Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam: Dari Kontemplasi Menuju Reorientasi

Authors

  • Siti Aisyah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang

Keywords:

Pendidikan Islam, Sistem, Reorientasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada sejarah perkembangan system penyelenggaraan pendidikan Islam dan tantangan yang dihadapinya di modern.  Objek kajiannya pada kontemlasi menuju aksi reorientasi pendidikan Islam dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis menggunakan metode content analysis terhadap sumber kepustakaan yang berisi teks/tulisan yang dijadikan sumber penelitian dalam rangka menarik kesimpulan mengenai reorientasi pendidikan Islam. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa reorientasi pendidikan Islam menjadi tanggung jawab moral bagi umat Islam khususnya para pakar Muslim untuk melakukan gerakan (sekurang-kurangnya semangat) orientasi baru pemikiran pendidikan Islam dalam rangka menjayakan kembali peradaban Islam.

References

Abdullah, AS., Educational Theory, Qur’anic Outlook, Umm Qurra’ University, Mekkah, 1982.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Theosentris ,Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2005.

Al-Syaibani, Oemar Muhamad Al-Toumy , Falsafah Pendidikan Islam, terj.,Bulan Bintang, Jakarata, 1979.

Arief, Armai , Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam ,Ciputat Press, Jakarta, 2002.

Azra, Azyumardi , Esai-Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam ,Jakarta, Logos,1999.

Buchori, Mochtar, Pendidikan Islam Indonesia, Prob¬lema Masa Kini dan Perspektif Masa Depan, Dalam Muntaha Azhari & Abd. Mun’im Saleh ,Ed.,, Islam Indonesia Menatap Masa Depan ,Jakarta, P3M, 1989.

Bukhari. No Hadits 6015; Kitab Riqaq; Bab. Raf’ul Amanah ,dalam Mausu’ah al- Hadits As-Syarif [CD-ROM], Versi 2.00 ,1991-1997,. Global Islamic Software Company.

Darajat, Z. , dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta1996.

Djumransjah, Pengantar Filsafat Pendidikan ,Malang, Bayu Media, 2004.

Ismail, SM, Paradigma Pendidikan Islam Naquib Al-Attas, dalam buku Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer ,Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1999.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, ,Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2002.

Karim, M. Rusli , Pendidikan Islam di Indonesia dalam Transformasi Sosial Budaya, dalam buku Islam di Indonesia anatara Cita dan fakta ,Yogyakarta, Tiara Wacana, 1991.

Maksum, Ali , Tasawuf Sebagai Pembebas Manusia Modern; Telaah Konsep Tradisional ,Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2003.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan islam ,Jakarta, Logos, 1999.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasarnya Operasionalnya ,Bandung, Trigenda Karya, 1993.

Muhaimin dkk., Paradigma Pendidika Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. ,Bandung, Remaja Rosdakarya, 2001.,

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam ,Surabaya, Pustaka Pelajar, 2003.

Munzir Hitami, Menggagas Kembali Pendidikan Islam, ,Yogyakarta, Infinite Press, 2004.

Musa, Muslih , Pendidikan Islam di Indonesia anatara Cita dan fakta ,Yogyakarta, Tiara Wacana, 1991.

Nasution, Harun , Pembaharuan Dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan gerakan, ,Jakata, Bulan Bintang,1975.

Nata, Abuddin , Sejarah Pendidikan Islam, ,Jakarta, PT. Raja Grafika Persada, 2004.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam ,Jakarta, Kalam Mulia, 2002.

Sanaky, Hujair AH. , Paradigma Pendidikan Islam, Membangun Masyarakat Madani Indonesia, ,Yogyakarta, Safaria Insani Press, 2003.

Siradj, Saiq Aqil , Membangun Martabat Bangsa Melalui Pendidikan, dalam buku, Horison Baru Pengembangan Pendidikan Islam ,Malang, UIN Press, 2004.

Syalaby, Ahmad , History of Muslim Education, ,Beirut, Dar-al-Kassyaf, 1954.

Syed M Al-Naquib Al-Attas, Konsep Pendidikan dalam Islam ,Bandung, Mizan, 1984.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2000.

Yunus, Mahmud , Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta, PT. Hidakarya Agung, 1992.

Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 1995.

Published

2022-01-04