https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/issue/feedAl-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)2024-06-29T00:00:00+00:00Ahmad Hafidz Abdullahahmadhafidz893@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)</strong> is a journal examines various issues related to Arabic language learning, particularly in the context of schools, Islamic madrasahs, and pesantren. This journal serves as an important platform for discussing and sharing knowledge about Arabic language teaching methods, curriculum development, understanding of Arab culture, Arabic linguistics and literary language, and other relevant topics in Arabic language education.</p> <p>E-ISSN : 3063 - 0193</p> <p>P-ISSN : 3063 - 1688</p> <p><strong>Official Address :</strong> Jalan Raya Banyuputih Kidul Jatiroto<strong> </strong>Po. Box. 101 Lumajang 67355 East Java</p> <p><strong>Email : </strong><a href="https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/login" target="_blank" rel="noopener">jurnalalahruf@gmail.com</a></p>https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/article/view/1774Investigating the Role of the Crossword Puzzle on the Arabic Vocabulary in University Students2024-05-06T16:56:01+00:00Apri Wardana Ritongaapriwardanaritonga@stiq.assyifa.ac.idAyu Desraniaydesrani@gmail.com<p>Kosakata bahasa Arab memegang peran yang sangat penting dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Kosakata menjadi dasar dalam memahami dan mengkomunikasikan pesan dalam bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran crossword puzzle terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi mahasiswa PTDU, Malang. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen. Pemanfaatan crossword puzzle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi mahasiswa PTDU, Malang. Terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas kontrol (PAI) sebesar 71.85 “cukup”, dan pada kelas eksperimen (ES) sebesar 73,85 “cukup” meningkat tajam setelah menggunakan crossword puzzle menjadi 84,87 “baik” untuk kelas kontrol (PAI) dan 90,38 “sangat baik” untuk kelas eksperimen (ES). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan crossword puzzle efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa. Dengan demikian, pendekatan ini dapat dianggap sebagai strategi yang bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Arab di lingkungan PTDU, Malang.</p> <p> </p> <p><strong>Referensi</strong></p> <p>Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas. <em>AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam</em>, <em>10</em>(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133</p> <p>Arifin, Z., Desrani, A., Wardana Ritonga, A., & Ibrahim, F. M. A. (2023). An Innovation in Planning Management for Learning Arabic at Islamic Boarding Schools. <em>Nidhomul Haq</em><em> </em><em>: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</em>, <em>8</em>(1), 77–89. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3237</p> <p>Azizah, R. (2022). Permainan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Kitabab. <em>Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>3</em>(2), 116–124. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6119</p> <p>Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic Learning Base On A Communicative Approach In Non-Pesantren School. <em>Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning</em>, <em>3</em>(1), 64–88. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8387</p> <p>Febriansari, I., Sobarna, A., & Afrianti, N. (2020). Pengaruh Media Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 4 Bandung. <em>Prosiding Pendidikan Agama Islam</em>, <em>6</em>(2), 50–58. https://doi.org/10.29313/.v6i2.22995</p> <p>Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. <em>Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>1</em>(2), 141. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091</p> <p>Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. <em>Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>2</em>(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220</p> <p>Ibrahim, A. R. A.