PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i2.1886Keywords:
Kompetensi, Prestasi, PelatihanAbstract
Dalam tulisan ini mendeskripsikan program pelatihan untuk guru yang
ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran. Banyak kontribusi yang didapatkan melalui
pelatihan sehingga berpengaruh terhadap kualitas proses pemberian pendidikan
terhadap peserta didik. Semakin berkualitas pembelajaran yang diberikan terhadap
peserta didik, maka akan menghasilkan prestasi belajar peserta didik yang berkualitas
pula. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan teknik
pengumpulan data melalui pengumpulan materi-materi yang sifatnya ilmiah. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa isi dengan tujuan untuk memperoleh
simpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh
yang sangat signifikan terhadap efektifitas sebuah sekolah. Pelatihan memberi
kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap
baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi
belajar siswa.
References
Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2004. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara,
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmah, Nurul. 2019. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an
Hadis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Madani Alaudin, Jurnal Lentera Pendidikan
Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 4. No. 2, December
Mu’awanah. 2004. ‘Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi
Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu
Blitar’, Realita, 1 (Januari 2004).
Muhmmad Rakib dkk. 2016. ‘Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap
Profesionalitas Guru: Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar
Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi’. Ad’ministrare. Vol. 3
No. 2
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja
Rosdkarya
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana
Panggabean, Mutiara S.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia
Payong, Marselus R. 2011 Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika dan
Implementasinya. Jakarta: Indeks
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rosyid dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara
Soedjipto,dkk. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suhendra dan Mardhiah Hayati. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UIN
Jakarta Press
Suyanto & Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group
Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Gravindo
Persada