OPTIMALISASI PENDAMPINGAN MANAJEMEN PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH
OPTIMALISASI PENDAMPINGAN MANAJEMEN PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v4i01.2117Keywords:
Optimalisasi, Manajemen Pesantren, Prestasi BelajarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengoptimalkan pendampingan manajemen pesantren sebagai upaya strategis dalam meningkatkan prestasi belajar santri. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan pimpinan pesantren, pengelola, ustadz/ustadzah, serta santri secara aktif dalam seluruh tahapan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas manajemen melalui pelatihan, refleksi bersama, dan intervensi terarah mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berkontribusi positif terhadap capaian akademik santri.
References
Abdurrahman Wahid, Bunga Rampai Pesantren (Jakarta: CV. Dharma Bakti, t.t.)
Amir Hamzah wiryosukarto, Biografi K.H. Imam Zarkasyi; Dari Gontor Merintis Pesantren Modern (Ponorogo: Gontor Press, 1996)
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006.) 231
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006.) 158
Caliskan, A., & Zhu, C. (2020). Organizational culture and educational innovations in Turkish higher education: Perceptions and reactions of students. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(1), 20–39. https://doi.org/10.12738/jestp.2020.1.003
Departemen Agama RI., Seri Monografi Penyelenggaraan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren (Proyek Pembinaan dan Bantuan Kepada Pondok Pesantren, 1984/1985)
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Imron Arifin, Kepemimpinan Kiai Kasus Pondok Pesantren Tebuireng (Malang: Kalimasahada Press, 1993)
Iwan Sopwandin, Nina Nurmila, Wahyu Hidayat. (2019). Fungsi-fungsi manajemen di perpustakaan madrasah. Jurnal M-JIEM, 2(1)
Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemahannya, Jakarta : Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, 2015.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Hidakarya Agung, 1985)
Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006), 3
Mu’awanah, “Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu Blitar”, Realita, 1 (Januari 2004)
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, (Malang: PT. Gelora Aksara Pratama, 2007)
Munirdjalil. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (Studi kasus pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 1(1)
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)
Sadirman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2009)
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Supturi, Konsep Manajemen Pendidikan Islam : Sebuat Analisis Aspek Ontologi.Epistimologi, dan Aksiologi
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2006)
