Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UKM Sate Khas Madura
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i2.1378Keywords:
Etika bisnis islam, Usaha mikro kecilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana konsep dan penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan oleh bapak Azez selaku pemilik warung sate khas madura yang berada di Desa Randumerak Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep etika bisnis Islam serta bagaimana implementasinya bagi para pelaku usaha kecil menengah dan usaha kecil menengah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan menggunakan studi lapangan dan menganalisis konsep yang dilakukan oleh pelaku usaha sate khas madura yaitu milik bapak Azez. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penerapan yang dilakukan oleh bapak Azez dalam bisnis syariah Islam di bidang usaha kecil dan menengah sate khas madura. Hasilnya menunjukkan bahwa usaha warung sate khas madura milik bapak Azez yang berada di Desa Randumerak menerapkan perilaku etika bisnis Islam baik dari pengusaha untuk di terapkan di bidang bisnisnya. Dalam melakukan penerapan kegiatan pemasaran pelaku usaha telah memahami dan mengimplementasikan prinsip atau nilai-nilai Islam dengan berlandaskan kepada sumber Al-Qur’an dan Hadits.
Downloads
References
Ali Yafie, Ahmad Sukaraja, Muhammad Amin Suma, dkk. (2008). Ensiklopedia Hukum Pidana Islam. Jakarta: Karisma Ilmu.
Wahid, Aziz Ansori dkk. (2013). Instrumentasi Laboratorium Klinik. Bandung: Anggunmeka Luhur.
Alyas, Rakib Muhammad. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatanekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros. Jurnal ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Bekum, Rafik Isa. (2004). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bertens, Rollad. (2000). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Djakfar, M. (2012). Etika bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta : Penebar Plus.
Emawati. (2007). Analisis Kelayakan Finansial Industri Tahu (Studi Kasus: Usaha Dagang Tahu Bintaro, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten). Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.
Fauroni, Lukman. (2003). Rekonstruksi Etika Bisnis: Persepektif Al-Qur’an. IQTISAD Journal of Islamic Economics. 4 (1).
Harahap, Sofyan Syafari. (2013). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Persada, Jakarta.
Keraf. (1998). Etika Bisnis (Tuntutan dan Relevansinya). Yogyakarta: Kanisius.
Naqvi, S. N. H. (1997). The Dimensions of an Islamic Economic Model. Islamic Economic Studies. 4 (2). Retrieved from http://www.irti.org/English/Research/Documents/IES/128.pdf
Muhammad. (2009). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Manulang. (2002). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muhammad. (2004). Etika bisnis Islam. Yogyakarta, Indonesia: UPP AMP YKPN.
Ratih, I. S., Ridho, Z., & Aisyah, S. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Manajemen Bisnis Kuliner. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 1(2), 173–187. https://doi.org/10.55210/arribhu.v1i2.494
Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi MasyarakatEkonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i2.1401
Rosyadi, M. F. (2012). Pengaruh etika bisnis Islam terhadap customer retention (Studi kasus pada Bank BPD DIY cabang syariah). UIN Sunan Kali Jaga (Undergraduate Thesis). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/10594/
Rudjito. (2003). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Strategi Bisnis, Makalah yang Disampaikan Pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI.
Saifullah, M. (2011). Etika bisnis Islami dalam praktik bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 19 (1). 127–156. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.215.
Setiadi, F., & Kasmiruddin. (2014). Analisis penerapan etika pada bisnis jasa akomodasi sebagai suatu strategi mempertahankan pelanggan (Kasus pada Surya Hotel Duri). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. 1 (1). 1–12. Retrieved from http://jom. unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2144
Sunariani, Ni Nyoman, A A N Oka Suryadinatha Gorda, and Ida IDM Rai Mahaputra. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 2 (1) : 221-36. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/149.
Shihab, M. Q. (2011). Bisnis Sukses Dunia Akhirat. Ciputat: Indonesia Lentera Hati.
Tambunan, T. T. H. (2002). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : Beberapa Isu Penting. Jakarta : PT. Salemba Empat Patria.