PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Authors

  • Nurul Iflaha STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Imaniar Mahmuda STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Ismatul Rofi’a Mahasiswi STAI Miftahul Ulum Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i2.1886

Keywords:

Kompetensi, Prestasi, Pelatihan

Abstract

Dalam tulisan ini mendeskripsikan program pelatihan untuk guru yang
ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran. Banyak kontribusi yang didapatkan melalui
pelatihan sehingga berpengaruh terhadap kualitas proses pemberian pendidikan
terhadap peserta didik. Semakin berkualitas pembelajaran yang diberikan terhadap
peserta didik, maka akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang berkualitas
pula. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan teknik
pengumpulan data melalui pengumpulan materi-materi yang sifatnya ilmiah. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa isi dengan tujuan untuk memperoleh
simpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh
yang sangat signifikan terhadap efektifitas sebuah sekolah. Pelatihan memberi
kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap
baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi
belajar siswa.

References

Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2004. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara,

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hikmah, Nurul. 2019. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an

Hadis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan

Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 4. No. 2, December

Mu’awanah. 2004. ‘Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi

Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu

Blitar’, Realita, 1 (Januari 2004).

Muhmmad Rakib dkk. 2016. ‘Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap

Profesionalitas Guru: Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar

Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi’. Ad’ministrare. Vol. 3

No. 2

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja

Rosdkarya

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana

Panggabean, Mutiara S.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia

Payong, Marselus R. 2011 Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika dan

Implementasinya. Jakarta: Indeks

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rosyid dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara

Soedjipto,dkk. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suhendra dan Mardhiah Hayati. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UIN

Jakarta Press

Suyanto & Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group

Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Gravindo

Persada

Downloads

Published

2024-06-30