PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU MTs FATIHUL ULUM JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v3i1.2357Keywords:
Kepala Madrasah, Kualitas pembelajaran, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola tenaga pendidiknya agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kinerjanya di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah yang efektif melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu perencanaan program pembinaan kinerja guru, pengembangan strategi yang jelas, dan penjadwalan yang terintegrasi dengan kalender akademik sekolah. Kepala sekolah yang berhasil menerapkan manajemen ini secara konsisten mampu meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, pemberian penghargaan dan sanksi oleh kepala sekolah terbukti menjadi motivator yang efektif bagi guru untuk terus meningkatkan kinerjanya. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap literatur manajemen pendidikan dengan menyoroti pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui manajemen yang efektif.
References
Addinia Rizki Sabili1, H. W. (2019). Manajemen Kurikulum Ismuba Berbasis boarding School Di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Ta’allum J. Pendidik Islam, 3.
Abidin, M., Suriansyah, A., & Noorhapizah. (2022). Pengaruh Kinerja Manajemen Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Awayan. Jurnal Internasional Ilmu Sosial dan Penelitian Manusia, 5(12). Jurnal Everant. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i12-14
Agustina, M., Kristiawan, M., & Tobari, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Produktivitas Kerja Guru Farmasi Kejuruan di Indonesia. Jurnal Internasional Tinjauan Pendidikan, 3(1), 63-76. https://doi.org/10.33369/ijer.v3i1.11858
Akib, A., & Salnawati, S. (2022). Manajemen Kepala Madrasah: Upaya Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Swasta. Shautut Tarbiyah, 28(1), 19. https://doi.org/10.31332/str.v28i1.3129
Anglin, A. H., Kincaid, P. A., Short, J. C., & Allen, D. G. (2022). Teori Peran
Perspektif: Aplikasi Teori Peran di Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan dalam Penelitian Manajemen. Jurnal Manajemen, 48(6), 1469-1502.
https://doi.org/10.1177/01492063221081442
Aprianti, A., Suriansyah, A., & Syaifuddin, A. R. (2022). Hubungan Kurikulum Berbasis Lingkungan dan Kompetensi Pedagogis Guru dengan Kualitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Literasi di SMP Negeri di Kabupaten Banjarmasin Timur. Jurnal Internasional Ilmu Sosial dan Penelitian Manusia, 5(12). Jurnal Everant. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i12-04
Ardiansyah, R., Sunarso, A., & Nugroho, S. E. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Penghargaan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lunyuk dengan Disiplin Guru Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Internasional Penelitian dan Tinjauan, 10(11), 400-415. Galore Knowledge Publication PVT. Ltd. https://doi.org/10.52403/ijrr.20231148
Ariyani, D., & Zuhaery, M. (2021). Inovasi Kepala Sekolah dan Kepemimpinan Kewirausahaan untuk Membangun Lingkungan Belajar yang Positif. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa, 10(1), 63-74. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.63
David, L., & Weinstein, N. (2024). Menggunakan Teknologi untuk Membuat Pembelajaran Menjadi Menyenangkan: Pemanfaatan Teknologi Paling Baik Dijadikan Menyenangkan dan Menantang untuk Mengoptimalkan Motivasi dan Keterlibatan Intrinsik. European Journal of Psychology of Education, 39(2), 1441-1463. https://doi.org/10.1007/s10212-023-00734-0
