Implementasi Peran Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) dalam Upaya Pengembangan UMKM di lndonesia (Studi Pada UMKM Di Kabupaten Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v3i1.1747Keywords:
PINBUK, BMT, UMKMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi peran Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) dalam upaya pengembangan UMKM di Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini didasarkan pada keberadaan PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) secara umum. Hasil dari penelitian ini adalah inkubasi bisnis perguruan tinggi sebagai bagian dari PINBUK perannya tidak dapat dipisahkan dalam hal pengembangan UMKM di Kabupaten Kediri. Keberadaan inkubasi bisnis perguruan tinggi ini telah memberikan peran sebagai fasilitator bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Kediri dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan bantuan kepada UMKM dalam mencari sumber pendanaan agar UMKM dapat mengakses dana tersebut untuk mengembangkan usahanya.
Downloads
References
Astoko, E. P., & Helilusiatiningsih, N. (2022). Strategi pemasaran produk olahan agribisnis nanas anggota koperasi langgeng mulyo desa ngancar kecamatan ngancar, kediri. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 7(1), 79–84.
Atmaja, S. (2023). Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi (Mentoring Model for Food Sector of SMEs through Business Incubator of University). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(01), 70–85. https://doi.org/10.47080/jmb.v5i01.2490
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603
Habibi, I., Irawati, T., Helilusiatiningsih, N., & Soenyoto, E. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Kapasitas Usaha Klasterisasi Pengolahan Buah Nanas Menjadi Sari Buah dan Selai Nanas. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 717–723. https://doi.org/10.21067/jpm.v6i2.5624
Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Heri, S. (2003). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah; Deskripsi dan Ilustrasi (1 ed.). Ekononesia.
Herianingrum, S., Rusmita, S. A., & Rani, L. N. (2022). Diversitas Marketing dengan Praktek SEO pada Produk Bisnis di Pondok Pesantren Ploso, Mojo Kediri. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 69. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.6923
Hubeis, M. (2009). Prospek Usaha Kecil Dalam Waddah Inkubator Bisnis (1 ed.). Ghalia Indonesia.
Prakoso, S. T., Amalina, N., Erikawati, C., Aisah, N., & Danuari, A. (2023). Manajemen Pengetahuan Bisnis dalam Transformasi Digital Sebagai Sinergi Internal Process Collaboration. Remik, 7(1), 775–783. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12156
Syariah, E., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan. 07(01), 1–7.
Wanita, N., & Mubakkirah, F. (2018). Implementasi Peran Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) Dalam Upaya Pengembangan Kopsyah Bmt Di Sulawesi Tengah. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, 12(1), 141–174. https://doi.org/10.24239/blc.v12i1.339
Wibawa, R. P., & Anggitaria, N. R. (2020). Kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. Equilibria Pendidilan, 5(1), 16–25. http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan
Winahyu, N., Agustin, F., & Angesti, S. D. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan pada UMKM Produk Olahan Nanas di Desa Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), 368–375. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.8.3.368-375