Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kompetensi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Guru Madrasah Aliyah Swasta Terakreditasi A Di Kabupaten Lumajang

Authors

  • Imam Zarkasi Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Miftahul Ulum
  • Rusgianto Prodi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dwi Cahyono Prodi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru, Kompetensi Kerja

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja dimediasi kompetensi kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian akan berkontribusi positif terhadap pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Terkakreditasi A Se-Kabupaten Lumajang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru tersertifikasi Madrasah Aliyah (MA) Swasta Terkareditasi A se-Kabupaten Lumajang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adal 101 orang guru yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan Struktural Equation Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi Warp PLS 7.0. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) semakin kuat motivasi kerja maka kinerja guru juga semakin tinggi; (2) semakin tinggi kepuasan kerja maka kinerja guru juga semakin tinggi; (3) semakin tinggi motivasi kerja maka kompetensi guru juga semakin kuat; (4) semakin tinggi kepuasan kerja maka kompetensi guru juga semakin tinggi; (5) semakin kuat kompetensi kerja maka kinerja guru juga semakin tinggi; (6) kompetensi kerja mampu menjadi variabel intervening dalam mempengaruhi kinerja guru dari pengaruh variabel motivasi kerja; (7) kompetensi kerja mampu menjadi variabel intervening dalam mempengaruhi kinerja guru dari pengaruh variabel kepuasan kerja.

Published

2022-01-04