STRATEGI KOLABORATIF DALAM PENDAMPINGAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI TAKHASUS TAHFID: SINERGI ANTARA GURU, WALI SANTRI, DAN PENGASUH
DOI:
https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v4i02.2348Keywords:
Kolaborasi, pendampingan, hafalan Al-Qur’an, guru, wali santri, pengasuhAbstract
Program tahfizh Al-Qur’an di lembaga pendidikan takhasus (khusus) memerlukan strategi efektif dan kolaboratif dalam mendampingi santri. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan hafalan Al-Qur’an berbasis sinergi antara guru, wali santri, dan pengasuh. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Takhasus Tahfizh Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR) melalui observasi, pendampingan, pelatihan, dan evaluasi terstruktur. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kualitas hafalan, disiplin murajaah, serta motivasi belajar santri. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendampingan berbasis strategi Kolaborati sangat berperan dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an pada santri program takhasus.
References
Abdullah, M. (2020). Strategi Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123-135
Al-Khatib, M. (2021). Optimalisasi Metode Muraja’ah dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Islamika.
Al-Khatib, M. (2021). Optimalisasi Metode Muraja’ah dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Islamika.
Amalia, F. (2020). Strategi Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pesantren. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 110–123. https://doi.org/10.24014/jipi.v5i2.9876
Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: Westview Press.
Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: Westview Press.
Hafid Makna Barokah Prespektif Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Spirit Belajar Santrihttps://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/1271/476. Vol. 02 No. 02(2023
Hasan, M. (2019). Strategi Efektif Tahfizh Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal At-Tarbiyah, 11(1), 55–67. https://doi.org/10.18860/tarbiyah.v11i1.6850
Husni, M. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Tahfizh Santri. Jurnal Pendidikan Islam dan Pesantren, 9(1), 87–95.
Kementerian Agama RI. (2019). Al Quran dan Terjemahanya. Bandung: Syamil Cipta Media,
Kemmis, S. dan R. Mc Taggart. (2005) The Action Researcher Planner, (Victoria: Deakin University )
Khasanah, U. (2020). Efektivitas Metode Tikrar dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 112–123.
Latifah, S. (2019). Manajemen Hafalan Al-Qur’an di Pesantren Salafiyah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 55–67.
Ma’ruf, M. (2020). Tingkat Retensi Hafalan Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(1), 88–100.
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nawawi, H. (2021). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Malang: Literasi Nusantara
Reflita dkk, (2022). Keutamaan Al-Qur’an dalam kesaksian Hadist, Penjelasan Seputar Keutamaan Surat dan Ayat Al-Qur’an. Lajanah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Jakarta,
Reflita dkk, (2022). Kutamaan Al-Qur’an dalam kesaksian Hadist, Penjelasan Seputar Keutamaan Surat dan Ayat Al-Qur’an. Lajanah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Jakarta,
Rohmah, L. (2018). Pola Interaksi dalam Pembinaan Hafalan Santri di Pesantren Takhasus. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 43–56.
Slavin, R.E. (2009). Educational Psychology: Theory and Practice (9th ed.). Boston: Pearson.
Syamsuddin, A. (2019). Pendidikan Keluarga Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wibowo, R. A. (2020). Manajemen Pendampingan Santri dalam Program Tahfidz al-Qur’an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 142–154. https://doi.org/10.21580/jmpi.v8i2.7232
Yusuf, A. (2019). Pemanfaatan Media Digital dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 11(2), 78–85.
Zimmerman, B. J. (2000). Attaining Self-Regulation: A Social Cognitive Perspective. In M. Boekaerts et al. (Eds.), Handbook of Self-Regulation. San Diego: Academic Press.