PENDAMPINGAN MITRA MELALUI BRANDING PRODUK MILKSHAKE KOPERASI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM LUMAJANG

Authors

  • Nurul Iflaha IAI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG
  • Imaniar Mahmuda IAI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG
  • Nanda IAI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG

Keywords:

Pendampingan, Branding, Koperasi

Abstract

Kegiatan pendampingan branding kemasan adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang menjadi tugas utama dosen selain mengajar dan melakukan penelitian. Kegiatan ini bertujuan guna memberi manfaat dan membantu para mitra koperasi di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Lumajang agar dapat lebih inovatif sehingga dapat mengembangkan bisnis yang sedang ditekuni yaitu usaha milkshake yang selama ini hanya dijual di koperasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum saja. Peserta pelatihan terdiri dari mitra koperasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Lumajang. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang strategi pemasaran baik secara online atau offline, dan dilanjutkan dengan penyampaian tata cara pembuatan branding produk pada kemasan minuman oleh mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Rural Approach (PRA). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta mengenai branding kemasan minuman, yang diharapkan dapat meningkatkan jangakauan penjualan. Namun, terdapat beberapa kendala yang disebabkan karena desain kemasan memerlukan keterampilan, ketelatenan, dan kerapihan, yang berpengaruh pada kualitas hasil yang kurang memuaskan serta tidak semua mitra memiliki laptop dan pandai mengoperasikan laptop, sehingga membutuhkan bantuan dari anak atau saudara yang bisa membantunya.

References

Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif’, Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53.9 (2013), 1689–99

Amir, F., Santosa, D. R., & Febrianita, R. 2022. ‘Pelatihan dan Pendampingan Branding Berbasis Digital sebagai Upaya Pengembangan UMKM di Kelurahan Bulak Banteng’. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2)

Elvira, Gadis. Amanda dan Isna Nugraha. 2023. ’Pendampingan Branding untuk Tingkatkan Penjualan Produk UMKM Sirup Jahe di Keluarahan Tanggung Kota Blitar’, SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7, No.1 (2023)

Ilmiah, Ismiatul dan Nanik Hariyana. Pendampingan dan Penerapan Branding Produk Sebagai Strategi Pemasaran UMKM “Rempeyek Mak Sri’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPkMN)

Jaya, Lanci. 2022. ’Pendampingan Branding dan Digital Marketing pada Industri Rumah Tangga: Upaya Menjawab Tantangan di Era Disrupsi’, Medani, No.3 (2022)

Nafasari, Z., Sutrisna, L. M., Susilowati Tiyas, & Purwito, L. 2023. ‘Pendampingan Branding Produk Sebagai Strategi Graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kelurahan Kepanjen Kidul’. SOCIETY Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2),

Qosyim, Roshiful Aqli dan Imam Zarkasyi. 2023. ‘Pemberdayaan Santri Wirausaha di Koperasi Pesantren Miftahul Ulum Lumajang’, Jurnal Ibadatuna Vol 2 No 1. https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/1056

Wardhani, Kusuma et al. 2022. ‘Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Branding Dan Legalitas Di Desa Pulosari,’ KARYA UNGGUL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2022)

Yuwita, Nurma dan Nikmatus Solihah. 2024. ‘Pendampingan UMKM Melalui Branding Produk Tempe di Desa Parerejo Purwodadi’, Khidmatuna, No 1 Juli 2024

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Nurul Iflaha, Imaniar Mahmuda, & Nanda. (2025). PENDAMPINGAN MITRA MELALUI BRANDING PRODUK MILKSHAKE KOPERASI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM LUMAJANG. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 60–68. Retrieved from https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/ibadatuna/article/view/2118