PRINSIP DAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i2.1709Keywords:
Prinsip, Pendekatan, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Pengertian Prinsip
Pengembangan Kurikulum, (2) Bagaimana Prinsip Umum dan Prinsip Khusus Pengembangan
Kurikulum, (3) Bagaimana Pengertian Pendekatan Pengembangan Kurikulum, (4) Bagaimana
Pendekatan-Pendekatan Pengembangan Kurikulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif menggunakan metode studi kepustakaan. Prinsip pengembangan kurikulum adalah
suatu dasar yang mengatur sebuah proses pembelajaran yang dapat memberikan kondisi
belajar yang lebih efektif dan efisien. Prinsip pengembangan kurikulum dibagi menjadi dua
kelompok, yakni prinsip umum dan prinsip khusus. Pendekatan pengembangan kurikulum
adalah sudut pandang seseorang untuk melihat suatu proses untuk memaksimalkan
pelaksanaan kurikulum dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan pemerintah
melalui kurikulum setelah dilaksanakan dalam waktu tertentu. Pendekatan Pengembangan
Kurikulum menjelaskan bahwa setidaknya ada 4 pendekatan dalam pengembangan kurikulum
yakni Pendekatan Subyek Akademis, Pendekatan Humanistik, Pendekatan Teknologis,
Pendekatan Rekontruksi Sosial.
References
Abdullah Idi, 2010, “Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik”, (Jogjakarta: Ar
Ruzz)
Asmariani, 2020 “Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif
Islam”, (Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban)
Dakir, 2010, “Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum”, (Jakarta: Bumi
Aksara)
Fitroh, 2011, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dan Strategi
Pencapaian”, Studia Informatika: (Jurnal Sistem Informasi 4)
Hendyat Soetopo and Wasty Soemanto, 1986, “Pembinaan Dan Pengembangan
Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan”, (Jakarta: Bina Aksara)
Muhaimin, 2010, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,
Madrasah dan Perguruan Tinggi”, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)
Muhammad Zaini, 2009, “Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi
Evaluasi dan Inovasi”, (Yogyakarta: Teras)
Nasution. “Kurikulum dan Pengajaran”, (Bandung: PT. Bumi Aksara)
Oemar Hamalik, 2008, “Manajemen Pengembangan Kurikulum”,(Bandung:
Remaja Rosdakarya)
Oemar Hamalik, 2009 “Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum”, (Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya)
Rosichin Mansur, 2016, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan),” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
, No. 2
Sukmadinata, N.S “Pengembangan Kurikulum teori dan Praktek”, (Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya)
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2013, “Kurikulum &
Pembelajaran”, (Jakarta: Rajawali Pers)
Wahyuni, Fitri. 2016 “Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan
Kurikulum Pendidikan Di Indonesia)” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan.
Zainal Arifin, 2015, “Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum”, (Bandung:
Remaja Rosdakary