-F. bin. (1434). <em>Durus at-Daurat at-Tadribiyah Limu’allim al-Lghuhah al-’Arabiyyah Lighair an-Nathiqin Biha</em>.</p> <p>Khalilullah, M. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). <em>Jurnal Pemikiran Islam</em>, <em>37</em>(1), 15–26. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/309/292</p> <p>Lakoro, S., Eraku, S., & Yusuf, D. (2020). Pengaruh Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Marisa. <em>Jambura Geo Education Journal</em>, <em>1</em>(1), 32–38. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4845</p> <p>Maududi, A., & Purwanto, E. (2018). Influence of pictorial Crossword Puzzle media toward vocabulary mastery and initial writing skills of Elementary School Students. <em>Journal of Primary Education</em>, <em>7</em>(3), 318–323.</p> <p>Muzdalifah, Z., Khasairi, M., & Kholisin, K. (2021). Development of the Arabic Grammar (Nahwu) Textbook Al-Ajurumiyyah Al-Qur’aniyyah based on the Scaffolding-Structure. <em>Izdihar</em><em> </em><em>: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature</em>, <em>4</em>, 153–164.</p> <p>Purba, N. A., & Jamil, K. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII. <em>Journal of Education Research</em>, <em>4</em>(3), 1259–1264. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335</p> <p>Ritonga, A. W. (2020). Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. <em>Studi Arab</em>, <em>11</em>(2), 73–86.</p> <p>Ritonga, A. W., & Fitri, A. (2021). Maharah Qira’ah Learning Strategy for Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Students During Covid-19 Pandemic. <em>Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar</em>, <em>4</em>(2), 103–107. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.4501</p> <p>Ritonga, A. W., Mela, D. A., & Ilmiani, A. M. (2022). Implementasi Kebijakan Tatap Muka Terbatas Sebagai Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi Covid-19. <em>Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab</em>, <em>4</em>(1), 10–19. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i1.799</p> <p>Ritonga, A. W., Ritonga, M., Septiana, V. W., & Mahmud. (2021). Crossword Puzzle as a Learning Media During the Covid-19 Pandemic : HOTS, MOTS or LOTS ? <em>Journal of Physics: Conference Series</em>, <em>1933</em>. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012126</p> <p>Roji, M. F., Hijriyah, U., & Mizan, A. N. (2023). Improving Madrasah Students’ Mufradat Memorization Ability Using Picture Card Media (Flash Card). <em>Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai</em>, <em>3</em>(02), 81–90. https://doi.org/10.24967/esp.v3i02.2439</p> <p>Sopyan, D. I. (2015). <em>Otak Atik Otak: TTS & Sudoku</em>. Depok Puspa Swara.</p> <p>Susanto, Ritonga, A. W., Desrani, A., & Rubiyantoro, Y. (2022). Arabic Learning Design Based on 21st Century Skills during the Covid-19 Pandemic in Indonesia. <em>Jurnal Iqra’</em><em> </em><em>: Kajian Ilmu Pendidikan</em>, <em>7</em>(2), 1–14. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2235</p> <p>Umroh, I. L., & Tamaji, S. T. (2022). Permainan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Bahasa Arab. <em>Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>3</em>(2), 36–57. https://doi.org/10.52166/alf.v3i2.3273</p> <p>Zulkepli, M. K. A., Wahab, B., Yahaya, A. F., Hamid, M. Z. A., & Mohamad, N. (2023). Analysis of Development Needs of Mufradati Arabic Vocabulary Application for UiTM Students. <em>BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences</em>, <em>6</em>(3), 47–60.</p>2024-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/article/view/1781Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo2024-05-14T05:00:36+00:00Naila Sakinahsakinanaila7@gmail.comAlfin Sanjaya2230104210050@student.uin-malangM. Aziz Muqoddam3230104210038@student.uin-malang<p>Hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran dalam suatu lembaga. Hasil pembelajaran bahasa arab siswa pada sekolah MA plus Taruna Islam Al-Kautsar bisa dikatakan masih belum maksimal, khususnya dalam peningkatan skill maharah qira’ah. Hasil belajar siswa MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar dapat ditingkatkan salah satunya dengan memanfaatkan bahan ajar Buku Pengayaan Siswa untuk meningkatkan skill maharah qira’ah. Tujuan (1)Untuk mengetahui Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan, Probolinggo, (2)untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Penerapan Buku Pengayaan Siswa dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan, Probolinggo. Hasil penelitian (2) bahwa pembelajar siswa di sekolah ini sudah diupayakan memenuhi standart pemerintah dalam Pendidikan nasiaonal, (2)Penerapan buku pengayaan siswa sudah mengadopsi metode pembelajaran interaktif dengan adanya kode QR untuk menonton animasi-animasi audio visual yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran Bahasa arab secara lebih konpherhensip. Adapun kekurangan dalam penerapan buku ini, bahwa siswa di MA Plus Taruna Islam Al-Kautsar belum siap mengadopsi secara menyeluruh buku ajar yang disusun menggunakan kurikulum merdeka. Karena siswa masih butuh pendampingan siswa secara penuh.<br /><br /><strong>Referensi</strong></p> <p>Alimudin, A., Dania, I., & Saputri Hidayat, A. A. (2023a). Analisis Bahan Ajar Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berbasis CEFR. <em>Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan</em>, <em>20</em>(1), 38–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(1).11655</p> <p>Alimudin, A., Dania, I., & Saputri Hidayat, A. A. (2023b). Analisis Bahan Ajar Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berbasis CEFR. <em>Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan</em>, <em>20</em>(1), 38–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(1).11655</p> <p>Alwi, A. B. (2022). <em>Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022</em>. <em>4</em>(4), 1753–1760.</p> <p>Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. <em>Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>3</em>(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302</p> <p>Fitriani, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Maharah Qiroah Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi. <em>An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab</em>, <em>20</em>(01), 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1130</p> <p>Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. <em>Arabi</em><em> </em><em>: Journal of Arabic Studies</em>, <em>4</em>(1), 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107</p> <p>Haqqy, A. M. (2020). Alternatif Pembelajaran Maharah Qira’ah Dengan Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an. <em>El-Tsaqafah. Jurnal Jurusan PBA</em>, <em>19</em>(2), 186–198. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i2.2720</p> <p>Hasanah, T. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah pada Peserta Didik Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. <em>Shaut al Arabiyyah</em>, <em>8</em>(2), 101. https://doi.org/10.24252/saa.v8i2.15142</p> <p>Hasibuan, M. N., & Sa’diyah, H. (2023). Metode Contextual Teaching And Learning d alam Pembelajaran Maharah Qira’ah. <em>Revorma</em>, <em>3</em>(1), 26–41.</p> <p>Ibtidaiyah, M., Journal, E., Nafisa, F., & Afida, N. (2023). <em>Analisis Kesiapan Guru Mata Pelajaran Bahasa</em>. <em>1</em>(1).</p> <p>Janah, A. R., Ansori, A. A., Maghfirah, S. N., & Tiara, D. P. (2022). Problematika Maharah Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X IPA MA Al-Mukarom Ponorogo. <em>Proceeding of 2nd Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (AICOMS)</em>, <em>2</em>, 17–24.</p> <p>Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. <em>KOMUNIKOLOGI Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial</em>, <em>2</em>(1), 77–88.</p> <p>Khoiriyyah, L., Arifin, Moh. M., & Mardani, D. (2023). Analisis Maharatul Qira’ah Siswa Madrasah Tsanawiyah. <em>Edukatif</em><em> </em><em>: Jurnal Ilmu Pendidikan</em>, <em>5</em>(2), 961–971. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4853</p> <p>Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. <em>Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika</em>, <em>1</em>(1), 43–47.</p> <p>Lubis, I., & Ghoziyah, I. (2023). <em>Edukatif</em><em> </em><em>: Jurnal Ilmu Pendidikan Assesmen For Learning Mahar ah Qira </em><em>’</em><em> ah Ditinjau d ari Tujuan Pembelajarannya</em>. <em>5</em>(2), 815–823.</p> <p>Malanuwa, S. P. (n.d.). <em>Analisis Kesalahan Berbahasa Arab dalam Maharah Qiro’ah Pada Mahasiswa Alumnini Pondok Pesantren di Institut Agama Islam Negeri Manado</em>. <em>2</em>.</p> <p>Mustika, D., Fitriyanti, E. N., & Azizah, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab. <em>Prosiding Semnasbama IV UM JILID 1</em>, <em>1</em>, 62–67.</p> <p>Nasution, S. (2017). <em>Pengantar Lingustik Bahasa Arab</em>. CV. Lisan Arabi.</p> <p>Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. <em>Jurnal Inovasi Penelitian</em>, <em>1</em>(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177</p> <p>Prananingrum, A. V., & Nurhuda, A. (2021). Analisis Buku Teks Al- ‘ Arabiyyatu Baina Yadaik Karya Abdurrahman Ibn Ibrahim Al-Fawzan, dkk. <em>Arabic Education Conference</em>, 1.</p> <p>Syafi’i, N. M. (2019). Pemanfaatan Media Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Smk Pesantren Sabilil Muttaqien (Psm) Randublatung Kabupaten Blora. <em>Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi)</em>, <em>53</em>(9), 1689–1699.</p> <p>Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. <em>Arabiyatuna</em><em> </em><em>: Jurnal Bahasa Arab</em>, <em>3</em>(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764</p> <p>Uswatun Hasanah, Fatkhurrohman, & Rifqi Aulia Rahman. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas X MA NU Darul Islah Wonosobo. <em>Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>2</em>(2), 155–167.</p> <p>Wahyudi, W. E. (2020). Relasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Kontekstualisasinya dengan Nilai-Nilai Multikultural. <em>Kuttab</em>, <em>3</em>(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v3i2.99</p> <p>Zainuri, M. (2019). تطور اللغة العربية في إندونيسيا Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. <em>Jurnal Tanling</em><em> </em><em>: Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia</em>, <em>II</em>(2), 231–248.</p>2024-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/article/view/1794Pengembangan Buku Ajar Tematik Bahasa Arab Pegon untuk Peningkatan Maharoh Qiro’ah Diniyah Takmiliyah2024-05-27T18:09:44+00:00Abdillah As'adirfabwi123@gmail.com<p>Pengembangan buku ajar bahasa Arab Pegon berbasis tematik ditujukan untuk meningkatkan kemampuan membaca santri kelas satu di Diniyah Takmiliyah. Bahasa Arab Pegon merupakan bahasa Melayu atau Jawa yang ditulis menggunakan aksara Arab Jawi untuk memahami bahasa Arab, terutama kitab kuning. Pesantren Manbaul Ulum Wringin Putih Muncar Banyuwangi menggunakan metode ma’na pegon untuk mempelajari kitab kuning. Buku ajar ini dilengkapi dengan animasi dan QR code, serta mengulas cara penulisan dan pembacaan Arab Pegon dengan benar. Penelitian ini merumuskan tiga masalah utama: pengembangan pembelajaran, kelayakan materi, dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab Pegon di pesantren tersebut. Model penelitian yang digunakan adalah model Sugiono, dengan pendekatan tematik untuk mendapatkan hasil yang efektif. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak dan efektif, dengan validasi dari validator pembelajaran dan materi pegon mencapai lebih dari 95%. Keefektifan bahan ajar ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel, menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa.