PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN QUR'AN HADITS MELALUI REMEDIAL TEACHING
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i2.1270Keywords:
Remedial Teaching, Prestasi Belajar, Qur’an HaditsAbstract
Dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran khususnya kepada siswa yang mengalami
kesulitan belajar atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari suatu pelajaran Agama dalam
Kurikulum Berbasis Kompetensi dicantumkan pada Pendidikan Agama Islam yang salah satunya mata
pelajarannya adalah Qur’an Hadits yang berisi tentang pemahaman tentang kaidah-kaidah ilmu
Tajwid bacaan Al-Qur’an dan Hadits-Hadits pilihan yang menjadi materi dalam pelajaran di Madrasah
Tsanawiyah. Madrasah Tsanawiyah Al Alawiyah Sukorambi Jembersebagai lembaga pendidikan yang
tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan dan belajar siswa dan peran serta dari semua pihak,
maka Madrasah Tsanawiyah di nobatkan sebagai Madrasah terbaik tingkat nasional. Penelitian
terhadap Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar ini, dimaksudkan untuk
mengetahui sejauh mana pelaksanaan konsep Remedial Teaching di Mts Al Alawiyah Jember. Dengan
tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Analisa deskriptif
merupakan alat analisa untuk menggambarkan bagaimana obyek penelitian, yaitu pelaksanaan
Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Agar
hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan langkah sebagai berikut:
pertama, reduksi data yaitu pemilihan, pemusatan data “kasar” yang diperoleh dari lapangan agar
data yang diperoleh valid, kedua penyajian data yaitu mengumpulkan informasi yang diperoleh
dengan memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. ketiga,
verifikasi yaitu penarikan kesimpulan yang merupakan analisis data puncak. Dengan menggunakan
metode penelitian seperti yang dijelaskan diatas, maka hasil penelitian tentang Remedial Teaching
dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits sudah berjalan dengan baik.
Akan tetapi tidak semua guru menerapkan Remedial Teaching dalam pembelajaran Qur’an Hadits
yaitu pada kelas 3 yang belum sepenuhnya menggunakan KBK. Dan pada guru yang mengajar dikelas
VII dan VIII sudah mulai menerapkan Remedial Teaching. Melihat proses tersebut terus berjalan, maka
secara umum pelaksanaan Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar di Mts Al
Alawiyah Jember dapat dikategorikan berjalan dengan baik
References
Agama, Departemen 1992. Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ali,Moh,. 1987. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Bumi Aksara,
Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineke Cipta
Ary, Donal et. Al. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan, Terjemahan Arif Furchan,Surabaya:
Usaha Nasional
Burhanuddin, Dkk. 2003. Manajemen Pendidikan Analisis Subtantif dan Aplikasinya dalam
Institusi Pendidikan.. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II. 1991 Jakarta:
Balai Pustaka, 1991
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. 1994. Jakarta: Depdikbud
Djamarah, Saiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. 1994. Surabaya: Usaha Nasional
Gagne, Robert M. Prinsip-prinsip Belajar, 1988. Surabaya: Usaha Nasional
Hadi, Sutrisno Metodologi Research I, 1989 Cet XXI, Yogyakarta: PT. Andi Offset,
Yogyakarta
Hamalik, Oemar . 1983. Metoda Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Hamid, Hasan. 1986. Buku Materi Pokok Evaluasi Hasil Pengajaran IPS dan Pengajaran
Remedial. Jakarta: Karunika
Ischac S.W. 1982. Program Remidial Dalam Proses Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Penerbit
Liberty
Mappa, Syamsu dan Baslem, Anisah. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Depdikbud
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaimin, dkk, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media
Mulyadi, 2003. Dignosis dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Malang: Shefa
Mulyasa,E. Manajemen Berbasis Sekolah. 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
N.K, Roestiyah. 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2002. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, S. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars
Natawijdaya, Rochman. 1980. Pengajaran Remedial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan
Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remadja
Karya
Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Strauss, Anselm dkk 1997. Dasar-dasar Penelitian kualitatif. Terjemahan.. Djunaidi Ghony.
Surabaya: PT. Bina Offset
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodiq 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
| Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 02 No. 02 (2023)
Available online at https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin
Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar
.Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Wijaya, Cece. 1996. Pendidikan Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia.
Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Yusuf, Nurhayati. 2004. Implementasi Program Remedial dan Pengaruhnya terhadap Hasil
Belajar PAI, Nizamia, 7