DeMatthews, D. E., Serafini, A., & Watson, T. N. (2021). Memimpin Sekolah Inklusif: Persepsi, Praktik, dan Tantangan Kepala Sekolah untuk Perubahan yang Bermakna. Educational Administration Quarterly, 57(1), 3-48. https://doi.org/10.1177/0013161X20913897
Dutta, V., & Sahney, S. (2022). Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru, dan Prestasi Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 60(2), 148-166. https://doi.org/10.1108/JEA 01-2021-001
Faiz, H., Al-Amin, M. F., Mundiri, A., & Fahmi, A. (2023). Transformasi Kualitas Organisasi Melalui Pelatihan Administrasi yang Efektif. Communautaire: Jurnal Layanan Masyarakat, 2(2), 157-167. https://doi.org/10.61987/communautaire.v2i2.352
Fishbach, A., & Woolley, K. (2022). Struktur Motivasi Intrinsik. Tinjauan Tahunan Psikologi Organisasi dan Perilaku Organisasi, 9(1), 339-363. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012420-091122
Gunherani, D. (2023). Peningkatan Mutu Pembelajaran Sekolah Kejuruan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Studi Pembelajaran, 6(1), 152-159. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.58617
Hamengkubuwono. (2022). Model Manajemen Kepala Sekolah dalam Penjaminan Mutu di Sekolah Menengah Kejuruan. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3517-3526. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1200
Harry, J., Syaifuddin, & Faris, S. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Moderasi di SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. International Journal of Research And Review, 10(3), 43-51. Galore Knowledge Publication PVT. Ltd. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230307
Hartono, B. D., Fadilah, H., & Akbar, F. M. A. (2023). Kinerja Guru Sekolah Alam Cikeas: Analisis Kelincahan Belajar dan Budaya Kerja Selama Bekerja dari Rumah. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 3(3), 440-454. https://doi.org/10.59889/ijembis.v3i3.157
Hasibuan, S. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.33650/al tanzim.v6i1.3228
Hasriani, Rosma, & Kasmawat. (2023). Peran Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(2), 796-804. https://doi.org/10.57235/qistina.v2i2.714
Hayes, SD, & Burkett, JR (2021). Hampir Menjadi Kepala Sekolah: Pelatihan dan Pembinaan Asisten Kepala Sekolah untuk Kepemimpinan Tingkat Berikutnya. Jurnal Kepemimpinan Sekolah, 31(6), 502-525. https://doi.org/10.1177/1052684620912673
Islamiah, R., & Maulidiah, L. (2024). Membangun Fondasi yang Kuat, Kontribusi Manajemen Pendidikan terhadap Pendidikan Karakter dan Peningkatan Kualitas Lulusan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 244-257. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v3i3.26503
Jakavonytė-Staškuvienė, D., & Ignatavičiūtė, L. (2022). Pengalaman Mentor dan Guru Sekolah Dasar Pemula dalam Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Bersama Selama Periode Adaptasi Sekolah: Kasus Lithuania. Cogent Education, 9(1), 2070054. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2070054
Jeon, E.-Y. (2021). Apa yang Membuat Mereka Menjadi Guru Bahasa Inggris Terbaik? Analisis Penggunaan Strategi Motivasi Berdasarkan Model ARCS. Penelitian Pendidikan untuk Kebijakan dan Praktik, 20(3), 263-278. https://doi.org/10.1007/s10671-020-09279-1
Khotimah, H., Manshur, U., Zaini, A. W., & Suhermanto, S. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Manajemen Berbasis Madrasah. Manajemen: Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(1), 13-26.
Kilag, O. K., Tokong, C., Enriquez, B., Deiparine, J., Purisima, R., & Zamora, M.
(2023). Pemimpin Sekolah: Luasnya Pemberdayaan Manajemen dan Dampaknya terhadap Efektivitas Guru dan Sekolah. Excellencia: Jurnal Pendidikan Multidisiplin Internasional, 1(1), 127-140.
