PENDAMPINGAN PROGRAM TAKHASUS TAHFIDZUL QUR’AN ERA NEW NORMAL DI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH KELURAHAN SEMPUSARI-KALIWATES-JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v1i1.673Keywords:
Pendampingan, Program Takhassus, Tahfidzul Qur’anAbstract
Problematika dan dampak Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) secara daring di era new normal, pendampingan
dalam menguatkan dan melancarkan bacaan hingga
menjaga hafalan al-Qur’an bagi santri takhassus di Pondok
Pesantren Nurul Falah Sempusari, menjadi sangat penting.
Maka kegiatan Pengabdian Mayarakat (PM) ini bertujuan
memberikan perencanaan program takhassus Tahfidzul AlQur’an di era new Normal, program takhassus Tahfidzul
Al-Qur’an era new Normal di Pondok Pesantren Nurul
Falah, Sempusari, Jember yang mengacu pada tiga hal,
yatu; pertama; bagaimana implementasi strategi
ppengajaran, kedua; mengkonsep metode pelajaran, ketiga;
bagaimana memanfaatkan waktu yang efektif.Abstrak
ditulis dalam bahasa Indonesia yang berisikan isu-isu
pokok, tujuan, metode dan hasil.
Problems and the impact of online Teaching and Learning
Activities (KBM) in the new normal era, assistance in
strengthening and smoothing reading to maintaining the
memorization of the Qur'an for takhassus students at the Nurul
Falah Sempusari Islamic Boarding School, is very important. So
this Community Service (PM) activity aims to provide planning
for the Tahfidzul Al-Qur'an takhassus program in the new
Normal era, the Tahfidzul Al-Qur'an takhassus program in the
new Normal era at Nurul Falah Islamic Boarding School,
Sempusari, Jember which refers to three things, yatu; first; how to
implement teaching strategies, second; conceptualize the learning
method, third; how to use time effectively. The abstract is written
in Indonesian which contains the main issues, objectives, methods
and results.
References
Abdulwaly, Rumuzuttikrar Kunci Nikmatnya Menjaga Hafalan Al-Qur’a
(Sukabumi: Farha Pustaka,2019)
Ahmad Salim Badwilan, Panduan Cepat Menghafal al-Qur’an dan Rahasia-rahasia
Keajaibannya (Jogjakarta: Diva Press, 2009)
Ahmad bin Salim Baduwailan, Menjadi Hafizh Tips dan Motivasi Menghafal al-Qur’an
(Solo: AQWAM, 2016)
Abdulwaly, Rumuzuttikrar Kunci Nikmatnya Menjaga Hafalan Al-Qur’an,h. 19-20
Arif Wicagsono, ”Efektifitas Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan
Tahfiz Al-Qur’an di Smp IT Al Anis Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018,”
Suhuf, 2 (2018)
Ahmad Atabik, The Living Qur’an: Potret Budaya Tahfiz Al-Qur’an di
Nusantara, Jurnal Penelitian, Vol. 8, No.1 (2014)
Wahyu Aji Fatma Dewi, Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. No.1 Th.II,2020
Siti Halimah, et.al., ”The Implementation of Tahfidz Program at Mts Hifzhil
Qur’an Islamic Center North Sumatera,” ILJRES, 2 (2020), h. 196.
Ahmad Salim Badwilan, Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an, h. 27.
Arif Wicagsono, ”Efektifitas Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan
Kemampuan Tahfiz Al-Qur’an di Smp IT Al Anis Kartasura Tahun Pelajaran
/2018,”
Hartati Sukirman, et.al. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: UNY
Press, 2007)
Sukarna, Principles of Manajemen (Bandung: Mandar Maju, 2011), h. 82.-83
Ahsin W. Al-Hafizh, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an (Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2005)
Ahsin W. Al-Hafizh, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an (Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2005)
Ahsin W. Al-Hafizh, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an (Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2005)
Munjahid, Strategi Menghafal al-Qur’an 10 Bulan Khatam (Yogyakarta: Idea Press,
Wiwi Alawiyah Wahid, Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an (Jogjakarta: Diva Press,
Binti Maunah, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Yogyakarta: TERAS, 2009)