Eksistensi E-Commerce Menurut Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i2.628Keywords:
Jual Beli, E-Commerce, Perspektif Islam, PerdaganganAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi perilaku hidup masyarakat, salah satunya yaitu perubahan perilaku masyarakat. Perubahan perilaku masyarakat dalam bidang ekonomi dapat dilihat dari meningkatnya angka pengguna e-commerce. Indonesia mengalami peningkatan 10 kali lipat dengan penambahan pelanggan baru yang mencapai lebih dari 50% selama pandemi. Kementrian Keuangan Republik Indonesia melaporkan peningkatan nilai transaksi e-commerce yang mencapai 77,766 triliun yangmana mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi e-commerce menurut perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada ayat atau dalil khusus yang secara eksplisit melarang transaksi e-commerce. Transaksi e-commerce tidak dilarang apabila tetap mengikuti syarat yang berlaku dalam Islam dan tidak meninggalkan kewajiban sebagai seorang muslim. Transaksi dalam e-commerce selaras dengan akad yang berlaku dalam Islam yaitu akad bai’ as-salam, bai’ al- Istishna’, dan ba’i al muajjal. Disisi lain terdapat unsur yang harus diperhatikan dalam transaksi e-commerce diantaranya riba, gharar, penipuan, paksaan, maisir, dan haram. Beberapa unsur larangan dalam perdagangan Islam pernah terjadi sebelumnya namun tidak terjadi secara menyeluruh melainkan bersifat kasus individual. Sehingga membutuhkan kehati-hatian untuk menghindar dari unsur terlarang yang sebelumnya pernah terjadi agar tetap sesuai dengan syarat Islam.
Downloads
References
Aedy, H. (2011). Teori dan Aplikasi Etik Bisnis Islam. Alfabeta.
Ayyub, M. (2009). Understanding Islamic Finance. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=WpBeDwAAQBAJ
Dianari, R. G. F. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Bina Ekonomi, 22(1).
Faulidi, H. (2004). Transaksi Bisnis Ecommerce. Magistra Insani.
Fauzi, S. N., & Primasari, L. (2017). Tindak Pidana Penipuan Dalam Transaksi di Situs Jual Beli Online (E-Commerce). Recidive, 6(3), 31–48. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf
Ferdinand, N. (2021). Prinsip Perniagaan Menurut Islam : Sebuah Tinjauan Fiqih Untuk Muamalah Kontemporer. Al Misbah, 2(1), 62–28.
Goel, R. (2007). E-Commerce. New Age International (P) Limited. https://books.google.co.id/books?id=Ap27K-6v1xUC
Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, 6(November), 95–112.
Karyati, I. P. (2019). E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Bppk. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/#
Lidwina, A., & Bayu, D. J. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia | Databoks. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia
Manzoor, A. (2010). E-commerce: An Introduction. Lambert Academic Publishing. https://books.google.co.id/books?id=MwEB8LuK0P0C
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227
Nurlela. (2021). E-Commerce, Solusi di Tengah Pandemi COVID-19 Nurlela. Simki Economic, 4(1), 47–56. https://jiped.org/index.php/JSE
Rayport, J. F., & Jaworski, B. J. (2004). Introduction to E-commerce. McGraw-Hill/Irwin marketspaceU. https://books.google.co.id/books?id=HZ-fPwAACAAJ
Sabiq, S. (2006). Fiqh Sunnah. Pena Pundi Aksara.
Setyaningrum, P. M. (2020). Pengguna E-Commerce Indonesia Terbesar di Dunia, CIPS: Sayangnya, Perlindungan Konsumennya Minim. In Wartaekonomi.Co.Id (p. 1).
Siddiqi, M. N. (1999). Kegiatan Ekonomi dalam Islam (Vol. 11). Bumi Aksara.
Suhendi, H. (1997). Fiqh Muamalah. Raja Grafindo Persada.
Zainul, N., Osman, F., & Mazlan, S. H. (2004). E-Commerce from an Islamic perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 3(3), 280–293. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2004.01.002
Zheng, Q. (2009). Introduction to E-commerce. In Introduction to E-commerce: , ISBN 978-3-540-49644-1. Springer-Verlag Berlin Heidelberg, 2009. https://doi.org/10.1007/978-3-540-49645-8