Tafsir Pemikiran Abdurrahman Wahid Dalam Modernisasi Pendidikan Pesantren di Indonesia
Abstract
Pesantren adalah institusi pendidikan yang bersifat pribumi, asli Indonesia dan berakar kuat di masyarakat, pesantren telah diakui sebagai institusi pendidikan yang berpartisipasi dalam mendidik bangsa dan elemen utama pesantren yang terdiri dari kyai, santri, masjid, Gubuk dan buku kuning merupakan unsur unik Membedakan pendidikan pesantren dengan pendidikan lainnya, dalam hal ini ada tokoh paling fenomenal dalam mengubur paradigma pesantren KH Abdurahman Wahid ide kreatif, inovatif, dan solutif dalam berbagai masalah termasuk pendidikan Islam, dalam hal ini ia menggunakan Seboyan al-muhafadzah ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah Gus Dur menginginkan peserta didik yang belajar di pesantren Adalah peserta didik yang memiliki pengetahuan agama dan memiliki pengetahuan umum yang kuat secara seimbang.
Kata kunci: Modernisasi, Pendidikan Pesantren.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Studi Islam by Qolamuna is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna