Altruisme Masyarakat Indonesia melalui Platform Crowdfunding di Kitabisa.com
DOI:
https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i1.953Keywords:
Altruisme, Crowdfunding, FilantropiAbstract
Penelitian ini tentang Altruisme Masyarakat Indonesia melalui platform crowdfunding. Data Badan Pusat Statistik (BPS) masyarakat miskin di Indonesia pada tahun 2022 berjumlah 25,67 juta jiwa. Fakta ini menyatakan bahwa masih banyak masyarakat yang hidup kekurangan dan memerlukan bantuan dari lingkungan sekitar. Upaya mengatasi permasalahan ini selaras dengan pertumbuhan lembaga filantropi berbasis digital salah satunya Kitabisa.com. Kebaruan penelitian ini untuk mengetahui lembaga filantrofi berupa platform crowdfunding diatas yang mampu menjaga dan memelihara nilai-nilai altruisme masyarakat Indonesia melalui keberadaan program-programnya. Metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif dan content analysis serta fokus kajian pada bidang karya kreatif dan modal usaha. Temuan dan hasil pembahasan menjelaskan bahwa Perilaku altruisme masyarakat cenderung ditujukan kepada usaha mikro sebagai wujud empati bagi sesama dan perilaku altruisme masyarakat dipengaruhi oleh ide kreatif yang ditawarkan Kitabisa.com melalui promosi di media sosial, sehingga para donatur tertarik dan berdonasi.
Downloads
References
Amalina, R. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Media Sosial Terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Via Platform Crowdfunding Kitabisa …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7710
Arini, M. D., & Masykur, A. M. (2020). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Altruisme Pada Siswa Kelas Viii Smp Eka Sakti Semarang. Jurnal EMPATI, 9(5), 356–362. https://doi.org/10.14710/empati.2020.29253
Avisha, A., Charina, A., Noor, T. I., & Mukti, G. W. (2019). Crowdfunding Sebagai Akses Alternatif Permodalan Berbasis Teknologi Digital Pada Kegiatan Pertanian (Studi Kasus Di Pt Crowde Membangun Bangsa). MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.25157/ma.v5i1.1571
Bakti, Y. P., Pranata, R. I., & Rijal Anwar, M. S. (2021). Sistem Investasi Equity Crowdfunding Pada Umkm Di Indonesia Studi Pada Platform Bizhare Pt. Investasi Digital Nusantara. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 309. https://doi.org/10.24252/assets.v11i2.20956
Batson, C. D. (2011). Altruism in Humans. Oxford University Press. https://books.google.co.id/books?id=b4fJWzJRnPkC
Birch, T. D. (1998). An Analysis of Adam Smith’s Theory of Charity and the Problems of the Poor. Eastern Economic Journal, 24(1).
Brown, T. E., Boon, E., & Pitt, L. F. (2017). Seeking Funding in Order to Sell: Crowdfunding as a Marketing Tool. Business Horizons, 60(2), 189–195. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2016.11.004
Budd, R. W., Thorp, R. K., & Donohew, L. (1967). Content Analysis of Communications. Macmillan. https://books.google.co.ke/books?id=dWpbAAAAMAAJ
Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1990). Psychology of Adjustment and Human Relationships. McGraw-Hill.
Fitts, J. H. (2020). Genealogy of the Fitts Or Fitz Family in America. Salzwasser-Verlag GmbH. https://books.google.co.id/books?id=76zdDwAAQBAJ
Fuadah, Z. (2021). Eksplorasi Nilai Altruisme dan Praktik Filantropi Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimas Islam, 14(2), 459–483. https://doi.org/10.37302/jbi.v14i2.431
Hasna, S., & Irwansyah. (2019). Pengaruh Inovasi Crowdfunding Terhadap Keputusan Berdonasi. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i2.2719
Hidayat, K. A. S., & Pandjaitan, N. K. (2021). Resiliensi Komunitas Miskin di Pedesaan Menghadapi Pandemi Covid-19 (Kasus: Kampung Nyalindung, Desa Sukamantri, Kabupaten Bogor). Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 5(4), 536–546.
Indriana, Satila, H. T., Alwi, B. D., & Fikri, M. (2022). Fintech Equity Crowdfunding Syariah Sebagai Solusi Akses Permodalan UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 10(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v10i1.13142
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.
Melina, G. G., Grashinta, A., & Vinaya, V. (2020). Resiliensi dan Altruisme pada Relawan Bencana Alam. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.24854/jpu1
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.
Nadler, A. (2020). Social Psychology of Helping Relations: Solidarity and Hierarchy. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=f5m-DwAAQBAJ
Nugroho, A. Y., & Rachmaniyah, F. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding Di Indonesia. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 34. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.254
Nurmalita, L. (2020). Kebijakan Equity Crowdfunding Dalam Rangka Inovasi Pendanaan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Airlangga Journal of Innovation Management, 1(1), 115. https://doi.org/10.20473/ajim.v1i1.20179
Rosalina, Handojo, A., & Wibowo, A. (2012). Aplikasi Crowdfunding Sebagai Perantara Penggalangan Dana Berbasis Website dan Facebook Application. Komputer, 2(Jaringan Komputer), 1–5.
Sadri, A. (2019). Anteseden Kepercayaan dan Implikasinya terhadap Perilaku Tenaga Profesional pada Wakaf Tunai. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 2(2), 153–163. https://doi.org/10.31334/transparansi.v2i2.621
Salam, N. (2020). Layanan Urun Dana (Equity Crowdfunding) Perspektif Ekonomi Islam [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/8783/1/UPLOAD THESIS - 212116030.pdf
Syafrin, K. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Alturisme pada Relawan Sedekah Rombongan Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Wimmer, R., & Dominick, J. (2013). Mass Media Research : An Introduction. Cengage Learning, 47(2), 47–36.