Köhler, T. (2024). Penelitian Kualitatif Multilevel: Wawasan dari Praktik. Jurnal Manajemen Eropa, Maret 2023. https://doi.org/10.1016/j.emj.2024.03.011
Liu, Y., Bellibaş, M. Ş., & Gümüş, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional dan Kepemimpinan Terdistribusi terhadap Efikasi Diri Guru dan Kepuasan Kerja: Peran Mediasi Budaya Sekolah yang Mendukung dan Kolaborasi Guru. Administrasi Manajemen Pendidikan & Kepemimpinan, 49(3), 430-453. https://doi.org/10.1177/1741143220910438
Marks, B., & Thomas, J. (2022). Adopsi Teknologi Realitas Virtual dalam Pendidikan Tinggi: Evaluasi Lima Semester Pengajaran di Laboratorium yang Dirancang Khusus. Teknologi Pendidikan dan Informasi, 27(1), 1287-1305. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10653-6
Moulida, C. W., Yusrizal, Y., & Niswanto, N. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di SMK Negeri. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan (Vol. 14, Edisi 1, hlm. 679-686). STAI Hubbulwathan Duri. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.545
Narisin, N., Murwani, F. D., & Sumanto, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah terhadap Implementasi Manajemen Melalui Kewirausahaan Profesionalisme Guru sebagai Variabel Moderator. Dalam International Journal of Business, Law, and Education (Vol. 4, Edisi 2, hlm. 1182-1195). Scientific Publications Community Inc. https://doi.org/10.56442/ijble.v4i2.314
Nasri, U. (2023). Eksplorasi Penelitian Kualitatif: Panduan Lengkap Metodologi Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 4(3), 72-85.
Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Permasalahan Penting dalam Menyusun Rencana Pelajaran Guru Kejuruan. Jurnal Internasional Evaluasi dan Penelitian dalam Pendidikan, 10(1), 345-354. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604
Pardosi, J., & Utari, T. I. (2022). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Prestasi Siswa. Dalam F1000Research (Vol. 10, hlm. 465). F1000 Research Ltd. https://doi.org/10.12688/f1000research.51549.2
Pratiwi, D. P. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MA Muhammadiyah Rejang Lebong. Jurnal Penjaminan Mutu Pendidikan Islam (JQAIE) (Vol. 2, Edisi 2, hlm. 87-98). IAIN Sorong. https://doi.org/10.47945/jqaie.v2i2.703
Prilianti, R., Sutarto, J., Yanto, H., & Prihatin, T. (2022). Menumbuhkan Kualitas Pembelajaran dengan E-Training, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Mujahadah. Jurnal Ilmu Pendidikan Siprus (Vol. 17, Edisi 10, hlm. 3682-3700). Birlesik Dunya Yenilik Arastirma Ve Yayincilik Merkezi. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i10.7315
Purwanto, A., & Wafa, A. (2023). Strategi Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Citra Perspektif Kontingensi Akomodasi. Managere: Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(3), 267-279.
Rahmah, A., Suriansyah, A., & Metroyadi. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran (Studi Multisitus SMKN 1 dan SMKN 4 Banjarmasin). Jurnal Pendidikan dan Manajemen K6 (Vol. 4, Edisi 3, hlm. 311-318). Galaxy Science. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.03.05
Ridlo, M. H., & Yanti, L. S. (2023). Meneliti Manajemen Holistik dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 10(2), 226-239.
Rosmawati, R., Sahir, S.H., Minan, K., & Susilawati, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Daruttaqwa Gresik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 11, Edisi 2).
Pers Al Hidayah. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2423 Rostini, D., Syam, R.Z.A., & Achmad, W. (2022). Signifikansi Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Mutu Pembelajaran. AL ISHLAH: Jurnal Pendidikan (Vol. 14, Issue 2, pp. 2513-2520). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1721
Sanjani, M. A. F. (2024). Dampak Kepala Sekolah terhadap Kualitas Lulusan Melalui Inisiatif Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen Pendidikan Riset, 3(1), 30-46. https://doi.org/10.61987/jemr.v3i1.347
Sari, R., Murniati, M., & Bahrun, B. (2023). Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah Riset. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan (15, 3). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.2499
Sartbaeva, G. P., & Ashiralieva, K. G. (2023). Kepala Sekolah Manajemen Kepala Sekolah Keputusan dan Sistem Manajemen Administrasi. Sains. Pendidikan. Teknik (Edisi 1, hlm. 83-87). Universitas Internasional Kirgistan-Uzbekistan Dinamai Setelah B.Sydykov. https://doi.org/10.54834/16945220_2023_1_83
Shengnan, L., & Hallinger, P. (2021). Membongkar Pengaruh Budaya terhadap Kepemimpinan Sekolah dan Pembelajaran Guru di Tiongkok. Manajemen Pendidikan Administrasi & Kepemimpinan, 49(2), 214-233. https://doi.org/10.1177/1741143219896042
Sirait, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Seluruh Kota Banjarbaru. J Adv Educ Philos, 5(12), 391-400.
