Pendampingan Santri Dewasa dalam Penguatan Fikih Ibadah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.55120/ibadatjurnal.v1i2.718Kata Kunci:
Mentoring, mature students, jurisprudence of worshipAbstrak
Artikel ini mendeskripsikan pendampingan santri dewasa dalam penguatan fikih ibadah. Pendidikan orang dewasa memberikan teori tentang bagaimana orang dewasa dan siswa belajar secara efektif, sehingga siswa tidak hanya belajar mengingat fakta yang diberikan oleh dosen, tetapi juga melihat fenomena di luar fakta tersebut. Untuk memperoleh aplikasi andragogi dalam bidang metode perencanaan dan evaluasi di kalangan santri pondok pesantren Miftahul Ulum Lumajang. Baca ikhtisar penerapan Prinsip Fikih Ibadah oleh santri Pesantren Miftahul Ulum Lumajang Islamic. Model pendampingan ini kami terapkan pada santri Miftahul Ulum Lumajang, sebuah pondok pesantren di Miftahul Ulum Lumajang Islamic. Landasan konseptual teoritis penelitian ini adalah konsep pendidikan orang dewasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi.
Referensi
Buchanan, Mary E., ‘Methods of Data Collection’, AORN Journal, 33.1 (1981), 43–62 <https://doi.org/10.1016/S0001-2092(07)69400-9>
Creswell, John W, and Cheryl N Poth, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches (Sage publications, 2016)
Danial, Adang Danial, Syaefudin Syaefudin Syaefudin, and Lulu Yuliani Yuliani, ‘Pelatihan “ Andragogical Content Knowledge” Bagi Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Kompetensi Personal Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Gema Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya’, Abdimas Siliwangi, 1.2 (2018), 89 <https://doi.org/10.22460/as.v1i2p89-95.1169>
Greet Peersman, ‘Data Collection and Analysis Methods’, Revista Latinoamericana de Psicologia, 34.3 (2018), 241–49
Karwati, Lilis, ‘PRINSIP ANDRAGOGI PADA PERFORMASI TUTOR PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Lilis’, Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, I.02 (2016), 390–92 <http://dspace.unitru.edu.pe/bitstream/handle/UNITRU/10947/Miñano Guevara%2C Karen Anali.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repository.upb.edu.co/bitstream/handle/20.500.11912/3346/DIVERSIDAD DE MACROINVERTEBRADOS ACUÁTICOS Y SU.pdf?sequence=1&isAllowed=y>
MacLeod, Andrea, ‘Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) as a Tool for Participatory Research within Critical Autism Studies: A Systematic Review’, Research in Autism Spectrum Disorders, 64.August 2018 (2019), 49–62 <https://doi.org/10.1016/j.rasd.2019.04.005>
Nidhom, Ahmad Mursyidun, Azhar Ahmad Smaragdina, Setiadi Cahyono Putro, Slamet Wibawanto, Nur Sita Yunia Rachmawati, and Rachmawati Rachmawati, ‘Augmented Reality Berbasis Seamless Learning Dan Education 3.0 Untuk Peningkatan Kemampuan Andragogi Pendidik Se-Kabupaten Malang’, Jurnal Graha Pengabdian, 1.2 (2019), 120–27
Sintiawati, Nani, and Saktika Rohmah Fajarwati, ‘Partisipasi Orang Dewasa Dalam Sebuah Pelatihan’, Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1.1 (2019), 26–30 <https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/view/20005>