Teologi Pendidikan Islam: Telaah Dimensi Spiritual Dalam Kompetensi Guru

Authors

  • Sarkowi universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang

Keywords:

Teologi, Pendidikan Islam, Kompetensi Spiritualitas, Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan kajian tentang teologi pendidikan Islam: telaah dimensi spiritualitas dalam kompetensi guru. Objek kajiannya pada kontekstualisasi pesan-pesan Tuhan dalam aspek komptensi spiritual pendidik dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis menggunakan metode content analysis terhadap sumber kepustakaan yang berisi teks/tulisan yang dijadikan sumber penelitian dalam rangka menarik kesimpulan mengenai dimensi spiritual dalam kompetensi guru melalui telaah dalam lingkup bahasan pada aspek teologi pendidikan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pemahaman mengenai teologi pendidikan menghendaki adanya usaha kontekstualisasi pesan-pesan Tuhan dalam teks ajaran-ajaran agama dalam wilayah kajian pendidikan untuk menjawab persoalan-persoalan pendidikan yang tidak pernah habis-habisnya, khususnya pada kajian Guru sebagai komponen utama dalam Pendidikan, dalam aspek kopetensi spiritual sebagai kompetensi tambahan dari kompetensi lainnya dalam upaya melahirkan pendidikan yang efektif, baik organisasinya maupun substansi dan proses pembelajarannya dalam dimensi keyakinan, perilaku atau akhlak, pengalaman, pengetahuan dan kosekuensi atau akibat.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles