Strategi Pembelajaran Nubdzatul Bayan Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Di Lpi Maktuba Al-Majidiyah Palduding Plakpak Pegantenan Pamekasan

Authors

  • Lukman Hakim Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.383

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Memahami Kitab Kuning

Abstract

Sebuah keniscayaan bahwa pesantren tempat mendidik para santri, terutama dalam bidang pendidikan islam. Didalam pesantren ada beberapa elemen-elemen sebagai penunjang untuk mentransfer keilmuan ddenan berbagai macam studi keilmuan, seperti kehadiran madrasah diniyah sebagai sentral pendidikan islam yang ada di pesantren. Pembelajaran secara praktis tentang ilmu – ilmu keislaman yang dilaksanakan di madrasah diniyah dengan mengacu pada kitab- kitab klasik yang mana familiarnya disebut dengan (kitab kuning) karangan para salafus sholihin pada zaman dahulu yang merupakan hal yang jarang dijumpai pada lembaga – lembaga pendidikan lainnya. Menggunakan kitab kuning sebagai refrensi utama pada pembelajaran di madrasah diniyah, sebagai madrasah diniyah LPI MAKTUBA AL-MAJIDIYAH sangat memperhatikan dengan serius pembelajaran baca kitab kuning dengan prinsip supaya santri benar – benar berkualitas dan bisa membaca, memahami serta menginplementasi dari kitab kuning yang telah mereka pelajari.

Dalam praktek pendidikannya lembaga ini terbilang unik karena strategi pembelajarannya diatur sebagai berikut: (1) Membagi santri menjadi kelompok –kelompok kecil sehingga tercipta suasana belajar kondusif dan kompetitif. (2) Tempat belajar tidak menetap (kaku) mengikuti keinginan santri, dengan pengarahan dari ustad selain itu pembelajarannya menggunakan system klasikal yang di bagi kelompok-kelompok kecil dengan tempat yang tidak ditentukan sanksi bagi yang melanggar ketentuan atau peraturan dan secara berkala ada penganugrahan bagi santri tauladan.

References

Afandi, Ali. Budaya Mutu Pada Sekolah Unggulan SD Sabilillah Malang, Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2007.

Amir, M. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada. 1995.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta. 1998

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.Aslanik. 2002. Reformasi Sistem Pengajaran di Pondok Pesantren (Studi Kasus Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi). Skripsi. UIM Pamekasan. 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2006

Basrowi & Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. 2008

Depag RI. Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah / Penafsir al-Qur’an. 2003

Departemen Agama RI. 2001. Pola Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.

Departemen Agama RI. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Direktorat jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2003

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan dan Kebudayaan dan PT Rineka Cipta. 1999

El-Fadl, Khaled Abou. Musyawarah Buku Menyusuri Keindahan Islam dari Kitab ke Kitab. terj. Abdullah Ali. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.2002

Hadi, Sutrisno. Metodologi research I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM .1983

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2001

Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara. 1986

Kurniatul Fauziyah. “Aplikasi Psikologi dalam Pengembangan Sistem Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Pesantren Putri Al-Mubarok Merjosari Malang (Telaah Psikologi Pendidikan Tentang Metode Belajar Santri dalam Sistem Pendidikan dan Pengajaran), Skripsi, STAIN Pamekasan.2010

Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999 Tentang: GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) Tahun 1999-2004 Beserta Perubahan Pertama Undang-Undang Daasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 Beserta Susunan Kabinet Persatuan nasional Masa Bakti 1999-2004. Surabaya: Arkola.

Komaruddin dan Yooke Tjuparmah S. Komaruddin. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah (Jakarta: PT. Bumi Aksara), 2000

Mulia, Musdah. Tanpa Tahun. Kitab Kuning. Ensiklopedi Islam IV.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2006

Myers, Bugene A. Zaman Keemasan Islam, Para Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Barat. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru. 2003

Prasetyo, Eko. Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book. 2004

Risnawati, Ria. Pembaharuan Sistem Pondok Pesantren (Upaya Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi). Skripsi. STAI Al-Khairat Pamekasan.2005

Sastrawijaya, A Tresna. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.1991

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008

Siberman, Mel. Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject terj. H. Sardjuli dkk. Yogyakarta: Yappendis. 1996

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta. 1996

Tafsir, Ahmad. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda Karya. 1992

Published

2022-01-04