PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDA’IYAH
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v4i1.2125Keywords:
Media Sosial, Youtube, Pembelajaran, SKIAbstract
Penelitian ini melatar belakangi tentang YouTube sebagai platform berbagi video yang
populer, sangat mudah diakses oleh siswa dan guru. Penggunaan video yang menarik dan
interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama generasi muda yang akrab
dengan teknologi. Konsep-konsep abstrak dalam SKI dapat divisualisasikan dengan lebih baik
melalui video, sehingga memudahkan pemahaman siswa. YouTube menyediakan beragam
konten pembelajaran SKI, sehingga siswa dapat mengakses materi kapan saja dan di mana
saja. Video dapat memicu diskusi dan aktivitas belajar yang lebih aktif di kelas.Tujuan
72 | Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 04 No. 01 (2024)
Availableonlineat https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin
penelitian ini adalah : (1)Menganalisis pengaruh pemanfaatan YouTube terhadap motivasi
belajar siswa dalam mata pelajaran SKI.(2)Mengetahui tingkat efektivitas YouTube dalam
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI.(3)Mengidentifikasi kendala yang
dihadapi dalam pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran SKI.Metode penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dan penelitian kualitatif deskriptif, serta cara mengumpulkan
data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta guru dan siswa.Hasil penelitian ini : (1)
Meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar SKI karena
materi disajikan dengan menarik dan interaktif.(2)Adanya Kendala Teknis: Akses internet yang
terbatas, kualitas video yang kurang baik, dan kurangnya literasi digital siswa menjadi
kendala.(3)Peran Guru yang Penting: Peran guru sangat penting dalam memilih video yang
relevan, membimbing siswa dalam menggunakan YouTube, dan mengelola diskusi kelas.
References
Beno, J, A.P Silen, and M Yanti. 2022. “Analisis struktur antara dua variabel untuk indikator
terkait kesehatan.” Braz Dent J. 33 (1): 1–12.
Hasmar, Abdul Haris. 2020. “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di
Madrasah.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10 (1): 15–33.
https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789.
Ida Atiqoh, Munawir, and Mas’Uliyyah. 2024. “Mimbar Kampius: Jurnal Pendidikan Dan Agama
Islam Penggunaan Media Sosial Youtube Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 23:377–86.
https://doi.org/10.17467/mk.v23i1.4384.
Kurniawati, Luthfiyah. 2022. “DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP
PERILAKU NEGATIF ANAK (Studi Kasus Pada SDN 2 SUMBAWA).” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial
Dan Pendidikan) 6 (2): 2585–92. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3154.
Mardhiyah, Ainaul, Munawir Munawir, and Suraiyyah Nailisaadah. 2023. “Pengaruh
Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap
Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah 6 (2): 400–408. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.528.
Nursobah, Ahmad, Program Studi Pgmi, Fakultas Tarbiyah, and Iain Madura. 2021.
“PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH.” Jurnal Pgmi 13 (2): 76–85.
| Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol. 04 No. 01 (2024)
Availableonlineat https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin
Prima, Hary. 2019. “Sistem Informasi Pemasaran Dan Manajemen Pada Pt. Citra Mandiri Dwi
Pratama Berbasis Web.” Jurnal Penelitian Dosen Fikom (UNDA) 10 (2).
Suharsono, Jatra Putra, and Dwi Nurahman. 2024. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media
Peningkatan Pelayanan Dan Informasi.” Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 7 (1):
–304. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i1.3157.
Syurgawi, Amalia, and Muhammad Yusuf. 2020. “Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam.” Journal of Islamic Education 4 (2): 173–92.
Utama, Abdul Alimun. 2013. “DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN
SUMBAWA TAHUN 2005-2010 NASKAH PUBLIKASI.