Analisis Implementasi Transformasi Pelayanan Berbasis Digital Lembaga Keuangan Mikro Syari'ah (Studi Kasus BMT UGT Sidogiri)

Authors

  • Ahmad Khoiri Magister Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Jawa Timur, Indonesia
  • Sulistyowati Magister Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i2.1376

Keywords:

Transformasi Pelayanan, Digital, BMT

Abstract

Fenomena teknologi telah masuk kesegala bidang dan aspek kehidupan manusia tidak terkecuali bidang keuangan, yang dalam hal ini lebih kita kenal dengan digital economics. Hal itu menjadi konsekuensi yang terjadi akibat adanya revolusi industri 4.0. BMT UGT Sidogiri sebagai lembaga keuangan mikro syariah harus terus berupaya mengikuti perkembangan teknologi informasi. BMT UGT Sidogiri memahami bahwa inovasi dan transformasi digital sangat diperlukan di era modern untuk dapat memberikan layanan berkualitas berbasis teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan implementasi transformasi layanan berbasis digital di BMT UGT Sidogiri. Perwujudan Transformasi Layanan Berbasis Digital dari BMT UGT Sidogiri yaitu dengan hadirnya aplikasi UGT Mobile. Mobile UGT adalah fasilitas pelayanan berbasis digital bagi anggota BMT UGT Sidogiri yang memiliki Smartphone untuk untuk dapat mengakese informasi terkait BMT UGT Sidogiri, selain itu anggota juga bisa melakukan transaksi finansial maupun non finansial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, F. (2021). Analisis Strategi Pelayanan BMT UGT Sidogiri Capem Sokobanah Dalam Menghadapi Persaingan. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, Issue 2). https://journal.actual-insight.com/index.php/investasi

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 195–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311

Asmuni, M. T. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 3310–3316.

Baihaqi, A. M. (2007). Pedoman pendirian, pembinaan dan pengawasan LKM BMT Lembaga Keuangan Mikro Baitul Maal wat Tamwil. Laznaz BMT.

Bakhri, S., rofiq, A., & Faizun, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi Mobile Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Terhadap Lembaga Keuangan Mikro Syariah. https://doi.org/https://doi.org/10.55757/tasharruf.v3i2.208

Dani, M. A. (2015). Upaya Meningkatkan Likuiditas Lembaga Keuangan Mikro Syariah Melalui Sistem Pengoperasian Jasa Dan Sistem Penyampaian Jasa (Studi Kasus Pada Bmt Ugt Sidogiri Cabang Pembantu Bulak Surabaya). El-Qist, 5(1). http://www.depkop.go.id

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Dz., A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2813

Fauzi, M., & Darussalam, A. (2021). Digitalisasi Baitul Maal Wa Tamwil: Upaya Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19. Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2). https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-7592-203X

Hardi, E. A. (2020). Daya Tahan Baitul Mal Wat Tamwil Dalam Arus Revolusi Industri 4.0. Ekono Insentif, 14(2), 77–90. https://doi.org/10.36787/jei.v14i2.218

Khairunnisa, I., Mukhsin, M., & Roni, A. (2022). Strategi Keberlanjutan Baitul Maal Wat Tamwil Di Kota Yogyakarta Dengan Metode Analytical Network Process. Al-Intaj, 8(1).

Mukarromah, M., & Widana, I. O. (2021). Pengaruh Minat Anggota Terhadap Perkembangan BMT UGT Sidogiri Cabang Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 467. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1498

Nasir Tajul Aripin, Nur Fatwa, & Mulawarman Hannase. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29–45. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9362

Nazwirman. (2008). Peranan Lembaga Keuangan Mikro Berbasis Teknologi Informasi Dalam Mengembangkan Usaha Mikro. Journal The WINNERS, 9(2), 124–134.

Nugroho, L., Lubis, C., Fitrijanti, T., & Sukmadilaga, C. (2020). Peluang Pengusaha Mikro dan Kecil (UMK) Menggunakan Layanan Digital Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Al-Qardh, 5(1).

Rustariyuni, S. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Koperasi di Provinsi Bali Di Masa Pandemi Covid-19. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(2), 153–162. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i2.922

Sulistiyowati, Sri Rahayu, Y., & Darun Naja, C. (2023). Penerapan Artificial Intelligence Sebagai Inovasi Di Era Disrupsi Dalam Mengurangi Resiko Lembaga Keuangan Mikro Syariah. WADIAH: Jurnal Perbankan Syariah, 7(2), 117–142. https://doi.org/10.30762/wadiah

Syukur, Mat. & Fauzi, Anas M. & Rachmawati, D. (2003). Bunga rampai lembaga keuangan mikro. Bogor : Business Innovation Center of Indonesia bekerjasama dengan Kantor Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Tripalupi., R. I. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 : Bagaimana Sumber Daya Manusia Di Lkms? JOEL: Journal of Educational and Language Research, , 1(7), 775–786. https://doi.org/https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/1470

Wakhida Candra, A., Wardhana, B., Dwi Retno, E., Monika, L., Ngulfa, N., & Sari Rahayu, R. (2021). Transformasi Model Bisnis Baitul Maal Wal Tamwil Melalui Design Model Patform. AT-TAWASSUTH:Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 266–277.

Yaddarabullah, Hasbullah, M. S., & Nugraha, D. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Pembiayaan Pada Bmt-Ugt Sidogiri Cabang Parung-Bogor. Incomtech, 3(2).

Yin, R. K. (2006). Studi kasus : desain & metode. RajaGrafindo Perkasa.

Published

2023-09-26

Issue

Section

Articles