ANALISIS KURIKULUM INTEGRASI PESANTREN AL-AZHAR DALAM PEMBAHARUAN METODE YANBU’A UNTUK MENINGKATKAN SANTRI TAHFIDZ AL-QUR’AN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL-AZHAR KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER
Keywords:
Pembaharuan, Kurikulum integrasi, pesantrenAbstract
Pesantren atau mashur disebut dengan pondok pesantren merupakan lembaga
bidang keagamaan, yang bergerak di pendidikan dan transformasi serta mengembangkan
dan menyebarkan ilmu agama Islam. Pesantren adalah suatu lembaga yang bergerak di
bidang pendidikan, maka dengan perkembangan tuntutan zaman untuk memperbaharui
system pendidikan ialah keniscayaan agar menjadi sebuah institusi pendidikan modern yang
siap berkompetisi dan siap bersaing ditingkat kabupaten, nasional hingga intrenasional
dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Oleh karena itu, eksistensi pesantren masa
depan sangat ditentukan oleh kemampuan yang berintegrasi secara kultural dan sistem,
dengan mempunyai relasi yang kuat, rasional, dinamis, dan kompetitif.
Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang Analisis Kurikulum Integrasi Pesantren
Al-Azhar dalam Pembaharuan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan santri Tahfidz Al-Qur’an
di Raudhatul Athfal (RA) Al-azhar Kecamatan Ajung kabupaten jember. Fokus masalah yang
akan diteliti adalah tentang Bagaimana konsep kurikulum integrasi Pesantren Al-Azhar dalam
Menggunakan pembharuan metode Yanbu’a untuk meningkatkan meningkatkan Santri
Tahfidz Al-Qur’an di Raudhatul Athfal (RA) Al-azhar dan Implementasi Strategi pembharuan
metode Yanbu’a dalam meningkatkan Santri Tahfidz Al-Qur’an di Raudhatul Athfal (RA) Alazhar Kec. Ajung Kab. Jember. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kasus individu
dan analisis data lintas kasus. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kredibiltas
data, dependabilitas, konfirmabilitas.
References
Abidin. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika,
Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Romdhoni. 2013. Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara.
Alim, M. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian
Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Al-lamah al-Raghib al-Asfahaniy,tt. Mufradat al-Fadz alQur‟an
Asnawan, “Integrasi Pendidikan Formal dan Pendidikan Diniyah Salafiyah Terhadap Santri
Assunniyyah Kencong Jember Sebagai Antisipasi Ouput Pesantren Di Era Regulasi
Pendidikan Nasional ”, Falasifa, Vol. 7, No. 1, (Maret, 2016), 71
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI 2019. Moderasi Beragama / oleh Badan
Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. Cet. Pertama. - Jakarta:
Kementerian Agama RI,
Cahya Ning Lintang & Muhammad Ja’far Luthfi, “Kuliah dan Nyantri Sebagai Penerapan Visi
Integrasi Interkoneksi”, Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains,
Vol. 2, (Maret, 2020), 276
Clay, M. M. 2016. Change over time in children’s literacy development. Porthsmouth:
Heinemann dalam Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Desain Induk
Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzan, “Urgensi Kurikulum Integrasi Di Pondok Pesantren Dalam Membentuk Manusia
Berkualitas“,Fikrotuna, Vol. 6, No. 2, (Desember 2017), 604
Gumilar Rusliwa Somantri 2015. ‘Memahami Metode Penelitian Kualitatif’, Sosial Humaniora,
Hamid Darmadi, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), 19.
Husniyatus Salamah Zainiyati, “Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN
Maliki Malang”, Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Vol. 18 No. 1 (Juni, 2014), 155
Imam Taulabi, “Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Sekolah”, Tribakti, Vol. 24, No.2,
(2013), 24
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa (Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2011), 56
John W. Creswell, 2017. Qualitative Inquiry and Reseacrh Design : Choosing Among Five
Traditions, Sage Publication (London: (Thousand Oaks, London, and New Delhi: Sage
Publication,
John W. Creswell, I.