</p> <p><strong>المراجع<br /></strong></p> <p>رشدى أحمد طعيمة، تعليم العربية لغير الناطقين بها ساليبه، (ايسيسكو:منشورات المنظمة الإسلامية التربية والعلوم والثقافة، 1989) </p> <p>لويس معلوف، المنجد والإعلام، (بيروت: دار المشرف،1976)،</p> <p>محمد علي السمان ، التوجيه في تعليم اللغة العربية ، (القاهرة:دار المعارف،1983)</p> <p>مقدمة كتاب العربية للناشئين ، تأليف الدكتور محمود إسماعيل صيبي ، ناصف مصطفى عبد العزيز ، مختار الطاهر حسين ( المملكة العربية السعودية ، وزارة المعارف ، إدارة الكتب المدرسية)<strong><br /></strong></p> <p>Munawwir Ahmad Warson, Kamus Al-Munawwir, Pustaka Progressif, (Yogyakarta, 2014)</p> <p><br />Maksum Ali, “Pengembangan Virtual Library Untuk Kitab Kuning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pondok Pondok pesantren di Jawa Timur”, Jurnal Penelitian Kependidikan, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, No. 2, Th. XX Oktober 2010</p> <p><br />Sumarno Alim, Perbedaan Pengembangan dan Pengembangan, (Surabaya: Elearning UNESA, 2012)</p> <p>Sadiman Arief, Media Pembelajaran Dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 2002)</p> <p>Lombard Denys, Nusa jawa Silang Budaya Jilid I, (Jakarta, 2000, PT.Gramedia Pustaka Utama)</p> <p><br />Departemen Agama Republik Indonesia, Pondok Pondok pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003)</p> <p><br />Anwar Dessy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia, 2003)</p> <p><br />Fuad Effendi Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat 2009)</p> <p><br />Mujahidin Endin, Pondok pesantren Kilat, (Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2004)</p> <p>Putra Daulay Haidar, Historitas dan Eksistensi : Pondok pesantren, Sekolah dan Madrasah, (Yogyakarta: 2001 Tiara Wacana) </p> <p>Putra Daulay Haidar, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia Edisi Revisi (Medan: Kencana Prenada Media Group, 2012</p> <p> </p> <p>Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Bandung: Remaja Rosdakarya: 2014)</p> <p><br />Juwairiyah Dahlan, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, (Surabaya, 1992, Al Ikhlas)</p> <p>Koentjaraningrat, Kebudayaan Jawa, (Jakarta, Balai Pustaka, 1994)</p> <p>Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. (Perdana Media Group: 2009)</p> <p>Loexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)</p> <p>Lorens Bagus, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)</p> <p>Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pondok pesantren. (Jakarta: 1994)</p> <p>Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pondok pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sisten Pendidikan Pondok pesantren, (Jakarta: INIS, 1994)</p> <p>Mudhofir. Teknologi Instruksional. (Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 1999)</p> <p>Muhtaron, Dinamika Pondok pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)</p> <p>Nana Sujana, dkk. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004)</p> <p><br />Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)</p> <p>Nashir Abdullah Al Ghali dan Abdul Hamid Abdullah, Usus I’dad Al Kutub Al Ta’liimiyyat li Ghairi Al Naathiqiin bihaa. (Riyadh: Dar Al Gha, 1991)</p> <p>Plato dan Jules Simon dalam Mahmud Yunus, Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, (Pt. Hidakarya Agung, Jakarta, 2013)</p> <p><br />Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, (Jakarta: Kencana, 2010)</p> <p>Ridwan Abawihda, Kurikulum Pendidikan Pondok pesantren dan Tantangan Perubahan Global, dalam Ismail SM, dkk, Dinamika Pondok pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)</p> <p>Rusman. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada: 2013)</p> <p>Winarno Surachmad, Metode penelitian, (Bandung: Tartsito, 1990)</p> <p>Zaim Elmubarok, dkk, Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa, (Journal Of Arabic Learning And Teaching: 2020)</p> <p>Zaim Elmubarok, dkk, Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa, (Journal Of Arabic Learning And Teaching: 2020)</p> <p>Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pondok pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup <br />Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1990)</p>2024-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/article/view/1792Pengembangan Kamus Tematik Arab Indonesia Berbasis Android Pada Siswa Ma'had MAN2024-05-27T12:44:06+00:00Ahmad Wildan Fahmisekawancoffeebwi@gmail.com<p>تتمثل هذه الدراسة في تطوير قاموس موضوعي عربي-إندونيسي مبني على نظام أندرويد بهدف تعزيز فهم الطلاب لمفردات اللغة في المعهد زين القاسم بالمدرسة الثانوية الإسلا مية الحكومية الثالثة بنجوانحي. نظرًا للتوسع السريع في استخدام الهواتف الذكية ونظام التشغيل أندرويد، تم تصميم هذا القاموس لدعم عملية تعلم اللغة العربية. بدأ تطوير القاموس بإنشاء المحتوى باستخدام برنامج Microsoft Word، والذي تم تحويله إلى تطبيق أندرويد. وتم تصميم العناصر البصرية للقاموس باستخدام برامج Photoshop وCorelDraw. تم تقييم القاموس من قبل خبيرين، حيث منح الخبير الأول تقييم "جيد جدًا" بنسبة 82.4%، والخبير الثاني تقييم "جيد" بنسبة 75%، مع تقديم توصيات لتحسين المحتوى والتصميم. استخدمت المنهجية البحثية نموذج ADDIE، وأظهرت نتائج الاختبارات أن قيمة t-hitung (7.3) تتجاوز قيمة t-table عند مستوى الثقة 5%، مما يدل على فعالية القاموس في تحسين فهم المفردات. أظهرت الاستطلاعات رضا الطلاب العالي، حيث أبدى 98.6% إعجابهم بالقاموس، و85% شعروا بأن القاموس ساعدهم في تعلم اللغة العربية، و96% وجدوا أن القاموس سهل فهم المفردات.<br /><br /></p> <p><strong>المراجع</strong></p> <p>حسن جعفر الخليفة. 2001 . <em>مدخل</em> <em>إلى</em> <em>المناهج</em> <em>وطرق</em> <em>التدريس</em>. مكتبة الرشد ناشرون.</p> <p>محمد صلاح الدين علي مجاوز. 2010 . <em>التربية</em> <em>الإسلامية</em> <em>أسسه</em> <em>وتطبيقاته التربوية</em>. القلة قويت.</p> <p>Ahmadi, Ruslan. 2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UMPres Depdiknas.2006a. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.</p> <p>Arofah, Rahmat, and Hari Cahyadi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa : Islamic Education Journal 3, no. 1 : 35–43.</p> <p>Branch, Maribe Robert, <em>Instructional Design: The ADDIE Approach</em>, (USA: University 0f Georgia, 2009) hal.2 (Diakses pada tanggal 17 Juni2021 dari https://books.google.co.id)</p> <p>Departemen Pendidikan Nasional.2006b. Panduan Pembelajaran SOSIOLOGI Terpadu. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.</p> <p>Fahmi, Ari Khairurrijal. 2016. Analisis Kesalahan Gramatikal Teks Terjemah (Indonesia-Arab) Dalam Pendidikan Bahasa Arab. Kordinat : Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Islam 15, no. 1 : 105–116.</p> <p>Habib, Moh. Thohari, 2015. <em>Kamus istilah penelitian</em>, Yogyakarta: diva press.</p> <p>Hamid, M Abdul, Danial Hilmi, Syaiful Mustofa, Universitas Islam, Negeri Maulana, and Malik Ibrahim. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa Arabi : Journal of Arabic Studies. Journal Imla 4, no. 1 : 100–114.</p> <p>Kridalaksana, Harimurti. 2001. <em>Kamus Linguistik. </em>Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.</p> <p>Munawir, Ahmad, <em>Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia,</em> Yogyakarta, Pustaka Progresif. 1984.</p> <p>Musthafa, Izzudin dan hermawan, acep, 2018. Metodologi penelitian Bahasa arab, konsep dasar, strategi, metode, Teknik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.</p> <p>Mustofa, syaiful, 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: Uin Press</p> <p>Mulyatiningsih, E, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Yogyakarta: Alfabeta, 2011)</p> <p>Panen, P., dan Purwanto. (2004). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.</p> <p>Ramadhani, sahara & azizi, fadli, 2018. Excellent dictionary kamus Bahasa arab terlengkap & terupdate, cemerlang publishing.</p> <p>Sudarmanto, 2017. Kamus lengkap Bahasa jawa : jawa – Indonesia, Indonesia – jawa. Semarang: Widya Karya.</p> <p>Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.</p> <p>Tarigan, Henry Guntur. 1989. Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.</p> <p>UUD Republik Indonesia Nomor 18, Tahun 2002. Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Lembaran RI Tahun 2002, No. 18. Sekertariat Negara. Jakarta.</p> <p>Wildan Taufiq, Fiqih<em> Lughah (Pengantar Linguistik Arab),</em> (Bandung: Nuansa Aulia, 2015,</p>2024-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/pba/article/view/1830Implementasi Pembelajaran Insya’ dalam Meningkatkan Maharah Kitabah di Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pesantren2024-06-09T11:45:09+00:00Sufyan Hudasufyan.mdbs@gmail.com<p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Pembealajaran insya’ selalu menjadi perbincangan hangat, karena insya’ ini terhitung matakuliah lanjutan dari urutan maharah yang 4, yakni maharah kalam, maharah istima’, maharah qira’ah dan maharah kitabah (insya’), Perguruan tinggi islam berbasis pesantren merupakan perguruan tinggi dibawah naungan pesantren, yang mayoritas mahasiswanya adalah santri pondok. Tujuan penelitian ini: Pertama, untuk menganalisa perkuliahan matakuliah insya’ di Prodi Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang. Kedua, untuk mengetahui prosedur perkuliahan dalam meningkatkan maharah kitabah di Prodi Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang.</em> <em>Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, pertama mahasiwa sudah banyak menguasai kosakata dan kaidah dasar bahasa arab, kedua dosen sudah melakukan metode pengajaran dengan baik, hanya saja terkendala refrensi yang minim, baik berupa buku atau file.</em></p> <p><strong>Keywords: </strong><em>Pembelajaran insya’, maharah kitabah, Perguruan Tinggi Islam</em></p> <p> </p> <p><strong>الملخص</strong></p> <p>تعد دراسة "الإِنشاء" دائمًا موضوعًا ساخنًا، لأن الإِنشاء يعتبر مادة دراسية متقدمة ضمن ترتيب المهارات الأربعة، وهي مهارة الكلام، مهارة الاستماع، مهارة القراءة ومهارة الكتابة (الإِنشاء). الجامعات الإسلامية التي تعتمد على النظام التعليمي التقليدي للمعاهد هي مؤسسات تعليمية تحت إشراف المعاهد، حيث يكون غالبية الطلاب فيها من طلاب المدارس الدينية. هدف هذا البحث هو: أولاً، تحليل دروس مادة الإِنشاء في برنامج اللغة العربية بكلية التربية الإسلامية مفتاح العلوم في لُماجانج. ثانيًا، معرفة إجراءات التدريس في تحسين مهارة الكتابة في برنامج اللغة العربية بكلية التربية الإسلامية مفتاح العلوم في لُماجانج. يُعتبر هذا البحث من نوع الأبحاث الميدانية (البحث في الواقع) ويتميز بالمنهجية النوعية، حيث تم جمع البيانات باستخدام المقابلات، والملاحظات، والتوثيق. نتائج البحث هي: أولاً، أن الطلاب قد تمكنوا من اكتساب العديد من المفردات والقواعد الأساسية في اللغة العربية، وثانيًا، أن الأساتذة قد قاموا بتطبيق طرق تدريس جيدة، ولكنهم يواجهون صعوبة بسبب قلة المراجع، سواء كانت كتبًا أو ملفات.</p> <p><strong>الكلمات الرئيسية</strong> : تعليم الإنشاء, مهارة الكتابة, الجامعات الإسلامية.<br /><br /></p> <p><strong>Referensi</strong></p> <p>Ainaini Ratna noeri, J. (2021). Kesulitan yang Dihadapi Mahasiswa pada Maharah Kitabah di Ma’had Umar bin Khattab Putri. <em>JALSAT:Journal Of Arabic Language Studies and Teaching</em>, <em>1</em>(2), 173–187. https://doi.org/10.15642/jalsat.v1i2.91</p> <p>Al Azmi, F., Muassomah, M., Amalia, N. N., & Diana, N. (2023). The Use of Quizizz as Istiqraiyah-Based Nahwu Learning Media in the Digital Age. <em>Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran, Dan Sastra Arab</em>. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v10i01.9186</p> <p>Almardhi, M. R., Syamsuddin, M. B., & Bachtiar, F. (2023). Urgensi Bahasa Arab Dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. <em>Icais</em>.</p> <p>Asbarin, A., & Amalia, N. N. (2022). Tantangan dan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. <em>AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab</em>. https://doi.org/10.30863/awrq.v3i2.3033</p> <p>Azizah, A. K., Mukarromah, F., & Ainiy, N. (2024). The Influence of Pesantren Educational Background on Arabic Language Competence of Students in Islamic Higher Education. <em>Journal of Arabic Language Learning and Teaching (JALLT)</em>, <em>1</em>(2), 75–84. https://doi.org/10.23971/jallt.v1i2.143</p> <p>Dea Adinda, Era Fazira, Rafly Syahputra Sikumbang, & Shakholid Nasution. (2023). Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Maharah Al-Kitabah dengan Metode Pembelajaran Insya’iyah. <em>Jurnal Yudistira</em><em> </em><em>: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa</em>, <em>2</em>(1), 86–100. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.394</p> <p>Dinata, R. S., Dalimunthe, S. M., Syafrimen, S., & Balah, A. A. A. G. (2023). The Gaps of Students’ Writing Skills in Arabic Thesis Writing. <em>Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab</em>, <em>15</em>(1), 1–17. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i1.14134</p> <p>Febian, A., & Lubis, L. (2023). Peningkatan Maharoh Kitabah melalui Metode Insya’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII Di SMPIT Ad-Durroh Medan. <em>Journal of Education Research</em>, <em>4</em>(3), 964–971. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.334</p> <p>Kasmiati, K., Masbukin, M., & Hendri, M. (2023). Pengaruh Penguasaan Mufradāt terhadap Kemampuan Insyā’ Mahasiswa di Perguruan Tinggi. <em>Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme</em>. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2137</p> <p>Mimi, M. P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. <em>El-Jaudah</em><em> </em><em>: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab</em>, <em>1</em>(2), 59–68. https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134</p> <p>Nailil Amalia, N., Adzimah, H., Arifa, Z., & Mahbub, M. I. (2023). Management Implementation of the Bi’ah Lughowiyah Programmes and the Problems in Boarding Based on Madrasah Aliyah. <em>Izdihar</em><em> </em><em>: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature</em>. https://doi.org/10.22219/jiz.v6i2.24052</p> <p>Nisa’, K., Khotimah, I., & Ulum, M. (2022). PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. <em>Hijai - Journal on Arabic Language and Literature</em>. https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.17998</p> <p>Nulaila, N., Nurdiniawati, N., & Amnah, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam Dan Kitabah Pada Mahasiswa Prodi Pba Fakultas Tarbiyah Iai Muhammadiyah Bima. <em>Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat</em>, <em>1</em>(1), 39–51. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.739</p> <p>Nurhalizah. (2021). <em>Tahlil Al-Akhta fii Istikhdam Adawaat Rabt Fii al -Insya’</em>.</p> <p>Qutni, D., Hadjar, I., Yuniawan, T., & ... (2023). Arabic Language Writing Skill learning Materials with A Conservation Perspective. <em>Texas Journal of …</em>, <em>25</em>, 69–77. https://zienjournals.com/index.php/tjm/article/view/4511%0Ahttps://zienjournals.com/index.php/tjm/article/download/4511/3722</p> <p>Sarif, S. (2023). Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Tataran Sintaksis dalam Penulisan Insya’. <em>`A Jamiy</em><em> </em><em>: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab</em>. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.220-229.2023</p> <p>Sholikhah, M., & Ammar, F. M. (2023). Insya’ Muwajjah Approach for Arabic Writing in Elementary School. <em>Indonesian Journal of Education Methods Development</em>. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i4.783</p> <p>Syafe’i, I., Fauziah, N. N. P., & Azizah, Z. (2022). Tahlīl Al-Akhtā’ Al-Sharfiyyah wa Al-Nahwiyya fī Al-Kitāb Al-‘Arabiyyah Li Dars Al-Insyā.’ <em>Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban</em>. https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17383</p> <p>Syamsyiyah, M., & Qosim, M. N. (2023). Ṣuʿūbāt Ạl-Taʿallum fī Mahārāt Ạl-Qirā-āt wā Al-Kitābah allatî Tuwājihuhā Ṭhālibāt Qism Al-I’dād Ạl-lughawi bi Jāmiʿah Ạl Rāyah wa Thuruq ’Ilājihā. <em>Ukazh: Journal of Arabic Studies</em>. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.735</p> <p>Ulfah, Y. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Di Pusat Studi Bahasa Asing (Psba): Problematika Dan Solusinya. <em>Insya: Journal of Arabic Studies</em>, <em>1</em>(1), 45–54. https://ejournal.kalamnusantara.org/index.php/insya/article/view/17%0Ahttps://ejournal.kalamnusantara.org/index.php/insya/article/download/17/6</p> <p>Yusuf, J., Alhafidz, A. Z., & Luthfi, M. F. (2019). Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah. <em>An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab</em>, <em>21</em>(02), 203. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1683</p> <p>Zarkasyi, A. (2016). Manajemen Mutu Peningkatandaya Saing Lulusan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren. <em>Qolamuna</em><em> </em><em>: Jurnal Studi Islam</em>, <em>19</em>(5), 1–23.</p>2024-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Al-Ahruf (Journal for Arabic and Linguistics Education)