduli lingkungan harus diajarkan sedini mungkin sebagai bekal sehari-hari dan kehidupan di masa yang akan datang. Minimnya kesadaran peserta didik akan peduli lingkungan akan menjadi problematika. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan melakukan atau menerapkan pembiasaan sikap peduli lingkungan sekolah sejak dini agar kemudian diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Tujuan pengabdian ini ialah pendampingan peserta didik dalam kegiatan peduli lingkungan madrasah. Pengabdian ini dilakukan di MI Nurul Mun’im yang terletak di Karanganyar Paiton Probolinggo. Pendidikan dasar merupakan pendidikan tingkat dasar yang didalamnya peserta didik anak-anak. Sebab itu, pendidikan dasar identik dengan bermain, sehingga perlu menerapkan kegiatan yang menarik dan nantinya disebut kegiatan “Kelas Terhebat”. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa melalui kegiatan ini dengan sistem adanya pemenang dapat menarik perhatian peserta didik MI Nurul Mun’im. Kegiatan “Kelas Terhebat” ini meliputi kegiatan rutinitas piket kelas, membersihkan lingkungan madrasah, membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan tata tertib madrasah

References

A. Shunhaji, W. D. Sari, and R. Komalasari, “Pembiasaan Positif Dan Keteladanan Di Tk Tadika Puri Jakarta Selatan,” J. Andragogi, 2021.

W. S. Aryanti and A. Fuadah, “Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid Mi/Sd Di Indonesia,” no. 1, p. 10, 2020.

A. Nugroho et al., “Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali,” Bul. KKN Pendidik., vol. 2, no. 2, Sep. 2020, doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11196.

E. Jeramat, H. Mulu, E. Jehadus, and Y. E. Utami, “Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Ipa Pada Siswa Smp,” p. 11, 2019.

D. R. Harlan, D. Andini, R. Nuraeni, and W. Y. Sholihat, “Implementasi Pembiasaan Menjaga Kebersihan Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Santri Sdit Miftahul’ulum,” p. 7, 2021.

Y. Nasucha et al., “Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo,” Bul. KKN Pendidik., vol. 2, no. 2, Sep. 2020, doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11846.

S. Syahriani, Dalifa, and Resnani, “Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Terhadap Sampah Pada Siswa Kelas I di SDN 09 Kota Bengkulu,” p. 10.

Y. F. Narut and M. Nardi, “Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng,” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 9, no. 3, pp. 259–266, Sep. 2019, doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266.

M. Ithof, “Minimnya Tingkat Kesadaran Dan Akuntabilitas Masyarakat Terhadap Lingkungan Sekitar,” p. 10.

L. Oktamarina, “Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang,” J. Ilm. Potensia, Dec. 2021.

Published

2023-02-23

How to Cite

Warda Maghfiroh Husein, Umatuz Sholihah, Nadiya Rosmila, Fadilatul Hasanah, Sayyidatul Arifah, & Siti Aisyah. (2023). PENDAMPINGAN KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN MADRASAH MELALUI KEGIATAN “KELAS TERHEBAT”. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 196–206. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1054