Analisis Strategi Marketing Mix Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Toko Al-Ikhwan Di Kabupaten Lumajang

Authors

  • Mohammad Sholehuddin Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang Jawa Timur Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i2.631

Keywords:

Marketing Mix, Kepuasan Konsumen, Ekonomi Islam, Koperasi

Abstract

Dalam ilmu marketing tujuan utama perusahaan atau produsen adalah menciptakan pelanggan. Dalam hal ini diyakini bahwa pelanggan akan memperkirakan tawaran mana yang akan memberikan nilai paling besar. Kemampuan atau kegagalan suatu tawaran pemasaran akan berdampak terakiat kepuasan pelanggan dan akhirnya berdampak juga terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing mix Islam dalam menciptakan kepuasan konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang dan menganalisis implementasi marketing mix Islam dalam menciptakan loyalitas  konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Paparan/temuan data dan pembahasan penelitian disajikan pada bab keempat dan kelima. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode interview, observasi, dan domentasi data yang relevan dan valid. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. strategi marketing mix Islam dalam menciptakan kepuasan konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang, a) Produk, harus mutlak halal. b) Harga, pengambilan keuntungan yang wajar dan larangan melakukan ghabn (membeli dengan harga tinggi). c) Tempat, pemilihan lokasi usaha yang strategis. d) Promosi, mengedepankan prinsip akhlak.  2. Implementasi marketing mix Islam dalam menciptakan loyalitas konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang, a) Produk, harus mengandung kemaslahatan. b) Harga, larangan dalam persaingan harga antara penjual. c) Tempat, larangan penimbunan (Ihtikar). d) Promosi,  larangan melakukan penipuan (tadlis).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Renika Cipta.

Daniel, C. M., & Gate, R. (2001). Riset Pemasaran Kontemporer. Salemba.

Djunaidi, F. G. (2020). Analisis Faktor- Faklor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Minyak Kayu Putih pada Ketel Walbarua di Desa Ubung. Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=x8b4DwAAQBAJ

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merk. Qiara Media.

Hadi, A., & Haryono. (1998). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=MEnGDwAAQBAJ

Hashim, N., & Hamzah, M. I. (2014). 7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 155–159. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.019

Hery. (2012). Rahasia Cermat dan Mahir Menganalisis Laporan Keuangan. Grasindo.

Kartajaya, H. (2012). Selling eith Character the Principles. Gramedia Pustaka Utama.

Kartono. (1996). Pengantar Metode Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, N. (1989). MetodologiPenelitianKualitatif. RakaSerasih.

Pogorelova, E. V., Yakhneeva, I. V., Agafonova, A. N., & Prokubovskaya, A. O. (2016). Marketing mix for e-commerce. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14), 6744–6759.

Prakkasi, I. (2020). Pemasaran Syari’ah Era Digital. Lindan Bestari.

Rahman, F. (2012). Peran Faktor Situasional dan Perilaku Pembelian Impulsif. Universitas Brawijaya Press.

Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa (studi kasus bagaimana Rumah Sakit mengelola loyalitas pelanggannya). In Jurnsl FE Universitas Kristen Petra Surabaya (Vol. 1, Issue 2, pp. 53–64).

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. UB Press.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In CV. Alfabeta, Bandung.

Suwardi. (2011). Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Semarang: Politeknik Negeri Semarang. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora., Vol. 11(1)(1), 51–58.

Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 71–94. https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Zainal, V. R. (2017). Islamic Marketing Managemen. Bumi Aksara.

Published

2022-07-13

Issue

Section

Articles