STRATEGI KIAI KAMPUNG DALAM PENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) SANTRI MUSHOLLA AL-IKHLAS DI DUSUN PLAWANGAN RT.010 RW. 006 DESA GROBOGAN KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG

Penulis

  • Hairul Ulum Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang
  • Muhammad Husen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v1i2.690

Kata Kunci:

Strategi, Peningkatan, Baca Tulis Al-Qu’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Kontribusi
bimbingan baca tulis alQur’an di Musholla Al-Ikhlas
dusun Plawangan RT.010 RW.06 Desa Grobogan
Kecamaatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang
Penelitian yang dilaksanakan di Musholla Al-Ikhlas dusun
Plawangan RT.010 RW.06 Desa Grobogan Kecamaatan
Kedungjajang Kabupaten Lumajang ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan tujuan agar ditemukan datadata yang nyata sesuai dengan kondisi yang ada. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan terakhir dengan
verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat
disimpulkan bahwa: Strategi dalam peningkatkan
kemampuan baca tulis Al-Qur’an sesuai hukum ilmu
tajwid di Musholla Al-Ikhlas yaitu Kiai dan Asatidz di
musolla mempersiapkan dengan mengunsep dan
merancang berupa menentukan tujuan yang akan dicapai.
Hal ini dilakukan agar langkah tempuh Kiai Kampung
jelas dan sesuai dengan arah tujuan yang diharapkan.
Peningkatan kemampuan belajar baca tulis al-Qur’an di
Musholla Al Ikhlas, yaitu melakukan pembinaan para
Asatidz di Musholla Al Ikhlas perlunya menggunakan
metode yang berinovasi serta bervariasi seperti belajar
sambil bermain dan para santri juga sering diajak belajar di
luar ruangan agar santri tidak merasa bosan dalam
kegiatan belajar mengajar baca tulis al-Qur’an.

Referensi

Ali As-Shabuni, Syekh Muhammad.. At-Tibyan Fi Ulumil Qur’an. (Semarang Cet.1:

Pustaka Amani Jakarta. 1988), h. 6

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara. 1996), h. 102

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013), h.20.

Abdullah Abi Muhammad bin Ismail Al-Bukhari, Sahih Al-Bulkhari, Juz III (Mesir:

Muktab Al-Nashiriya, t.th.), h.232.

Al Munawar. Said Agil Husin, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem

Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, Cet. II, 2005.h. 13

Bukhari, Lidwa pusaka i-Software-Kitab 9 Imam Hadis Nomor Hadis: 4640.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an Terjemah, (Jakarta: Syaamil, 2005), h. 597.

Hamdani Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam (Bandung : CV. Pustaka Setia, 2001),h. 24

https://islam.nu.or.id/ubudiyah/keutamaan-membaca-al-qur-an-dalam-haditsrasulullah-egWze

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : PT. Lentera Abadi,

, h. 529

Sofchah Sulistyowati, Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien, (Pekalongan: Cinta

Ilmu, Pekalongan, 2001), h. 14.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-27

Cara Mengutip

Ulum, H. ., & Husen, . M. . (2022). STRATEGI KIAI KAMPUNG DALAM PENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) SANTRI MUSHOLLA AL-IKHLAS DI DUSUN PLAWANGAN RT.010 RW. 006 DESA GROBOGAN KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG . ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48–56. https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v1i2.690

Terbitan

Bagian

Articles