IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRACE 17 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Istiqomariyah Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Moh. Sutomo Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Mashudi Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember, Indonesia

Keywords:

Implementasi media pembelajaran, lectora inpire 17

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran lectora inspire 17 dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumberwuluh.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian tiga guru dan siswa kelas V sebanyak 23 pada pembelajaran matematika semester genap tahun ajaran 2021-2022. Instrumen pendukung menggunakan, pedoman wawancara, alat rekam, dan pedoman observasi. Teknik atau metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi tempat kejadian dan studi dokumenter.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran yang sudah diterapkan di Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Ulum Sumberwuluh pada media pembelajaran lectora inspire 17 dengan materi matematika tentang volume bangun ruang kubus dan balok, bilangan pangkat tiga dan akar pangkat tiga sudah meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 dengan nilai diatas KKM, sehingga media ini menjadi efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, akan tetapi saat mengerjakan quis soal dengan menggunakan labtop setiap anak masih dipandu oleh guru-guru, karena anak-anak masih belum sepenuhnya menguasai pc tersebut.

References

Azhar Arsyad, 2007, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basman Tompo, 2017, Membuat Aplikasi Dan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Lectora Inspire 16, (Yogyakarta: Ikatan Guru Indonesia.

Bennett, Albert B. 2010. Mathematics for Elementary Teachers. United States: CConnect Learn Succed.

Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Harsono, 2008, Etnografi pendidikan sebagai desain penelitian kualitatif Surakarta: program pacasarjan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayatullah, dkk, 2014, Pengembangan media dan Sumber Belajar, Serang: Lembaga Penjamin Mutu Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin

Irfi’ani rinanda Dike, Wuli Oktiningrum, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Kubus Beranak Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol 3 No 1 Tahun 2020.

Linda, R., Noer, A. M., & Oktavianti, N. A. (2016). Development of Lectora Inspire as Interactive Multimedia Chemistry Learning in Senior High School. Jurnal Pendidikan Kimia, 8 (3).

Mas'ud Muhammad, 2012, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Pustaka Shonif

Moleong Lexy J, 2006, Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E, 2008 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran, 2012, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Nur’aeni, E, 2010, Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran berbasis Teori Van Hiele, Bandung: Alfabeta.

Permata Dinda Aprilia, Nyoman Jampel, Luh Putu Putrini Mahadewi Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Untuk Kelas V Semester Genap di SD Negeri 4Bebetin, Journal edutech Teknologi Pendidikan Volume 2 No 1 Tahun 2014, 130.

Purnamasari Mega, Jainuri Ismani, Aulia Damyanti, Ismah, 2017, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill, Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 3 No. 1 Bulan Juni Tahun.

Purnamasari Mega, Jainuri Ismani, Aulia Damyanti, Ismah, 2017, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill, Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 3 No. 1 Bulan Juni Tahun.

Riyanto Hari Yudi, 2020, Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktik Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute

Rob Phillips. (1997). The Developer’s Handbooks to Interactive Multimedia: A Practice Guide for Educational Applications. London: Kogan Page Limited.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yoyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Sutirman, 2013, Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Uno, H. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

V Agestiana, Yuberti, S Latifah, 2020, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 11 No. 1 – April.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2).

Published

2022-07-16