PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Authors

  • Nurul Iflaha Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang
  • Imaniar mahmuda Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang
  • Ismatul Rofi’a Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Pelatihan, Kompetensi, Prestasi

Abstract

Dalam   tulisan   ini   mendeskripsikan   program   pelatihan   untuk   guru   yang ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Banyak kontribusi yang didapatkan melalui pelatihan sehingga berpengaruh terhadap kualitas proses pemberian pendidikan terhadap peserta didik. Semakin berkualitas pembelajaran yang diberikan terhadap peserta didik, maka akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang berkualitas pula. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan materi-materi yang sifatnya ilmiah. Teknik

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                       

 

analisa  data  menggunakan  teknik  analisa  isi  dengan  tujuan  untuk  memperoleh simpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efektifitas sebuah sekolah. Pelatihan memberi kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Nurul Hikmah, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa di

Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol.

No. 2, December 2019,h.40.

Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru,h. 61

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2004. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Hamalik, Oemar 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara, Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hikmah, Nurul. 2019. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an

Hadis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan

Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 4. No. 2, December

Mu’awanah. 2004. ‘Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu Blitar’, Realita, 1 (Januari 2004).

Muhmmad Rakib dkk. 2016. ‘Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru: Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi’. Ad’ministrare. Vol. 3

No. 2

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja

Rosdkarya

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Panggabean, Mutiara S.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia

Payong, Marselus R. 2011 Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika dan

Implementasinya. Jakarta: Indeks

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Rosyid dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara Soedjipto,dkk. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suhendra dan Mardhiah Hayati. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UIN Jakarta Press

Suyanto & Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group

Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Gravindo

Persada

Downloads

Published

2025-07-20