PENUNTASAN BUTA AKSARA DI DUSUN PENANGGUNGAN DESA ROWO INDAH KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v1i2.699Kata Kunci:
Penuntasan buta aksara, Desa Rowo Idnah.Abstrak
Abstrak Kegiatan pemberantasan buta aksara telah lama dilakukan, dan hingga kini penyandang buta aksara masih terus ada. Salah satu penyebab utamanya ialah masih terus terjadinya siswa putus sekolah dasar yang kembali buta aksara disamping memang karena berbagai hal terpaksa tidak sekolah. Masih adanya penduduk buta aksara disinyalir memberikan kontribusi terhadap kurang suksesnya Wajar 9 tahun, karena apabila orang tua anak buta aksara, ada kecenderungan anaknya tidak sekolah dan kalaupun sekolah sering terjadi mereka mengulang kelas dan bahkan putus sekolah. Penuntasan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun melalui Program Pendidikan Keaksaraan melalui Pelatihan Strategi Pembelajaran membaca dapat menempuh langkah-langkah berikut: 1. Sosialisasi dan promosi tentang pentingnya Wajar Dikdas 9 Tahun, 2. Memberdayakan masyarakat untuk berperan dalam penyelenggaraan Wajar Dikdas 9 Tahun, melalui jalur nonformal, 3. Melakukan konsolidasi dengan pemerintah setempat untuk memberdayakan lembagalembaga pendidikan nonformal dalam mengakomodasi kebutuhan warga masyarakat akan pendidikan, 4. Memberikan pelayanan pendidikan bagi warga masyarakat yang belum menyelesaikan Wajar Dikdas 9 tahun, terutama yang berusia antara 10 sampai dengan 44 tahun.
Referensi
Ahmadi 2005. Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta, Aly Hery Noer1999, Ilmu Pendidikan Islam Logos, Jakarta.
Bukhori Mukhtar, 1994, Ilmu Pendidikan dan Prektek Pendidikan, IKIP
Muhammadiyah Prees, Jakarta Bawani Imam dan Anshori, 1999, Cendekiawan
Muslim dalam Perspektif Pendidikan Islam, PT. Bina Ilmu, Surabaya
Darajat, Zakiah 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, Ruhama, Jakarta
Faisal, S. (2001). Curricula of Literacy Program. Paper Presented in The Session
of Intemasional Workshop of ISESCO on Literacy. Malang: STAIN
Malang. Freiri, P. (1993). Paedagogy of The Oppressed. New York
Departemen Agama RI, al Qur’an al Karim dan Terjemahnya, (Semarang: Karya
Toha Putra, 2002),