PERSEPSI SISWA-SISWI TERHADAP GURU PAI YANG IDEAL DI SMK ZAINUL MU`IN KALISAT JEMBER

Authors

  • Achmad Faisol Fakurltas Tarbiyah Universitas Islam

Keywords:

Guru PAI, Ideal, Persepsi

Abstract

Eksistensinya peran guru dalam dunia pendidikan. Menurut Zakiyah Daradjat dalam bukunya Ilmu Pendidikan mengemukakan bahwa guru  pendidik yang profesional karena secara eksplisit ia telah merelakan dirinya untuk menerima dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang terpikul di pundak orang tua. Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru.  Dalam lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia guru disebut ustadz yang berasal dari bahasa Arab yang berarti guru atau guru besar. Sebutan ustadz biasa dipakai di lingkungan pendidikan Islam formal yang sistem pendidikannya diselenggarakan di madrasah. Ustadz yang berarti guru besar hanya dipakai di kalangan perguruan tinggi atau Universitas Islam saja. Sedangkan kyai berasal dari bahasa Jawa yang dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk gelar barang yang keramat, gelar kehormatan untuk orang-orang tua pada umumnya dan gelar yang dimiliki oleh seorang ahli agama Islam yang memiliki pesantren dan mengajar kitab-kitab klasik pada santrinya.

References

Abd Rachman Shaleh, Dikdaktik Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1976

Ahmad D. Marimba, Filsyafat Pendidikan Islam, PT, Al-ma’arif, Bandung, 1980

An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Pres, Jakarta, 1996

Darajat, Zakiah, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1991

Departemen Agama RI, Qur’an dan Terjemah, CV. Al-hidayah, Surabaya, 1989

H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1991

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Pustaka Husna, Jakarta: 1989

Kartini Kartono, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, Bandung, 1992

Lexxy J. Moleong, Metode Penelitian, Remaja, Bandung, 1994

M. Rahhdlon, Nilai Agama dalam Pembelajaran, MPA Kanwil DEPAG Jatim, 2001

Muhaimin, Dkk, Strategi Belajar Mengajar, Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, CV, Citra Media, Surabaya, 1996

Muhamin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Nuansa, Bandung, 2003

Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam Prespektif Islam, Remaja, Rosdakarya, Bandung, 1991

M. Amin Abdullah, Religius IPTEK, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998

Muhibbin Syah, M.Ed, Psikologi Belajar, Logos, Jakarta: 1999

Syahminan, Zaini, Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 1986

Suharsini Arikunto, Menejemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta, 1990

Sutrisno Hadi, Metode Receach, Andi Offset, Yogyakarta, 1989

Suyanto, Makalah, Guru Profesional dan efektif, Harian Kompas, Jum’at, 16 Februari 2001

UUSPN, No, 2, Aneka 89, Ilmu , Semarang, 1999

Wnarno Surachmat, Pengantar Penelitian Ilmu Dasar, Teknik dan Metode, Tarsito, Bandung, 1974

Departemen Agama RI, al Qur’an al Karim dan Terjemahnya, (Semarang: Karya Toha Putra, 2002),

Hasan Basri, Etika Bermasyarakat, (Jakarta: Perkasa Press, 1995).

Published

2023-09-06

How to Cite

Achmad Faisol. (2023). PERSEPSI SISWA-SISWI TERHADAP GURU PAI YANG IDEAL DI SMK ZAINUL MU`IN KALISAT JEMBER . ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 272–289. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1345