PSIKOEDUKASI PENDAMPINGAN KESEHATAN MENTAL DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM LUMAJANG

Authors

  • Erlin Indayana Ningsih STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Umi Salamah STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Zainuddin STAI Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Psikoedukasi, Kesehatan Mental, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di pondok pesantren Raudhatul Ulum Sumberanyar Kabupaten Lumajang yang dilaksanakan pada tanggal 02-06 Desember 2023. Peserta psikoedukasi kader kesehatan mental dalam pengabdian  ini  difokuskan kepada  para santri Raudhatul Ulum Sumberanyar Kabupaten Lumajang sebanyak 139 santri. Hasil pendampingan pada penelitian ini menunjukkan bahwa di antara dimensi kesehatan mental para santri Raudhatul Ulum yang terbina dengan baik adalah Kesejahteraan Emosi dan Kesejahteraan Psikologis. Teknik pendampingan yang digunakan dengan: 1) konseling organisasi kelompok atau group guidance; 2) Teknik yang bersifat psikologis menggunakan kekuatan nasehat; 3) Teknik yang bersifat kejiwaan alam bawah sadar, teknik ini hanya dilakukan dalam empati.

References

Aisyaroh, Noveri, and Suryo Ediyono, ‘Gambaran Kesehatan Mental Remaja Di Sekolah Pesantren’, Profesional Health Journal, 4.2 (2023), 372–79 <16/08/2023https://www.ojsstikesbanyuwangi.com/index.php/PHJ/article/download/440/259>

Alamri, Wafaa Abdullah, ‘Effectiveness of Qualitative Research Methods: Interviews and Diaries’, International Journal of English and Cultural Studies, 22.02 (2019), 65 <https://doi.org/10.11114/ijecs.v2i1.4302>

Florensa, and Nurul Hidayah, ‘Overview of Adolescent Emotional Mental Health’, Jurnal Kesehatan, 12.1 (2023), 21–37

Hamilton, Alison B., and Erin P. Finley, ‘Reprint of: Qualitative Methods in Implementation Research: An Introduction’, Psychiatry Research, 283.2 (2020), 112–29 <https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112629>

Hotifah, Yuliati, ‘Empowering Santri Dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Di Pesantren Melalui Model Peer Helping Berbasis Kearifan Lokal Pesantren’, Personifikasi, 5.1 (2014), 19–24

Karisma, Nurul, Aida Rofiah, Siti Nur Afifah, and Yuni Mariani Manik, ‘Kesehatan Mental Remaja Dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying Di Indonesia’, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3.03 (2024), 560–67 <https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439>

Lubis, Khairuddin, Saiful Akhyar Lubis, and Lahmuddin Lubis, ‘Pembinaan Mental Spiritual Santri Di Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid Kabupaten Tapanuli Selatan’, Jurnal Analytica Islamica, 7.2 (2018), 253–72

Meunier, Sophie, · Laurence Bouchard, Simon Coulombe, Marina Doucerain, · Tyler Pacheco, and Emilie Auger, ‘Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Santri (Fenomena Hafalan Di Pondok Pesantren Sukamiskin)’, Trends in Psychology, 30.1 (2022), 549–69 <https://doi.org/10.1007/s43076-021-00136-5>

Nafik, Muhamad, Hadi Ryandono, Departemen Ekonomi Syariah, and Universitas Airlangga, ‘Islamic Boarding School Role in Social-Economic Empowerment in East Java in 20 Th Century’, Mozaik Humaniora, 1.2 (2018)

Priasmoro, Dian Pitaloka, ‘Korelasi Dukungan Sosial Dengan Kesehatan Jiwa Santri Putra Di Pondok Pesantren Lumajang’, Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8.3 (2020), 424–34

Putri, Nuzulul Kusuma, Khuliyah Candraning Diyanah, Azimatul Karimah, Izzuki Muhashonah, and Namira Kholifatul Pramudinta, ‘Inisiasi Manajemen Kesehatan Mental Pada Sekolah Berbasis Pesantren’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7.1 (2023), 1 <https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11711>

Ridha Prananda Siagian Putri, Ardhya, and Raden Roro Maulidya Arifianti Ningtyas, ‘Transformasi Kesehatan Mental : Tantangan Dan Upaya Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi COVID-19’, Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6.1 (2023), 37–44 <https://doi.org/10.32832/pro.v6i1.94>

Rochanah, ‘Agama Sebagai Upaya Mengembalikan Kesehatan Mental Santri Penderita Skizofrenia (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darus Syifa Wedung Demak)’, Jurnal Penelitian, 13 (2019), 375–400 <https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/6035>

Setyanto, Arif Tri, ‘Deteksi Dini Prevalensi Gangguan Kesehatan Mental Mahasiswa Di Perguruan Tinggi’, Wacana, 15.1 (2023), 66 <https://doi.org/10.20961/wacana.v15i1.69548>

Spector, J. Michael, M. David Merrill, Jan Elen, and M. J. Bishop, ‘Handbook of Research on Educational Communications and Technology’, in Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, 2014, pp. 1–1005 <https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5>

Supriadi, Yedi, ‘Model Bimbingan Kesehatan Mental Untuk Para Santri Pondok Pesantren Syafi’Iyah Cisambeng Majalengka’, OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 11.2 (2017), 39–53

Usman, Muhammad, Anton Widyanto, Universitas Islam, and Negeri Ar-raniry Banda, ‘UNDANG-UNDANG PESANTREN : MENEROPONG ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN PESANTREN DI INDONESIA’, Educational Psychologist, 8.1 (2021), 57–70

Winurini, Sulis, ‘Penanganan Kesehatan Mental Di Indonesia’, Info Singkat, 15.20 (2023), 2014–17 <https://www.gatra.com/news-525034-kesehatan-riskesdas-lebih-dari-19-juta-orang-alami-gangguan-mental.html>

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Indayana Ningsih, E. ., Salamah, U. ., & Zainuddin. (2024). PSIKOEDUKASI PENDAMPINGAN KESEHATAN MENTAL DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM LUMAJANG. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 226–237. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1841