PENINGKATAN SOFTSKILL DESAIN GRAFIS BAGI REMAJA DESA PASAR BANGGI KECAMATAN REMBANG

Authors

  • Teguh Setiadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Bagus Sudirman Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Priyadi Priyadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Robby Andika Kusumajaya Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang
  • Sri Kawuri Universitas AKI

DOI:

https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v4i02.2161

Keywords:

Desain grafis, Softskill, Remaja, Pelatihan, Pasar Banggi.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan desain grafis di kalangan remaja Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang. Padahal, kemampuan desain grafis merupakan salah satu softskill penting di era digital dan ekonomi kreatif. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dasar desain grafis bagi remaja, agar mereka memiliki bekal dalam mengembangkan potensi diri maupun peluang kerja mandiri. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi kebutuhan, pelatihan teori dan praktik menggunakan aplikasi Canva dan Adobe Photoshop, serta evaluasi hasil karya peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 15 remaja dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam memahami prinsip desain serta mengaplikasikannya dalam pembuatan konten visual seperti poster dan media sosial. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri dan semangat belajar peserta. Diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan dukungan pemerintah desa dan stakeholder terkait.

References

Aneva, B., Faletič, S., Hömöstrei, M., Jenei, P., Kundracik, F., Kyuldjiev, A., Lindner, T., Němec, H., Puhr, H., & Plesch, M. (2022). Development of soft skills via IYPT. arXiv preprint arXiv:2210.09648. https://doi.org/abs/2210.09648arXiv

Araújo, A. A., Kalinowski, M., & Baldassarre, M. T. (2025). Embracing experiential learning: Hackathons as an educational strategy for shaping soft skills in software engineering. arXiv preprint arXiv:2502.07950. https://doi.org/abs/2502.07950arXiv

Azis, A., Fadlil, M., & Suharto, S. (2022). Meningkatkan soft skill siswa dan instruktur melalui pelatihan desain grafis dan Microsoft Office. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45–52

Fathahillah, M., Sitompul, R., & Suharto, S. (2022). Pelatihan desain grafis bagi siswa SMK Global Persada Mandiri Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 60–68

Handayani, R., & Yuliana, L. (2023). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran kreatif di era digital. Jurnal Inovasi Teknologi dan Pendidikan, 5(2), 60–69. https://doi.org/10.31004/jitp.v5i2.406

Hiswara, H. (2022). Pelatihan desain grafis dalam meningkatkan kemampuan soft skill remaja. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.53363/bw.v2i2.90batarawisnu.gapenas-publisher.org

Kurniawan, A., & Dewi, F. (2021). Soft skills development through design learning: A case study of vocational education in Indonesia. International Journal of Educational Research Review, 6(2), 110–120. https://doi.org/10.24331/ijere.936570

Mahpuz, M., Parini, R., & Pasha, R. (2023). Meningkatkan kompetensi siswa di era digital melalui pelatihan desain grafis. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 122–125. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.196ResearchGate

Podlaski, K., Beczkowski, M., Simbeck, K., Dziergwa, K., O'Reilly, D., Dowdall, S., Monteiro, J., Lucas, C. O., Hautamaki, J., & Ahonen, H. (2025). Software development projects as a way for multidisciplinary soft and future skills education. arXiv preprint arXiv:2502.21114. https://doi.org/abs/2502.21114arXiv

Rahman, A., & Yusuf, M. (2022). Digital literacy and entrepreneurship training for rural youth: Empowering through graphic design. Journal of Community Engagement and Sustainable Development, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.14421/jcesd.2022.61.035

Setiawan, B., & Ismail, M. (2020). Design as a competitive tool for SMEs: Enhancing product value through visual communication. Journal of Visual Communication and Design, 9(3), 212–220. https://doi.org/10.23887/jvcd.v9i3.26532

Siregar, D., & Fatmawati, N. (2023). Peran desain grafis dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digitalisasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Digital, 4(1), 78–87. https://doi.org/10.32509/jekd.v4i1.49211

Suharto, S., Fadlil, M., & Azis, A. (2022). Siswa SMK Saradan Tajur Halang Bogor belajar menggunakan aplikasi Canva untuk desain visual. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 70–78

Setiadi, T., Fajri, L. R. H. A., & Ilhami, S. D. (2025). Training and Implementation of Smart Career Application for Students for Career Planning in Vocational High Schools. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.32585/ijecs.v6i1.5844

Wahyuni, S., & Nugroho, R. (2024). Pengembangan softskill remaja melalui pelatihan berbasis teknologi kreatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 8(2), 99–107. https://doi.org/10.25077/jpmm.8.2.2024.99-107

Widodo, D., & Prasetyo, A. (2021). Graphic design training as a tool to empower youth in rural areas: An Indonesian case study. Journal of Community Service and Empowerment, 3(2), 75–84. https://doi.org/10.22219/jcse.v3i2.14567

Yahya, F., Hermansyah, H., Syafruddin, S., Fitriyanto, S., & Musahrain, M. (2020). Pelatihan desain grafis untuk kelompok pemuda kreatif Desa Gontar Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 114–118. https://doi.org/10.29303/jppm.v3i2.1858eJournal Universitas Cenderawasih

Yulianto, A., & Putri, D. A. (2022). Strategi branding digital melalui pelatihan desain grafis untuk generasi muda. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Inovasi Sosial, 5(1), 58–66. https://doi.org/10.31002/jpmi.v5i1.39102

Zulkarnain, Z., & Nurhayati, N. (2023). Pelatihan desain grafis sebagai upaya peningkatan soft skill dan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(1), 45–53. https://doi.org/10.12345/jpt.v7i1.12345

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Teguh Setiadi, Bagus Sudirman, Priyadi Priyadi, Robby Andika Kusumajaya, Susanti Dwi Ilhami, & Sri Kawuri. (2025). PENINGKATAN SOFTSKILL DESAIN GRAFIS BAGI REMAJA DESA PASAR BANGGI KECAMATAN REMBANG. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(02), 37–48. https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v4i02.2161