Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Menjaring Siswa Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program Madrasah Bertaraf Internasional Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto

Authors

  • Fauzi Anwar MA Miftahul Ulum Plus Banyuputih Kidul Lumajang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap penerapan strategi, hambatan dan cara yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dalam menjaring siswa adalah: Strategi segmentasi pasar, Strategi positioning, Strategi promosi, Strategi pelayanan sekolah dan Strategi produk. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam penerapan pemasaran jasa pendidikan adalah: Persaingan antar lembaga yang semakin menguat, minimnya dana dalam pemasaran jasa pendidikan. Sedangkan cara mengatasi hambatan dalam penerapan startegi pemasaran jasa pendidikan adalah:  Mengesave beberapa anggaran yang tidak diperlukan, Meningkatan pelayanan dan meningkatkan kualitas capaian.

References

Abrori, Maskub. 2015. “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda”, Jurnal Syamil, Vol. 3, No. 2.

Alma, Buchari & Ratih Hurriyati. 2009. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Bahtiar Irianto, Yoyon. 2011. Modul Pemasaran Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, Ara & Imam Machali. 2016. The Handbook of Education Managment: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Muhaimin. 2012. Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Pesantren), Cet. Ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rais, Muhammad. 2013. Manajemen Marketing Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: ANDI.

Wijaya, David. 2008. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jakarta: BPK Penabur.

Published

2022-01-04