Jordan Tovera Salvador, ‘Exploring Quantitative and Qualitative Methodologies : A Guide to
Novice Nursing Researchers’, 12.18 (2016), 107–22
<https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n18p107>.
Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Budaya dan
Kewargaan. Kemendikbud: Jakarta.
Kementerian Agama RI, 2019. Moderasi Beragama, Balitbang Kementerian Agama RI.
Kern. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Lexy J. 2005. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Lukman Hakim Saifuddin. 2019. Moderasi Beragama, (Jakarta: Kementrian Agama RI.
Mohammad Mulyadi, ‘Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar
Menggabungkannya’, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15.1 (2013), 128
<https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106>.
Muhammad , Husein. 1999. Kontroversi Aswaja: Aula Perdebatan dan Reinterpretasi
(Yogyakarta: LKiS).
Muhammad , Tholhah Hasan. 2005. Islam dalam Perspektif Sosio Kultural. Jakarta: Lanta Bora
Press.
Muhammad Munif & Hasan Baharun, “Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren: Menggagas
Interkoneksi Agama Dan Sains”, Jurnal Penelitian, Vol. 12, No. 1 (2018), 149-150
Muksin, “Mencetak Sarjana Muslim Kaffah Lewat Pendidikan Pesantren Kampus”, Al-Ibroh,
Vol. 1, No.2, (Desember 2016), 116
Mulyadi.
Nasirudin, 2002. Akhlak Pendidik (Upaya Membentuk Kompetensi Spiritual Sosial), Semarang:
Karya Abadi Jaya.
Poerwadarminta,W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai
Pustaka.
Siti Ayami Choliyah dan Muhammad Mas’ud, “Peningkatan Prestasi Belajar Membaca AlQur’an dengan Metode Yanbu’a”, Mudarrisa, 2 (Desember, 2015), 161.
Siti Ayamil Choliyah, Muhammad Mas‟ud, Peningkatan Prestasi Belajar Membaca al-Qur‟an
dengan Metode Yanbu‟a, No. 2, (2015), 160
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitattif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Mohammad Mulyadi, ‘Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar
Menggabungkannya’, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15.1 (2013), 128
<https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106>.
Sulfemi, Wahyu Bagja.2018 Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan
Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Sumardi Suryabarata. 1998. Metodologi Penelitian Jakarta: Rajagrafindo
Syuhada, “Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Pendidikan Madrasah: Kasus di
Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru”, Tesis, UIN Alauddin Makassar, (2016), 14
Syuhada, “Integrasi Sistem Pendidikan”, 16
Tim Penyusun Kementerian Agama Indonesia. 201`9. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan
Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.
Uhammad bin Ahmad al-Anshori al-Qurthubi, al-Jami’ al- ahkam al-Qur’an, (Mesir: Dar alKutub, tt.
Ulin Nuha Arwani, Dkk, Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Al-Qur‟an (Bimbngan Cara
Mengajar) (Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu‟ul Qur‟an Kudus, 2004),
Ulin Nuha Arwani, dkk, Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Al-Qur‟a Juz 5 (Kudus: Pondok
Tahfidh Yanbu‟ul Qur‟an, 2006), iv
Umar Shihab 2005. Kontekstualitas Al-Qur’an, Cet. III. Jakarta: Penamadani
Wulan. 2021 Pengembangan Model Literasi Keluarga Berbasis Simplifikasi Cerita Rakyat.
Sleman: Cv Pena Persada.
Yusuf Qaradhawi, 1997. “Wasatiyyah al-Islam Dalam Islam Moderate Legislation for Progressive
Nation, Terj. Ahmad Umar Hisyam&Muhammad Higab” (Cairo: al-Azhar)
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, (Jakarta: LP3S,
, 86
Zetty Azizatun Ni’mah , “Formulasi Model Pengembangan Pendidikan Islam: Kajian Integrasi
Madrasah, Sekolah Dan Perguruan Tinggi Dengan Pesantren “,Didaktika Religia, Vol.
, No. 1, (Tahun 2016), 233