Implementasi Andragogi di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang

  • Zainuddin Zainuddin

Abstract

Cara yang efektif bagi siswa untuk belajar lebih memberikan siswa kesempatan untuk belajar keterampilan. Siswa belajar tidak hanya untuk mengingat fakta-fakta yang diberikan oleh dosen kuliah, tapi harus mampu melihat berbagai fenomena di luar fakta, karena pendidikan orang dewasa menawarkan teori tentang bagaimana orang dewasa atau mahasiswa belajar secara efektif. Fokus utama dalam penelitian ini dirumuskan untuk: memperoleh aplikasi andragogy di siswa pesantren AlHikam Malang di bidang perencanaan, dan metode evaluasi. memperoleh gambaran tentang penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam siswa pesantren Al-Hikam Malang. penerapan model andragogi di siswa pesantren Al-Hikam Malang. landasan konseptual teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pendidikan orang dewasa. Ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.

Kata Kunci: Implementasi, Andragogi, Pesantren.

Author Biography

Zainuddin Zainuddin
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum Lumajang
Published
2016-12-12
Section
Articles