PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK YATIM PIATU DI LKSA IZZATUL JANNAH SUKODONO LUMAJANG

Authors

  • Lukman Hakim Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.566

Keywords:

Dukungan Sosial, Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri

Abstract

Setiap individu mendambakan keberhasilan dalam hidupnya, namun kerap kali terhalang oleh karakter ketidakpercayaan diri. Dengan ketidakpercayaan diri, banyak sekali peluang keberhasilan tertutup untuknya. Individu yang percaya diri akan mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru, mempunyai pegangan hidup yang kuat, dan mampu mengembangkan potensinya. Ia juga sanggup belajar dan bekerja keras untuk mencapai kemajuan serta penuh keyakinan terhadap peran yang dijalaninya sehingga cenderung lebih mudah meraih keberhasilan.

Penelitian ini akan melihat: 1) Adakah pengaruh dukungan sosial terhadap kepercayaan diri anak yatim di LKSA Izzatul Jannah Sukodono Lumajang?; 2) Adakah pengaruh teman sebaya terhadap kepercayaan diri anak yatim di LKSA Izzatul Jannah Sukodono Lumajang?; 3) Adakah pengaruh secara simultan antara dukungan sosial dan teman sebaya terhadap kepercayaan diri anak yatim di LKSA Izzatul Jannah Sukodono Lumajang?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan atau metode kuantitatif korelasional.

Penelitian menunjukkan hasil bahwa 1) secara parsial variabel dukungan sosial berpengaruh terhdap kepercayaan diri dengan signifikansi t lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05, 2) secara parsial teman sebaya berpengaruh terhadap kepercayaan diri dengan signifikansi t lebih kecil dari 5% yaitu 0,006 < 0,05, 3) secara simultan variabel dukungan sosial dan teman sebaya berpengaruh secara bersama-sama dengan signifikansi 0,001 < 0,05.

References

A , Mappiare. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

A’yun, Liya Qurrotu. 2019. Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Excellent dan Reguler di MTsN 2 Kediri. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Kediri.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 1974. Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang

Data Dokumentasi Arsip LKSA Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.

Departemen Sosial. 1973. Bimbingan Kesejahteraan Keluarga dan Masyarakat, Jakarta: Direktorat Jenderal Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Masyarakat.

Dini, Susilowindra. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Ghufron, M Nur dkk. 2010. Teori-teori Psikolog. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

LN, Syamsu Yusuf. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutfi, Fahmi. 2018. Hubungan Antara Kepemimpinan Kharismatik Dengan Loyalitas Karyawan Di Kantor Wilayah Bumiputra Kota Medan. Skripsi Universitas Medan.

Rif’ati,Ian. 2018. Kepercayaan Diri dalam Prespektif Islam. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Sa’roni, Humaydi Elsa. 2017. Pengaruh Bimbingan Agama Terhadap Kepercayaan Diri Anak Yatim Piatu Yayasan Daarul Fattah Assalafi Sukmajaya Depok . Skripsi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Santrock, John. 2003. Adolescene Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana.

Shaleh, Abdul, Rahman. 2008. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakary.

Yunus, Mahmud. 1989. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.

Zulkifli. 1986. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published

2022-06-29