PENDAMPINGAN SISTEM MANAJEMEN PEMASARAN BUAH JAMBU KRISTAL DI DESA LABRUK KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Roshiful Aqli Qosyim STAI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG
  • Hafid Hafid STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Hairul Ulum STAI Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Mentoring, marketing management, crystal guava

Abstract

The article describes assistance with the crystal guava fruit marketing management system in Labruk Village, Lumajang Regency. This service activity is carried out using the participatory rural approach (PRA) method, which educates the community through counseling, demonstrations, and mentoring. Mentoring participants are employees of PT. Fresh Kristal and the group of crystal guava farmers in Labruk Village, Lumajang Regency, number 35 people, and the community. PT. The results of the assistance show that PT. Fresh Kristal in carrying out marketing activities, which can be analyzed through the 4P marketing mix: product, price, promotion, and distribution. Each marketing mix has operational sub-mix criteria

References

Adriansah, Adriansah, Evi Purwaningsih, and Sri Utami, ‘Pendampingan Pelatihan Strategi Pemasaran Dan Produksi Usaha Pabrik Tahu Putra Pagadungan Mandiri Jaya’, Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3.1 (2023), 27–35 <https://doi.org/10.52593/svs.03.1.03>

Afandi, Agus, ‘Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif’, Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53.9 (2013), 1689–99

Amin, Dandi Satriawan, Qoriah Saleha, and Etik Sulistiowati Ningsih, ‘Penerapan Bauran Pemasaran Pada Produk Kerupuk Udang Di Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Kota Samarinda’, Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan Dan Perikanan, 4.4 (2023), 390–96 <https://doi.org/10.21107/juvenil.v4i4.22994>

Andriany, Dewi, ‘Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup’, in SEMINAR NASIONAL EKONOMI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI (SNEMA) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG, 2015

Awang Surya, and Wilarso Wilarso, ‘Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran Dalam Era Digital Untuk UMKM Kecamatan Cileungsi’, Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6.1 (2022), 23–28 <https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524>

Bahar, Rizki Risanto, Dwi Apriyani, Candra Nuraini, Suci Apsari Pebrianti, Anita Dwy Fitria, Fakultas Pertanian, and others, ‘Pendampingan Pokdakan Sawala Tanjungbuana Dalam Rencana Penyusunan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Penguatan Bargaining Position’, in Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 Tahun 2023 Dengan Tema "Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 2023, pp. 5–6

Buchanan, Mary E., ‘Methods of Data Collection’, AORN Journal, 33.1 (1981), 43–62 <https://doi.org/10.1016/S0001-2092(07)69400-9>

Calfee, Robert C, ‘SOCIAL METHODOLOGY : SClElYCE QUO VADIS Reviewed’, 5.2 (2000), 307–18

chanda, armstrong, ‘Key Methods Used in Qualitative Document Analysis’, SSRN Electronic Journal, 1990, 2022, 1–9 <https://doi.org/10.2139/ssrn.3996213>

Datundugon, Sunarti Poppie S., Femi Hadidjah Elly, and Jolanda Kitsia Juliana Kalangi, ‘ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI JAMBU BIJI KRISTAL (Psidium Guajava L.) (Studi Kasus : Petani Jambu Biji Kristal Di Desa Warisa Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara)’, Agri-Sosioekonomi, 16.3 (2020), 469 <https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.3.2020.31185>

Fatchurrochman, and Didik Widiyantono, ‘Potensi Peningkatan Produksi Jambu Kristal Dalam Mendukung Kemandirian Pangan Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo’, SURYA AGRITAMA, 12.2 (2023)

Hadi, S., ‘Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif’, Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22.1 (2017), 109874 <https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721>

Haryati, Yati, Ellina Nopidia, Ellisa Septiani, and Fitrohtul Laeli, ‘Strategi Pendampingan Melalui Bauran Pemasaran Di BMT NU Sejahtera KC Harjamukti Dalam Menghadapi Masa Pandemi’, Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.2 (2020), 262 <https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7414>

Istiqomah, Nur Hidayatul, ‘Pelatihan Digital Marketing Untuk Strategi Branding Bagi Koperasi, UKM, Dan Kelompok Strategis Nur’, Elgar Encyclopedia of Development, 7.2 (2023), 111–16 <https://doi.org/10.21043/cdjpmi.>

Marantika, A, S Hasan, and E Apriani, ‘Pendampingan Peningkatan Pemasaran Usaha UMKM Melalui Media Online Di Kabupaten Kampar Strategi Masa Pandemi Covid-19’, NEAR: Jurnal …, 1.1 (2021) <https://repo.stiebangkinang.ac.id/id/eprint/108%0Ahttps://repo.stiebangkinang.ac.id/108/1/Pendampingan Peningkatan Pemasaran Usaha UMKM Melalui Media Online di Kabupaten Kampar Strategi Masa Pandemi Covid-19.pdf>

Monica, Eva, and Junaidi Matsum, ‘Analisis Faktor Bauran Pemasaran Dalam Memberikan Kepuasaan Kepada Peserta Bimbingan Belajar Di Primagama’, Jurnal PkM Abdi Masyarakat, 13.2 (2019), 1–14

Rachmawaty, Asye, ‘Penerapan Strategi Marketing Melalui Iklan Berbayar Pada Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan Di KAREEMA_OFFICIAL’, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 8.1 (2022), 37–47

Ramdhona, Candra, Dini Rochdiani, and Budi Setia, ‘ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI JAMBU KRISTAL (Psidium Guajava L.) (Studi Kasus Pada Pengembang Budidaya Jambu Kristal Di Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 6.3 (2019), 596 <https://doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2536>

Richey, Rita C., and James D. Klein, ‘Developmental Research Methods: Creating Knowledge from Instructional Design and Development Practice’, Journal of Computing in Higher Education, 16.2 (2015), 23–38 <https://doi.org/10.1007/BF02961473>

Silaningsih, Endang, Tini Kartini, Erni Yuningsih, Lia Oktaviani, and Rahmat Budi Hidayat, ‘PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PEMASARAN DIGITAL PADA SAUNG GALLERY JAKARTA’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7.2 (2023), 94–103

Silfia, Elen Sekar Tamala Fira, Lutfiyah Nurzaitun, Sabrina Febri Wulandari, and Arif Hidayat, ‘Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani Lokal Melalui Budidaya Jambu Citra Dan Jambu Kristal Di Desa Karanggedang’, Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2.2 (2023), 199–210 <https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.6867>

Sustiyatik, Enni, and Beni Agus Setiono, ‘Pengaruh Product, Price, Promotion, Dan Place Terhadap Loyalitas Konsumen’, Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10.1 (2020), 75 <https://doi.org/10.30649/japk.v10i1.75

Published

2024-01-31

How to Cite

Roshiful Aqli Qosyim, Hafid, H., & Ulum, H. (2024). PENDAMPINGAN SISTEM MANAJEMEN PEMASARAN BUAH JAMBU KRISTAL DI DESA LABRUK KABUPATEN LUMAJANG. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–25. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1753