MANAJEMEN LEMBAGA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN DAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNU KATSIR JEMBER
Keywords:
Lembaga Tahfidz, Manajemen, Santri PP Ibnu KatsirAbstract
Tulisan ini memaparkan secara deskriptif mengenai manajemen di lembaga tahfidz yang ada di Pondok Pesantren Ibnu Katsir Jember. Ditengah populernya pondok tahfidz yang peminatnya semakin meningkat seiring berjalannya waktu, tidak sedikit yang memiliki cara khusus untuk mencetak santrinya menjadi manusia yang hafidz dan berkualitas agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Pengumpulan data ini dilakukan melalui studi dokumen, wawancara dan observasi dengan teknik analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Ibnu Katsir menekankan pada lima hal; Pertama, Pembentukan tim ahli di bidang Al-Quran yang secara khsusus mengatur kurikulum tahfidh. Kedua, penguatan kemampuan di bidang ilmu keagamaan melalui kajian Kitab Kuning. Ketiga, Penerapan Kurikulum secara ketat terutama dalam kualitas hafalan. Keempat, program Tahsin Al-Qiroah yang diadakan satu minggu sekali untuk meningkatkan kualitas bacaan santri. Kelima, Evaluasi krikulum juga dilakukan secara rutin dan terjadwal untuk terus meningkatkan kualitas santri. Selain itu Pemberian motivasi juga terus dilakukan dengan berbagai macam cara agar para santri mampu mengeluarkan usaha yang maksimal, salah satunya dengan mengadakan gratis biaya pada semester selanjutnya bagi santri yang mampu melampaui target di semester sebelumnya.