Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru di Lembaga PAUD Desa Curahtakir, Kec.Tempurejo, Kabupaten Jember Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak dan Mengurangi Ketergantungan Anak dalam Bermain Gadget
Keywords:
Alat permainan edukatif (APE), Kearifan lokal, PAUDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil pengabdian masyarakat dalan konteks pengembnagan alat permaianan edukatif (APE) berbasis kearifan loka bagi guru di Lembaga PAUD Desa Curahtakir, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa lemabaga PAUD setempat belum memiliki APE yang berbasis kearifan lokal, padahal APE tradisional mengandung nilai-nilai budaya penting dalam pembentukan sikap, perilaku dan kreatifitas anak dan juga ditemukan di Lembaga PUAD setempat banyak anak usia dini yang memiliki ketergantungan bermain gadget (smarthphone). Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa service learning (SL) dengan melalui tiga tahapan inti: persiapan, layanan dan refleksi. Hasil penelitian ini mengungkap, pertama, setelah dilakukannya pengembangan alat permainan edukatif berbasis kearifan lokan melalui pelatihan guru, implementasi produk APE di PAUD maka terjadi peningkatan kreatifitas guru dalam mengajar. Kedua, Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keberhasilan belajar siswa dan mengurangi ketergantungan anak dalam bermain gadget.
References
Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….
Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (cotextual teaching and learning) dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302.
Hasanah, F. F., & Prameswari, W. (2023). ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 108–124.
Latifah, A., & Wathon, A. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 75–95.
Marlinawati, R., Gustini, T., & Hidayat, N. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Berbasis literasi Teknologi dan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Kajian Dan Implementasi, 6(3).
Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2026). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2), 144751.
Poerwanti, E., Soenaryo, S. F., & Restian, A. (2015). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah 4 Batu Dalam Mengelola Pembelajaran ABK melalui Lesson Study. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 12–24.
Prastiwi, R., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Agamis Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 48–78.
Rahmawati, I. Y., Wahyudi, W., Cahyono, H., & Fadlillah, M. (2022). APE Tradisional: Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Berbasis Etnomatematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7058–7068.
Rizza, M. A., Monasari, R., Puspitasari, E., & Witono, K. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Sosialisasi Keselamatan Bermain Outdoor Bagi Paud Bina Cendikia Desa Sidorejo Kabupaten Malang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 512–522.
Selvi, I. D., & Wulantaka, N. N. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Atribut Dan Organisasi. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 103–110.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239.
Utami, D. T., Wahyuni, I. W., Alucyana, A., Raihana, R., Jannah, W., & Aziza, H. (2024). Implementasi Alat Permainan Edukatif Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru di Lembaga PAUD. Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 1(1), 12–16.
Zaman, B. (2011). Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1–38.