Komunikasi Orang Tua Peserta Didik Dan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sman 3 Lumajang

Authors

  • Jasuli Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.1017

Keywords:

Guru, Komunikasi, Orang Tua Siswa, Pandemi

Abstract

Salah satu kunci sukses terlaksananya proses pembelajaran pada saat
pandemi covid-19 adalah komunikasi intensif antara guru dan orang tua
siswa. Sebab tanpa adanya komunikasi akan terjadi kendala karena siswa
sekolah dasar masih perlu bimbingan guru dan juga orang tua. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi guru dan orang tua
siswa dalam optimalisasi pembelajaran pada masa pandemi di SMAN 3
Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
fenomenologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode wawancara.Untuk menguji keabsahaan data yang diperoleh,
peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil
penelitian ini adalah:1) Komunikasi guru dan orang tua siswa di SMAN 3
Lumajang pada masa pandemi covid 19 dalam melaksanakan proses belajar
mengajar menggunakan program guru sambang yakni menyambangi rumah-
rumah siswa guna melaksanakan proses pembelajaran. Selain itu komunikasi
antara guru dan orang tua siswa adalah membentuk grup whatsapp untuk
setiap kelas.2) Kendala atau tantangan yang dihadapi guru dan orang tua
saat pandemic covid-19 adalah keterbatasan dalam menggunakan
handphone, bertambahnya pengeluaran dikarenakan harus membeli kuota,
dan ketersediaan jaringan/singal internet.

Author Biography

Jasuli, Universitas Islam Jember

Universitas Islam Jember

References

Baharuddin. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang

Aceh Jaya. Jurnal AL-IJTIMAIYYAH: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1), 105–123.

Budi, R. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Jurnal Pendidikan (I, Vol. 2, Issue 2). KRETAKUPA Print Makassar.

Candra, & Sakban, A. (2017). Hubungan Antara Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 LabuapiLombok Barat. JUPE Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 82–86.

Fauzi, I. (2019). Etika Profesi Keguruan. In IAIN Jember Press (II). IAIN Jember Press.

Kulsum, D. U. (2015). Optimalisasi Penggunaan Buku Teks Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Di SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 117–128.

Kusumawati, N. M. (2017). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 1(3), 197.

Lestari, P. (2018). Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 85–104.

Ma`arif, M. A. (n.d.). Optimalisasi Pembelajaranpendidikan Islam di Sekolah/Madrasah: Upaya dan Faktor Penghambat Pembelajaran Pendidikan Islam. Falasifa, 8(2), 271–290.

Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi,3(2),168–173.

Matondang, Z. (2010). Mengoptimalkan Mutu Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas. Jurnal Character Building.

Megawati, M., & Kahar, F. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dengan Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Office, 3(1), 33.

Nasional, P. B. D. P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Pusat Bahasa (Vol. 4, Issue 3).

Nazarudin, M. (2018). Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang.Intizar, 24(2), 9–6.

Prayoga, A. G., Benty, D. D. N., & Kusumaningrum, D. E. (2017). Kerjasama guru dan orang tua dalam peningkatan budi pekerti pesera didik di SDI Plus Al Minhaaj Wates Kediri. Digital Repository Universitas Negeri Malang.

Pusitaningtyas, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(1), 935–942. Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Meidawati, S., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.

Sardjiyo. (2016). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Wujud Inovasi Belajar Yang Bermakna Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik (Kasus Pembelajaran di SDN X Kabupaten Bandung). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 593–607.

Sari, H. M., Ninghardjanti, P., & Susilowati, T. (2013). Komunikasi Guru Dengan Siswa dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2(1).

Sarie, F. N. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Edmodo Bagi Peserta DidikSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 249–254.

Siolemba, A. S. (2016). KOORDINASI BERBASIS MEDIA SOSIAL ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGAWASAN PEMBELAJARAN SISWA ( Studi Kasus : SMP Kristen Satya Wacana Salatiga ). Artikel Ilmiah Repository UKSW.

Syukri Fathudin Achmad Widodo, W. J. (1970). Upaya Dosen Dalam Optimalisasi Pembelajaran Ditinjau Dari Heterogenitas Karakteristik Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Zaini, A. (2013). Optimalisasi Ketercapaian Standar Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN Pamekasan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8.

Published

2021-12-30