MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MTs RAUDATUL MUTAALLIMIN
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i1.2356Keywords:
Manajemen, Boarding School, Mutu PendidikanAbstract
Hasil tujuan penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) manajemen pondok pesantren dapat dilihat dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, 2) strategi yang ditempuh dalam meningkatkan mutu melalui program pondok pesantren, dan 3) faktor pendukung dan penghambat manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertempat di MTs Raudatul Mutaallimin Sumberbaru Jember, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode dan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teori Miles dan Hubberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan manajemen pondok pesantren di MTs Raudatul Mutaallimin Sumberbaru Jember, 2) penyelenggaraan pondok pesantren yang berada di bawah naungan MTs Raudatul Mutaallimin Sumberbaru Jember dengan struktur tersendiri dan sudah mempunyai tugas sesuai dengan surat keputusan kepala madrasah, 3) pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik dan berjalan lancar, 4) pengawasan dilakukan dengan penuh integritas dan terpadu oleh seluruh komponen sekolah.
References
Addinia Rizki Sabili1, H. W. (2019). Manajemen Kurikulum Ismuba Berbasis boarding School Di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Ta’allum J. Pendidik Islam, 3.
Ahmad Qodari, I. W. (2022). Analisis Implementasi Total Quality Manajemen dalam Memperbaiki Mutu Religius Siswa. Journal Of Administration and Educational Managemen, 2.
Andri Septilinda Susiyani, S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan TujuanPendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS)Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madarasah, 3.
Anggi Mantara, J. W. (2021). Pengembangan Kopetensi dan Motivasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. JurnaL Kependidikan Islam, 2.
Fera Yuliana, J. W. (2021). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulm 2013 untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA 8 Rejang Lebong. Jurnal Kependidikan Islam, 2.
Ferdinan, M. F. (2017). Peranan Manajemen Boarding School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.
Feti Iin Parlina, J. W. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Madarasah di MI 04 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madarasah Ibtidayah, 4.
Hakiem, A. (2021). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren Afadaa Boyolali . Media Manajemen Pendidikan, 387.
Hanafiah, M. H. (2019). Manajemen Boarding School Untuk Membina Karakter Peserta Didik SMA Di Kota Bandung. Media Nusantara, 61.
Muhamad Baedowi1, M. R. (2022). Manajemen Pembelajaran Boarding School. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 60.
Muhammad Yusuf Maimun, A. M. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding SchooL. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1209.
Nurhalim, I. (2017). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Kepemimpinanislami Dalam Manajemen Boarding School. Jurnal Pendidikan Islam, 164.
Rasidi, A. (2022). Manajemen Strategik Dan Boarding School Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren(Studi Kasus Di Ma Syaikh Zainuddin Nw Anjani). Jurnal Palapa, 146.
Samidjo, M. N. (2019). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madarasah Aliyah . Media Manajemen Pendidikan , 59-60.
Ulfiandi, I. Z. (2022). Manajemen Boarding School dalam Peningkatan Prestasi danKarakter Religius Siswa Ma’had Al- Qolam MAN 2 Kota Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 167.
Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3.
Warlizasusi, J. (2020). Kinerja Dewan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6