PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN NURUL WAJID JEMBER

Authors

  • Nur Ali Fakultas Tarbiyah Universitas Islam
  • Achmad Faisol Fakultas Tarbiyah Universitas Islam

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran Kitab Kuning, Pesantren

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia. Sejak berdirinya, pesantren telah menunjukkan peranannya dalam mensyiarkan agama Islam serta ilmu pengetahuan. Hal ini, dapat dilihat dari perjalanan sejarah umat Islam di Indonesia yang dibawa oleh Wali Songo yang kemudian dilanjutkan oleh ulama'-ulama' di Indonesia setelahnya. Dalam perjalanan tersebut, pesantren mempunyai andil yang banyak, sebab dalam pesantren inilah para ulama' serta umat islam menggembleng diri mereka agar siap baik secara fisik maupun mental untuk menghadapi masyarakat disekitarnya.

Penggemblengan diri yang dilakukan dalam pesantren mencangkup banyak hal, diantaranya melalui pengkajian kitab kuning. Kitab kuning merupakan karya para ulama islam terdahulu yang ditulis dengan menggunakan bahasa arab tanpa memakai harakat (gundul). Pengkajian kitab kuning ini diperlukan, sebab melalui kitab-kitab kuning inilah para ulama serta santri (umat islam yang mengaji di pesantren) memperdalam kajian keilmuan, terutama yang berhubungan dengan ilmu keagamaan, seperti: al-qur'an, hadits, fiqih, ushul fiqih, aqidah, akhlak/tasawuf dan tata bahasa arab.

Penggemblengan diri atau pembelajaran yang terjadi di pesantren, tidak dapat lepas dari unsur-unsur yang berhubungan dengan metode pembelajaran, sebab penggunaan metode pembelajaran yang kurang tespat dapat menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran yang dilangsungkan. Sebagaimana lazimnya pesantren, pola metode pembelajaran yang digunakan, bisanya masih berpusat pada guru (teacher center), padahal pada saat ini pola pembelajaran tersebut sudah mulai diubah menjadi berpusat kepada siswa (student center).

References

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. 1989. Bandung: PT Al-Ma’arif.

Amir, M. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aslanik. 2002. Reformasi Sistem Pengajaran di Pondok Pesantren (Studi Kasus Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi). Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Departemen Agama RI. 2001. Pola Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.

Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Direktorat jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan dan Kebudayaan dan PT Rineka Cipta.

El-Fadl, Khaled Abou. 2002. Musyawarah Buku Menyusuri Keindahan Islam dari Kitab ke Kitab. terj. Abdullah Ali. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Hadi, Sutrisno. 1983 Metodologi research I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999 Tentang: GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) Tahun 1999-2004 Beserta Perubahan Pertama Undang-Undang Daasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 Beserta Susunan Kabinet Persatuan nasional Masa Bakti 1999-2004. Surabaya: Arkola.

Komaruddin dan Yooke Tjuparmah S. Komaruddin, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000), hlm. 193.

Mulia, Musdah. Tanpa Tahun. Kitab Kuning. Ensiklopedi Islam IV.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Myers, Bugene A. 2003. Zaman Keemasan Islam, Para Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Barat. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Prasetyo, Eko. 2004. Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book.

Risnawati, Ria. 2005. Pembaharuan Sistem Pondok Pesantren (Upaya Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi). Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Sastrawijaya, A Tresna. 1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siberman, Mel. 1996. Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject terj. H. Sardjuli dkk. Yogyakarta: Yappendis.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad. 1992. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda Karya.

Udin Saripuddin Winataputra dan Rustana Ardiwinata. 1991. Materi Pokok Perencanaan pengajaran Modul 1-6. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka.

W. James Popham & Eva L. Baker. Tanpa Tahun. Tekhik Mengajar Secara Sistematis. terj. Amirul Hadi dkk. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembalajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zuhairini dkk. 1991. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2023-09-06

How to Cite

Nur Ali, & Achmad Faisol. (2023). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN NURUL WAJID JEMBER. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 315–329. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1349