STRATEGI SUPERVISOR DAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU MTs MIFTAHUL ULUM AL-AZIZI SUMBERBARU KAB.JEMBER

Authors

  • Farhanuddin Sholeh STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Muhamad Muslim STAI Miftahul Ulum Lumajang
  • Rahmawati STAI Miftahul Ulum Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i1.2353

Keywords:

Strategi pengawas, kepala sekolah, kualitas guru

Abstract

Semua pemangku kepentingan di lembaga pendidikan, terutama guru selama proses pembelajaran di kelas, bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas guru. Oleh karena itu, peningkatan kualitas guru menjadi sangat penting yang dipengaruhi oleh beberapa variabel, antara lain strategi pengawas dan strategi madrasah itu sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian tentang strategi pengawas dan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru di MTs Miftahul Ulum Al-Azizi Sumberbaru Jember. Kepala madrasah dan wakil kepala madrasah dan guru menjadi responden dalam penelitian ini. Metodologi penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Informasi dikumpulkan dengan cara observasi, diskusi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengawas dalam meningkatkan kualitas guru di MTs Miftahul Ulum Al-Azizi Sumberbaru Jember bisa mencapai hasil yang maksimal dalam menjalankan peranannya dalam pembelajaran. Pertama, segi kualifikasi, guru perlu memiliki kelayakan yang ditopang oleh kualitas diri yang unggul dan profesional. Kedua, segi kepribadian, guru perlu memiliki kepribadian yang tinggi, yang dilandasi dengan akhlak mulia. Ketiga, dari segi pembelajaran, guru perlu memahami ilmu teori dan praktik pendidikan dan kurikulum. Keempat, dari segi sosial, guru sebagai pendidik perlu memiliki kepekaan sosial dalam menghadapi fenomena sosial disekitarnya, karena guru adalah salah satu elemen masyarakat. Strategi Kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru di MTs Miftahul Ulum Al-Azizi Sumberbaru Jember dengan adanya strategi-strategi yang telah ditempuh oleh kepala mmadrasah MTs Miftahul Ulum Al-Azizi Sumberbaru Jember Jambi yang juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang terkait dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizi Sumberbaru Jember mempunyai kompetensi atau mutu yang sesuai dengan harapan, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

References

Anggun, F. (2019). Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Jurnal Nazhruna.

Brotosedjati, S. (2012). kinerja guru yang telah lulus sertifikasi guru dalam jabatan. Jurnal JMP.

Choir, A. (2019). urgensi manajemen pendidikan dalam pengembangan lembaga pendidikan islam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. J-PMI.

Disas, E. P. (2017). analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Fitri, O. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Jurnal Tadrib.

Fitria, H. (2019). upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal Abdimas.

Hadi, S. (2020). Model Pengembangan Mutu di Lembaga Pendidikan. Jurnal Pensa.

Haerullah. (2020). dimensi perkembangan pendidikan formal dan non formal. Jurnal Edukasi.

Ilyas, Y. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age.

Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Unigal.

Lase, f. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional, Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila. Jurnal JPB.

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muspiroh, N. (2015). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran,. Jurnal Eduesos.

Nursiah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal JTP.

Octavia, E. (2018). peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter disiplin siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Tambuleng. (2023). Studi Tentang Latar Belakang Pendidikan Guru Seni Budaya Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas X BKP SMK Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Upr.

UUD. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Profesi guru.

Veirissa, A. H. (2021). kualitas guru di Indonesia. Prosiding.

Wahyudi. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Abjad.

Wati, N. (2016). Penerapan Peran dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal PAI, 124.

Zakiah, N. E. (2022). program pengembangan e-learning sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional calon guru. Jurnal Abdimas.

Downloads

Published

2025-08-09