Berwirausaha Dengan Prinsip Islam: Impelementasi Etika Bisnis Yang Berkelanjutan

Authors

  • Dhiasti Eka Wulandari STKIP PGRI Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
  • Naily Rizqy Amaliyah STKIP PGRI Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Wirausaha, Prinsip Islam, Etika Bisnis

Abstract

Pada dasarnya, jiwa kewirausahaan dimiliki oleh setiap individu, meski tingkat kualitasnya berbeda-beda ada yang sudah berpengalaman dan ada pula yang masih pemula dan perlu dibina. Oleh karena itu, mempelajari bisnis syariah menjadi salah satu cara untuk membentuk pola pikir yang lebih baik dan diharapkan mampu menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Dalam proses pengumpulan data, peneliti terlebih dahulu mengidentifikasi sumber-sumber yang relevan untuk dijadikan objek kajian dalam penelitian. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan pendekatan studi komparatif Hasil kajian literatur dan analisis terhadap konsep kewirausahaan dalam Islam, berwirausaha dengan prinsip Islam bukan hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan secara materi, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai moral, etika, dan keberkahan yang selaras dengan ajaran agama. Prinsip dasar dalam Islam, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab sosial, dan larangan terhadap penipuan atau eksploitasi, menjadi fondasi utama dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan.Implementasi etika bisnis Islami terbukti mampu menciptakan praktik kewirausahaan yang lebih adil, transparan, dan berorientasi pada keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W. A. (2022). Business Ethics in Islamic Perspective. MASHLAHAH, 1(2), 138–152. https://doi.org/10.62824/jpb6mp65

Ardiansyah, W. E., Hendrawan, H., Amanda, R., & Alfarazy, M. R. (2023). ETIKA BISNIS DALAM PANDANGAN ISLAM. 1.

Darmaningrum, K., Fathorrozi, Zulfikar, M., Fitriana, Y., & Nurzianti, R. (n.d.). KEWIRAUSAHAAN SYARIAH. Widina Bhakti Persada Bandung.

Hardani, Andriani, H., & Ustiawaty, J. (2020). Metode Pnelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV,Pustaka Ilmu.

Nisa, N. K., & Dewi, P. M. S. (2024). PERSPEKTIF ETIKA BISNIS DALAM KERANGKA TEORI ISLAM: PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI. 42.

Rustya, D. & Siswoyo. (2023). Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan dalam Pendidikan: Pendekatan Berdasarkan Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Journal Islamic Banking, 3(2), 61–75. https://doi.org/10.51675/jib.v3i2.630

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295

Suarda, A. (2021). KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM JILID 1. Penerbit Yayasan Barcode.

Try Astuti, A. R. (n.d.). Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer). IAIN Parepare Nusantara Press.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles