PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK
Keywords:
Pelatihan, Kompetensi, PrestasiAbstract
Dalam tulisan ini mendeskripsikan program pelatihan untuk guru yang ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Banyak kontribusi yang didapatkan melalui pelatihan sehingga berpengaruh terhadap kualitas proses pemberian pendidikan terhadap peserta didik. Semakin berkualitas pembelajaran yang diberikan terhadap peserta didik, maka akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang berkualitas pula. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan materi-materi yang sifatnya ilmiah. Teknik
analisa data menggunakan teknik analisa isi dengan tujuan untuk memperoleh simpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efektifitas sebuah sekolah. Pelatihan memberi kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press
Nurul Hikmah, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa di
Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol.
No. 2, December 2019,h.40.
Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru,h. 61
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2004. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Hamalik, Oemar 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara, Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmah, Nurul. 2019. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an
Hadis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan
Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 4. No. 2, December
Mu’awanah. 2004. ‘Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu Blitar’, Realita, 1 (Januari 2004).
Muhmmad Rakib dkk. 2016. ‘Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru: Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi’. Ad’ministrare. Vol. 3
No. 2
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja
Rosdkarya
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Panggabean, Mutiara S.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia
Payong, Marselus R. 2011 Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika dan
Implementasinya. Jakarta: Indeks
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Rosyid dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara Soedjipto,dkk. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suhendra dan Mardhiah Hayati. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UIN Jakarta Press
Suyanto & Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group
Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Gravindo
Persada