IMPLEMENTASI MODEL (PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MUKHTAR SYAFAAT BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2024 - 2025
MODEL (PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN
Kata Kunci:
Keywords: PAKEM model, Interest in learning, ArabicAbstrak
Kata kunci : Minat belajar Bahasa Arab
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model (PAKEM) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Terhadap minat belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTS Mukhtar Syafaat Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis Field research bisa disebut penelitian lapangan dengan pendekatan Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTS Mukhtar Syafaat Banyuwangi sejumlah 8 orang dan 1 guru bahasa arab sehingga total sebanyak 9. Teknik Analisis data peneliti melakukan tenik pengumpulan data terlebih dahulu, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pada umumnya Implementasi model (PAKEM) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Terhadap minat belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTS Mukhtar Syafaat Banyuwangi. Peneliti juga menemukan faktor penunjang dan penghambat dalam penerapan strategi PAKEM, dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya adalah latar belakang sekolah asal siswa, dan juga kelebihannya dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pembelajarannya. hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pembelajaran bahasa Arab serta interaksi antara guru dan peserta didik, sesama peserta didik, guru serta sumber belajar dengan penerapan pembelajaran aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan berlangsung secara baik.