MODEL INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i1.1697Keywords:
Pesantren PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai keajegan (istiqomah) dalam upaya memperkuat moderasi beragama para santri Miftahul Ulum Kabupaten Lumajang. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif untuk menyelidiki aspek-aspek yang ada dalam lingkungan alamiah, dan berusaha untuk mengartikan fenomena tersebut Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa tahapan analisis data yaitu tahap kondensasi, tahap penyajian data, membuat kesimpulan sementara dan kegiatan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan; Pondok Pesantren Miftahul Ulum menginternalisasi nilai moderasi beragama berbasis pada proses pembelajar dilaksanakan dalam empat bentuk; ; a) menetapkan tujuan dan materi pembelajaran moderasi sesuaia ideologi aswaja, b) memilih metode pembelajaran yang bersifat inklusif, c) melalui kegiatan ekstrakurikuler dan d) melalui Pembiasaan dalam Kegiatan Keagamaan. Keempat bentuk internalisasi nilai moderasi beragama dalam penguatan sikap moderasi santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang berisi tentang konsep iman, islam, dan ihsan yang kemudian termanifestasi dalam pembelajaran moderasi beragama
References
Asis, Abdul, A. Riawarda, and Rukman Abdul Rahman Said, ‘Implementasi Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Di SMP Negeri 3 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja’, Palita: Journal of Social Religion Research, 8.1 (2023), 97–108 <https://doi.org/10.24256/pal.v8i1.3229>
Awaluddin, A Fajar, ‘Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al-Quran’, Jurnal Al-Wajid, 2.1 (2021), 379–89
Fauzi, Ahmad, and Ika Wahyu Pradipta, ‘Research Methods and Data Analysis Techniques in Education’, JPBI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4.2 (2018), 123–34 <https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889>
Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25 <https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702>
Harmi, Hendra, ‘Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7.2 (2022), 228 <https://doi.org/10.29210/30031757000>
Kolachi, Nadir Ali, and Abu Zar Wajidi, ‘The Role Of Qualitative Research In Productivity’, Journal of Business & Economics Research (JBER), 5.11 (2017), 77–84 <https://doi.org/10.19030/jber.v5i11.2608>
Najmi, Hayatun, ‘Pendidikan Moderasi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik’, Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9.1 (2023), 17–25 <https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2067>
Pelu, H, and N Nur, ‘Penerapan Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah’, Educandum, 8.2 (2022), 246 <https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/888%0Ahttps://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/download/888/459>
Prasetio, Dicky Eko, ‘Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur’, JSG: Jurnal Sang Guru, 11.1 (2022), 28 <https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index>
Rahman, Md Shidur, ‘Pendekatan Dan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian’, Journal of Education and Learning, 6.1 (2016), 102 <https://doi.org/10.5539/jel.v6n1p102>
Rahmi, Naila, Abdul Gani, and Jamora Nasution, ‘Penguatan Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PKN Di MIN 7 Kota Medan’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12.2 (2023), 1929–44 <https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4457>
Richey, Rita C., and James D. Klein, ‘Developmental Research Methods: Creating Knowledge from Instructional Design and Development Practice’, Journal of Computing in Higher Education, 16.2 (2015), 23–38 <https://doi.org/10.1007/BF02961473>
Saefuddin, Acep, Cecep Sumarna, and Abdul Rozak, ‘Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Di Abad 21’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2.6 (2023), 11–17 <https://doi.org/10.5281/zenodo.7769740>
Sakiratuka, Amalia Anis, Ahmad Shofiyuddin, and Ahmad Muthi’uddin, ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 5 Bojonegoro’, AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 5.2 (2023) <https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2132>
Shofyan, Ahmad, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.2 (2022), 126–40 <https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24>
Wiguna, Ida Bagus Alit Arta, and Ida Ayu Made Yuni Andari, ‘Moderasi Beragama Solusi Hidup Rukun Di Indonesia’, Widya Sandhi Jurnal Kajian Agama Sosial Dan Budaya, 14.1 (2023), 40–54 <https://doi.org/10.53977/ws.v14i1.949>
Williams, Carrie, ‘Metode Penelitian; Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif’, Journal of Business & Economic Research, 5.3 (2015), 81–82 <https://doi.org/10.1007/978-3-319-10906-0_5>