Siregar, M. S. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Lhokseumawe Aceh Indonesia. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Layanan, 6(1), 104-112. https://doi.org/10.18282/hrms.v5i1.3340
Thornton, K. (2021). Memimpin Selama COVID-19: Kepala Sekolah Menengah Selandia Baru Menjelaskan Realitas Mereka. Administrasi Manajemen Pendidikan & Kepemimpinan, 49(3), 393-409. https://doi.org/10.1177/1741143220985110
Tono, S., Yusran, S., & Sahlan, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Teknologi Pendidikan (JLEET), 7(1), 42. Universitas Halu Oleo. https://doi.org/10.33772/jleet.v7i1.14665
Truman, S. E. (2023). Undisciplined: Research-Creation and What it May Offer (Traditional) Qualitative Research Methods. Qualitative Inquiry, 29(1), 95-104. https://doi.org/10.1177/10778004221098380
Ujianto, A. D. (2022). The Effect of Principal Management on Teacher Teaching Performance in Schools. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 353. STAIN Curup. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5326
Usman, O., & Pradipta, R. (2022). The Effect of Teacher Competence, Learning Motivation, and Family Environment on Students Learning Achievement in Strategic Management Course. Jurnal Elektronik SSRN. Elsevier BV. https://doi.org/10.2139/ssrn.4127188
Wahyu, Wahyu, & Soleh. (2022). Supervisi Akademik Guru terhadap Mutu Pembelajaran Melalui Kompetensi dan Motivasi Kerja Guru di SMA Negeri Terakreditasi A di Barito Kuala. Jurnal Internasional Ilmu Sosial dan Penelitian Manusia, 5(9). Jurnal Everant. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i9-52
Wartoni, Suseno, M., Akbar, M., & Arifin, A. (2023). Evaluasi Dampak Sistem Penjaminan Mutu Internal terhadap Mutu Pembelajaran Guru di Indonesia. Jurnal Teori dan Praktik Pendidikan Tinggi, 23(13). North American Business Press. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i13.6318
Zaini, AW (2023). Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
Melalui Kepemimpinan Sekolah yang Efektif. AFKARINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 12-24. https://doi.org/10.33650/afkarina.v8i1.5331
Zaini, M., Barnoto, B., & Ashari, A. (2023). Meningkatkan Kinerja Guru danMutu Pendidikan Melalui Kepemimpinan Kepala Madrasah. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 79-90. Perkumpulan Dosen Tarbiyah Islam, Indonesia. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i2.23
Zhang, X., Admiraal, W., & Saab, N. (2021). Motivasi Guru untuk Berpartisipasi dalam Pengembangan Profesional Berkelanjutan: Hubungan dengan Faktor-Faktor di Tingkat Pribadi dan Sekolah. Jurnal Pendidikan untuk Pengajaran, 47(5), 714-731. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1942804
Zuhdi, Z., Faridy, F., Hefny, H., & Fahmi, M. A. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Dukungan Manajemen dalam Menyusun Pertanyaan Penilaian Diri di Sekolah. Communautaire: Jurnal Layanan Masyarakat, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.61987/communautaire.v3i1.353